Cara agar timeline/wall akun FB tidak bisa ditulis orang lain

Yudha note: Linimasa ini setauku berasal dari kata timeline, yang dulunya ada yang namanya wall/dinding dan juga kronologi, sekarang disebut linimasa (cmiiw). Tapi sebenernya sama aja yaitu laman profil, jadi misalnya fb.com/y2.yudha adalah laman profilku di facebook, biasanya kan orang lain bisa menandai kita,  nanti postingan mereka keliatan di halaman tsbt, nah di artikel ini, dijelaskan bagaimana cara agar hanya kita sendiri yang bisa posting disana. Sekian dulu dari admin, lanjut ke penulis dibawah ini.


Rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis setelah berakhirnya bulan Ramadhan. Hal itulah yang membuat saya merasa ada yang hilang yaitu menulis artikel di website ini. Ibaratnya menulis sudah menjadi bagian hidup saya yang tidak bisa dilepaskan. Beberapa orang berpendapat bahwa menulis itu sangatlah susah. Ya, saya memang merasakan hal tersebut sebelumnya apalagi saya sudah sangat jarang sekali menulis sehingga ketika memulai menulis kembali terasa sangat kaku dan rasa malas pun datang dengan cepatnya.

Berbicara soal menulis pastinya kita mau dong kalau tulisan kita ini dibaca oleh semua orang. Untuk itulah kita harus menyebarkan tulisan kita di media sosial. Media sosial sendiri juga tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-harinya. Kalau sehari saja tidak bermain media sosial pastinya rasanya seperti ada yang hilang. Ibarat kata, kita sebagai manusia sudah kecanduan dengan media sosial. Hal ini sama halnya seperti kecanduan kafein. Tentu saja untuk melepaskannya pun terasa sangat sulit.

Media sosial sendiri banyak sekali jenisnya. Salah satu media sosial yang paling populer digunakan adalah facebook. Berbagai orang dari belahan dunia menggunakan facebook untuk berkomunikasi dengan siapa pun tanpa mengenal batas ataupun waktu. Tentu saja hal ini terbilang sangat unik dan membuat kita menjadi hemat waktu bila kita sedang sibuk. Beberapa orang yang sudah sibuk bekerja pastinya jarang sekali mempunyai banyak waktu untuk bertemu temannya. Untuk bertemu pun harus diagendakan karena takut waktu yang ada tidak cukup. Untuk itulah kita harus berterimakasih kepada facebook itu sendiri.

Salah satu hal yang hal yang dapat kita lakukan pada facebook yaitu kita dapat menulis di dinding facebook seseorang. Kalau dulu sebelumnya facebook menggunakan nama dinding pada akun facebook bila kita ingin menulis sesuatu pada facebook seseorang seperti ucapan terimakasih telah menerima pertemanan ataupun mengirimkan ucapan selamat ulang tahun. Namun seiring dengan pergantian waktu, facebook mengubah nama tersebut menjadi linimasa. Bila kamu masih belum mengerti apa itu linimasa, kamu bisa melihatnya pada gambar di bawah ini.

mengatur linimasa facebook

linimasa facebook

Sayangnya ketika linimasa diaktifkan hal ini akan mempermudah seseorang untuk menulis segala hal kepada facebook kita. Tentu saja hal ini dapat membuat sampah pada linimasa kita sendiri karena tidak berisi informasi yang tidak berguna. Oleh karena itulah kita harus menghapus tulisan teman yang telah dikirimkan dan tentu saja ini akan memakan banyak waktu. Hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh teman kita untuk melakukan promosi jualannya di linimasa facebook dan kita sebagai pemilik akan merasa kesal karena linimasa kita terlihat kotor. Oleh karena itulah maka kita harus mengubah pengaturan agar linimasa facebook tidak bisa ditulis oleh orang lain. Caranya sendiri ada di bawah ini.

Langkah-langkah Mengatur Linimasa Facebook Agar Tidak Bisa Ditulis Oleh Teman Facebook  Melalui PC

Salah satu hal kudu wajib banget kita lakukan untuk mengatur linimasa facebook agar tidak bisa ditulis oleh orang lain sesuka hati yaitu kita harus login facebook terlebih dahulu agar bisa mengubah settingan linimasa facebook. Ketika kita sudah mengunci linimasa tentu saja hal ini akan membuat teman facebook tidak bisa lagi mengotori ataupun menulis kembali. Hal ini akan terlihat kejam bagi kita karena teman kita tidak bisa lagi mengirim ucapan ataupun tulisan namun disisi lain akan membuat kita menjadi tenang karena linimasa tidak berisi oleh tulisan atau kiriman aneh dari teman. Oleh karena itu, kita hanya perlu mengubah settingan linimasa dengan berikut ini.

Versi 1

  1. Menuju Beranda Facebook

Apabila kita sudah melakukan login facebook maka kita akan dibawa ke Beranda Facebook. Setelah itu, carilah segitiga kebalik yang berada persis di kanan atas. Setelah segitiga kebalik diklik maka akan muncul beberapa tulisan lalu pilihlah Pengaturan.

  1. Melakukan Pengaturan Linimasa Facebook

  • Pada saat kita mengklik Pengaturan maka akan muncul hal baru. Hal yang harus kamu lakukan adalah klik Linimasa dan Penandaan. Setelah itu carilah tulisan Siapa yang bisa memposting di linimasa Anda yang mana di sebelahnya akan ada tulisan Teman dan Edit. Lalu Pilihlah Edit. Hal ini bisa kamu lihat pada gambar.

  • Setelah itu, kamu akan dihadapkan dua pilihan yaitu Teman atau Hanya Saya. Pengaturan Teman sendiri dimaksudkan bahwa hanya teman facebook sajalah yang dapat menulis di linimasa facebook. Sedangkan Hanya Saya sendiri berarti hanya pemilik facebook lah yang dapat menulis di linimasa. Karena kita ingin teman facebook tidak bisa menulis di linimasa maka kita harus memilih Hanya Saya.

  • Setelah itu, jangan lupa klik Tutup agar pengaturan linimasa yang telah kita ganti tersimpan dengan baik.

 

Versi 2

  1. Menuju Profil Facebook

Setelah kita melakukan login facebook maka yang harus kita lakukan selanjutnya adalah menuju profil facebook kita sendiri. Setelah itu carilah titik tiga yang berada di samping Log Aktivitas. Kemudian pilihlah Pengaturan Linimasa.

  1. Melakukan Pengaturan Linimasa Facebook

  • Dalam hal ini tidak ada perbedaan dengan cara di Versi 1 , kamu hanya perlu mengklik Linimasa dan Pendataan. Setelah itu, pilihlah Edit yang mana sebaris dengan tulisan Siapa yang bisa memposting di linimasa Anda.

  • Kemudian pilihlah Hanya Saya.

  • Langkah terakhir adalah dengan mengklik Tutup.

Langkah-langkah Mengatur Linimasa Facebook Agar Tidak Bisa Ditulis Oleh Teman Facebook  Melalui HP

Selain Melakukan pengaturan linimasa melalui pc, hal ini juga dapat kamu lakukan melalui hp. Caranya sangatlah mudah dan cepat dengan cara berikut ini.

  1. Menuju Beranda Facebook

Ketika kita sudah melakukan login facebook maka setelah itu kita akan dibawa ke Beranda Facebook. Lalu carilah tulisan Pengaturan & Privasi. Pengaturan & Privasi sendiri berada di bawah sebelah kiri.

  1. Melakukan Pengaturan Linimasa Facebook

  • Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan banyak pilihan maka hal yang harus kamu lakukan adalah hanya perlu mengklik linimasa dan penandaan.

  • Ketika linimasa dan penandaan di klik maka kita akan masuk ke bagian Linimasa. Setelah itu carilah tulisan Siapa yang bisa memposting di linimasa Anda ? dan jangan lupa untuk mengkliknya.

  • Kemudian pilihlah Hanya Saya.

Melakukan pengaturan pada linimasa facebook sebenarnya bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Namun bila kamu mendapatkan banyak tulisan ataupun kiriman dari teman tentu saja kamu akan mulai berpikir ulang untuk mengatur linimasamu. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari hal-hal aneh kiriman dari teman. Melakukan pengaturan linimasa sendiri nyatanya tidak membutuhkan waktu yang begitu banyak bahkan hanya 1 menit saja.

Ketika kita mengunci linimasa facebook agar tidak bisa ditulis oleh orang lain tentu saja hal ini dapat memberikan sebuah keuntungan kepada kita sendiri. Teman-teman kita sendiri tidak bisa mengotori ataupun menyampah dengan sesuka hati dan kita pun tidak perlu bersusah payah untuk menghapusnya satu per satu yang mana hal ini membutuhkan waktu bila kita harus menghapusnya satu per satu apalagi bila kiriman dari teman facebook kita lebih dari 10 kiriman tentu saja hal ini akan sangat merepotkan.

Apalagi bila kita mempunyai teman yang suka berdagang di facebook tentu saja hal ini dapat membuat kesempatan kepada teman kita untuk mempromosikan dagangannya di linimasa facebook kita. Ketika linimasa facebook kita sendiri dikotori oleh dagangan orang lain pastinya kita akan merasa kotor karena linimasa berisi hal yang tidak berguna. Maka dari itulah linimasa facebook perlu dikunci agar tidak bisa ditulis oleh teman facebook.

Teman facebook biasanya akan mengirimkan kiriman ke linimasa facebook kita saat kita baru saja menerima pertemanan, ketika kita sedang berulang tahun ataupun ingin mempromosikan dagangannya. Jarang sekali teman facebook akan menulis dilinimasa bila tidak mempunyai sebuah tujuan. Linimasa  facebook sendiri sebenarnya ibarat seperti depan rumah ataupun wajah kita. Bila linimasa penuh dengan promosi dagangan maka orang lain akan berpikiran bahwa facebook kita hanya dipergunakan untuk berdagang. Hal ini juga dapat mencerminkan karakter pemilik facebook itu sendiri maka dari itulah kita harus menata linimasa dengan baik.

Demikianlah penjelasan dari aku mengenai pengaturan linimasa facebook agar tidak bisa ditulis oleh teman facebook. Aku rasa cara yang telah aku jelaskan sangatlah panjang dan lengkap dengan beberapa versi agar memudahkan kamu untuk mengatur linimasa facebook. Beberapa versi aku persembahkan  pada kamu agar kamu semakin pintar dan tidak melulu terpaku pada pengaturan yang terlalu biasa. Aku harap informasi pengaturan linimasa di atas akan sangat berguna bagi kamu. Bila kamu punya saran, kritik atau pertanyaan, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar bawah. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman kamu agar informasi yang berguna ini juga dapat berguna untuk orang lain. Sekian dan Terimakasih.

Annisa

Annisa

Hi, Panggil saja saya Annisa. Mencoba menulis untuk berbagi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *