Cara agar kita tidak bisa di-tag di facebook

Salah satu media sosial yang akrab dengan fitur tag adalah facebook. Di facebook sendiri, tag digunakan untuk menandai seseorang dalam sebuah postingan yang diunggah. Semua orang bebas men-tag siapapun, tanpa ada batasan.

Oleh karena itu, sering sekali postingan “teman” yang men-tag kita, tidak ada kaitannya sama sekali dengan kita.

Atau yang lebih parah, ada yang sengaja menggunakan fitur tag untuk menjadikan profil kita tempat promosi. Ini karena postingan yang men-tag kita, biasanya akan muncul diprofil kita.

Hal ini tentu tidak menyenangkan. Kita main-main di facebook, tujuannya cari senang, bukan untuk target promosi atau dimanfaatin oleh pengguna lain yang mungkin tidak kita kenal sama sekali.

Solusinya mungkin, kita bisa menghapus postingan yang men-tag kita tersebut secara manual, tapi ini tentu tidak efektif dan menghabiskan banyak waktu.

Solusi yang lebih efektif adalah dengan membatasi orang-orang yang ingin men-tag kita. Sehingga setiap kali ada yang tag, kita bebas menentukan apakah kita mau tetap di tag disana atau tidak.

Fitur ini sudah tersedia difacebook, namun banyak yang “melewatkan”nya begitu saja. Penasaran? Berikut ini caranya.

1. Buka aplikasi facebook kalian. Dicontoh ini saya pakai aplikasi facebook biasa.
2. Setelah itu masuk ke setting.

3. Di halaman pengaturan, scroll kebawah dan cari menu “Linimasa dan Penandaan”.

masuk ke linimasa dan penandaan

4. Setalah itu kalian akan dibawa ke halaman “Linimasa dan Penandaan”. Scroll kebawah dan cari tab “Tinjau”. Disana ada dua pilihan menu. Buka dulu menu yang pertama seperti ditunjuk pada gambar.

masuk ke halaman tinjau yang ada di atas

5. Setelah kalian tap menu “Tinjau tanda yang ditambahkan orang ke postingan anda sebelum tanda muncul di facebook?”. Kalian akan dibawa kelaman seperti dibawah. Aktifkan opsi peninjauan tanda tersebut.

6. Setelah fitur penandaan tadi kalian aktifkan, kalian bisa kembali ke halaman “Linimasa dan Penandaan” tadi. Lalu masuk ke menu selanjutnya, menu “Tinjau postingan yang menandai anda sebelum postingan muncul di linimasa?”.

masuk ke tinjauan yang ke dua

7. Setelah itu kalian akan dibawa ke laman seperti dibawah. Aktifkan fitur “Peninjauan Linimasa” .

8. Selesai.

Sampai disini kalian sudah berhasil mengaktifkan fitur peninjauan tanda dan peninjauan linimasa. Lalu apa selanjutnya?

Kalian tinggal tunggu di-tag orang lain untuk melihat fitur ini bekerja. Kalau penasaran, ini contoh cara kerja fitur ini.

Kalian akan di beritahu melalui notifikasi bahwa kalian di-tag oleh teman disebuah postingan mereka. Tetapi postingan yang men-tag kalian tadi, tidak langsung muncul di halaman linimasa (profil) facebook kalian, postingan itu akan menunggu persetujuan kalian terlebih dahulu.

Jadi fitur ini sebenarnya, tidak serta-merta membuat orang lain tidak bisa men-tag kalian. Orang lain tetap bebas men-tag kalian, tapi kalian punya kontrol disini, artinya kalian bebas juga untuk menolak atau membiarkan notifikasi ini.

Dengan membiarkan notifikasi tadi, tag tidak akan muncul, karena kalian belum menyetujuinya.

Kalau dilihat tujuan awal kita, agar orang tidak bisa men-tag kita, hal ini sudah tercapai sebenarnya. Karena semua tag tidak akan muncul lagi di profil kita. Kalau kita sedang login dan ada waktu, kita bisa menyetujui beberapa tag, tapi selama tidak disetujui, tag tersebut tidak akan muncul sama sekali.

meski di tandai, bisa diatur untuk tidak muncul diprofil kita
meski di tandai, bisa diatur untuk tidak muncul diprofil kita

Bagaimana menurut kalian?

Apakah ada yang tidak mengerti? Jika ada, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah. Sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa ditulisan berikutnya.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan