Cara menyembunyikan dan mengembalikan foto yang tag kita diIinstagram

Instagram merupakan aplikasi yang banyak di gunakan di indonesia saat ini. Aplikasi media social ini di lengkapi oleh banyak sekali fitur-fitur keren di dalamnya. Salah satu fitur yang sering di gunakan adalah fitur tag teman pada postingan foto kalian.

Fitur tag sendiri sebenarnya juga ada di aplikasi media social lain seperti facebook. Fitur ini memungkinkan kalian menandai teman kalian pada satu postingan. Terkadang ada juga orang-orang jahil yang sengaja tag kalian untuk mencari keuntungan seperti promosi dan lain sebagainya.

Jika kalian tidak berkenan dengan foto yang menandai kalian, kalian juga bisa menyembunyikan (hide) foto yang men-tag kalian tsbt. Jadi foto yang kalian sembunyikan tidak akan muncul lagi di beranda profil kalian.

Dengan menyembunyikannya bukan berarti kalian menghapusnya. Kalian juga bisa mengembalikan (unhide) foto itu jika kalian rasa foto itu di butuhkan kembali untuk muncul di halaman profil kalian. Namun tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengembalikanya.

Sebenarnya caranya cukup mudah untuk dilakukan.

Disini kita akan bahas fitur tsbt secara detail.

Cara hide atau menyembunyikan postingan yang men-tag kalian

Sebenarnya cara meng-hide postingan yang men-tag kita di instagram sangat mudah, dan sudah banyak sekali yang tau. Dan ditulisan ini, diawal, saya berniat membahas bagaimana cara meng-unhide atau mengembalikan yang sudah terlanjur di hide tadi. Hanya saja, bagian ini penting untuk di jelaskan agar tulisan lebih mudah dipahami.

Langsung saja, kita masuk ke pembahasan.

1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kalian. Dan masuk ke akun kalian masing-masing.
2. Setelah berada di halaman beranda Instagram. Silahkan kalian masuk ke halaman profil kalian. Lalu tap ikon yang ada digambar kedua dibawah ini untuk masuk ke daftar postingan yang men-tag kalian di instagram.

3. Dicontoh ini, di akun saya ada dua foto yang men-tag saya. Dihalaman ini semua postingan (baik foto dan video), yang men-tag saya akan muncul. Pilih salah satu yang ingin disembunyikan.

klik foto yang mau di sembunyikan

4. Di postingan tsbt, tap ikon titik tiga dipojok kanan atas. Lalu pilih menu “Sembunyikan opsi…”, selanjutnya pilih menu “Sembunyikan dari profil”.

5. Selesai. Sampai disini postingan sudah berhasil disembunyikan. Kalian bisa ulangi proses diatas untuk postingan lainnya. Berikut tampilan profil saya setelah kedua foto yang men-tag tadi saya sembunyikan.

foto tag hilang

Kalau yang men-tag banyak, memang ribet jika harus menghapus satu persatu. Jadi sebelum terlanjur banyak, kalian bisa setting akun instagram kalian agar tidak bisa sembarang di tag orang. Ada pengaturannya kok untuk hal ini. [Admin: Saat ini belum ada tulisannya di blog ini untuk pengaturan tsbt, mungkin nanti aku minta penulis buat tuliskan]

Cara unhide atau mengembalikan postingan yang sudah terlanjur di hide.

Untuk mengembalikan postingan tsbt, kalian perlu mencari kembali postingan yang kalian hide tadi di profil instagram teman kalian. Lalu kalian masuk ke setting seperti dilangkah 4 dicara sebelumnya. Disana nanti kalian bisa pilih setting untuk mengembalikan foto tsbt.

Tapi cara ini sedikit menyulitkan, karena kita belum tentu ingat foto tag yang kita sembunyikan tsbt. Nah, dibawah adalah solusi untuk hal ini.

1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kalian masing-masing. Selanjutnya, kalian masuk ke halaman notifikasi dengan cara tap “icon hati” di bar bagian bawah.

tap icon notifikasi

2. Setelah berada di halaman notifikasi, kalian cari notifikasi yang memberitahukan bahwa ada seseorang yang menandai kalian. Perhatikan foto thumbnail dibagian kanan, dan pilih postingan yang pernah kalian hide sebelumnya.

3. Setelah berada di halaman fotonya, silahkan tap “icon titik tiga” dipojok kanan atas. Setelah itu pilih menu “Sembunyikan opsi…”, lalu pilih menu “Tampilkan di profil”.

4. Jika sudah kalian kembali ke halaman profil. Jika foto tag belum muncul di menu profil silahkan kalian keluar dari Instagram dan masuk lagi ke Instagram.

tampilan setelah foto tag di munculkan kembali
tampilan setelah foto tag di munculkan kembali

5. Selesai.

Jadi intinya untuk mengembalikan foto yang di hide tadi. Kalian perlu mencari dan membuka foto tadi. Untuk mencarinya, bisa dengan cara manual lewat profil teman kalian. Atau bisa juga lewat cara manual lewat notifikasi di akun kalian.


Mungkin sampai disini pembahasan kali ini mengenai fitur hide postingan di instagram tsbt. Jika kalian masih bingung dengan cara menyembunyikan ataupun cara mengembalikan postingan yang disembunyikan tsbt, kalian bisa menambahkannya dikolom komentar dibawah.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan