Cara mudah sembunyikan foto yang menandai kamu di instagram

Momen langka bersama teman, sahabat, ataupun keluarga memang sayang jika dilewatkan begitu saja. Apalagi jika sudah memiliki kesibukan masing-masing, pasti tidak mudah untuk mencari waktu senggang agar semuanya bisa hadir. Selain itu, bagi sebagian orang, berada di tempat-tempat nongkrong yang insragamable dan nge-hits juga seringkali menjadi momen “wajib” cekrak cekrek upload ke instagram.

Instagram bisa dikatakan sebagai album foto berbentuk aplikasi yang bisa menyimpan setiap momen berharga yang kamu abadikan bersama sahabat, kerabat, maupun keluarga. Kini kamu tidak perlu lagi repot-repot menyortir hasil jepretanmu demi membuat memori ponselmu menjadi lebih longgar, kamu hanya perlu mengupload foto-fotomu ke instagram, dan mereka akan aman sekalipun foto asli yang tersimpan di memori ponselmu sudah kamu hapus.

Di instagram kamu bisa menandai seseorang di dalam kiriman fotomu, begitu juga denganmu. Teman-temanmu bisa menandai kamu di foto yang mereka bagikan dengan mudah. Hal ini bisa memudahkan kamu untuk memiliki file foto bersama orang-orang terdekatmu tanpa harus meminta mereka mengirim foto satu persatu via bluetooth ataupun shareit. Apalagi jika ponsel yang dipakai jeprat jepret tidak hanya satu, atau menggunakan kamera digital maupun professional yang filenya harus dipindah ke komputer dulu. Wah, tentu saja ini memakan waktu yang cukup lama.

Tapi penandaan foto yang bisa dilakukan secara bebas dan otomatis ini bisa saja merugikan kamu jika foto yang ditandai ke akunmu bukan foto yang bagus, atau mungkin berisi fotomu dalam pose yang aneh dan memalukan jika dilihat orang banyak. Iya kan?

Sebenarnya kamu bisa saja menghapus tanda di foto tersebut, tapi temanmu akan tahu karena namamu tiba-tiba hilang ketika mengetuk ikon orang yang ditandai. Bisa saja dia menjadi tersinggung dan merasa tidak enak kepadamu, padahal maksudnya hanya ingin bercanda dan tertawa bersama orang-orang terdekatnya. Cara yang lebih sopan adalah dengan memintanya menghapus foto tersebut,

atau bisa juga dengan menyembunyikan foto yang menandai kamu di instagram. Begini caranya:

1. Login ke akun instagram kamu


2. Masuk ke profil kamu 
3. Ketuk tanda titik tiga di pojok kanan atas
4. Pilih menu “foto tentang anda” 
5. Ketuk menu sembunyikan foto
6. Pilih foto mana yang ingin kamu sembunyikan

Jeng jeng jeng… kini fotomu yang aneh dan memalukan sudah tidak terlihat lagi. Mudah dan praktis bukan? Tapi dengan menyembunyikan foto yang menandai kamu, tidak berarti fotomu benar-benar hilang dari peredaran di jagad instagram. Fotomu hanya tidak bisa dilihat oleh followermu yang tidak menjadi follower teman yang menandai kamu.

Karena tentu saja foto tersebut masih ada di instagramnya dan bisa dilihat secara bebas oleh followernya. Berdo’a saja semoga follower temanmu tidak ada yang mengenalmu. ???

By the way, ada langkah antisipasi yang bisa kamu lakukan agar temanmu tidak bisa mendapatkan gambar saat kamu “lagi jelek”. Caranya adalah dengan bersikap baik dan jangan bertingkah aneh-aneh serta selalu waspada karena paparazi ada dimana-mana.

Selain itu, setelah foto-foto bersama teman pastikan kamu melihat hasil jepretan temanmu. Langsung saja sortir foto-fotomu yang menurutmu bisa menjadi bahan “meme” ala teman-temanmu.

Langkah antisipatif berikutnya adalah dengan mengubah pengaturan penandaan di akun instagram kamu dari otomatis menjadi manual

Tapi jika foto anehmu sudah terlanjur naik ke instagram, maka yang bisa kamu lakukan adalah menyembunyikan foto yang menandai kamu atau menghapus namamu dari penandaan.

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *