Cara Tag Semua Anggota di Grup WhatsApp (@Tagall Tidak Bisa Ya)

Disini aku akan jelaskan cara tag semua anggota di grup WhatsApp, dan aku akan jelaskan juga terkait metode @tagall dan @tageveryone yang dijelaskan dibeberapa tutorial yang aku baca.

Disini aku testing langsung semuanya, aku juga sertakan screenshot hasilnya disini supaya kamu bisa lihat sendiri hasil test tsbt.

Sebelum kita masuk pembahasan, berikut ini contoh mention yang berhasil, dan bagaimana tampilannya dari sisi penerima. Mention yang berhasil akan berubah jadi warna biru ya, dan di WA penerima akan muncul ikon @ seperti pada gambar.

Pertama kita bahas metode @tagall dan @tageveryone

Metode ini dijelaskan dibeberapa tutorial yang aku temukan, aku sendiri dari awal sudah curiga bahwa hal tsbt tidak bisa dilakukan, karena tidak ada satupun tutorial yang menyediakan screenshot ataupun bukti, bahwa metodenya ini bisa digunakan.

Berikut aku coba kirim tag dengan @tagall, @tag all, @tageveryone dan @tag everyone di grup yang aku kelola.

Keempat mention tsbt berwarna hitam ya, artinya tidak ada yang berhasil ditag disana. Dan jika dilihat dari WA penerima, terlihat bahwa ada 4 pesan, namun tidak ada ikon @ disana seperti saat mention berhasil.

Dari testing ini cukup jelas ya, @tagall dan @tageveryone, tidak bisa digunakan untuk mentag anggota di grup WhatsApp.

Cara tag semua anggota Grup WhatsApp versi bukugue

Aku tidak ingin teman-teman merasa ditipu ya disini. Metode yang akan aku jelaskan adalah metode manual, dimana kamu perlu menyebut semua anggota grup satu persatu.

Untuk proses pertama kali, memang agak memakan waktu ya. Namun kedepannya, kamu bisa copas pesan lama berisi tag tsbt, untuk digunakan ulang kapanpun kamu mau.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka salah satu grup WhatsApp kamu seperti biasa.
  2. Tap pada kolom penulisan.
  3. Ketikkan karakter @ pada kolom penulisan, setelah muncul nama peserta grup, silahkan pilih yang paling atas.
  4. Akan terlihat bahwa kamu berhasil men-tag akun tsbt.
  5. Ulangi langkah 3-4 tsbt untuk menambahkan anggota selanjutnya.
  1. Ulangi hingga semua anggota sudah ditag disana.
  2. Jika semua anggota sudah ditag, tap tombol ‘Kirim’ seperti biasa.
  3. Sampai disini kamu sudah selesai mentag semua anggota dichat tsbt.
  1. Nah selanjutnya adalah kamu perlu salin atau simpan chat berisi tanda tadi untuk bisa digunakan kedepannya. Kamu bisa beri bintang untuk pesan tsbt, atau kamu bisa kirim salinannya ke ruang chat diri sendiri. Dicontoh ini aku kirimkan pesannya ke ruang chatku sendiri ya.
  1. Kedepannya, jika kamu butuh mention semua anggota lagi, kamu tinggal cari pesan berisi tag tsbt ditempat kamu menyimpannya. Copas pesan tsbt, dan pakai lagi untuk tag semua anggota tadi.

Aku rasa cukup jelas ya prosesnya. Silahkan tag manual dulu untuk pertama kali, kedepannya tinggal copas pesan berisi tag tsbt untuk digunakan ulang.


Kalau kamu cari menu sekali tap untuk tag semua anggota grup, hal tsbt sayangnya tidak tersedia ya. Jadi triknya adalah dengan membuat tag manual untuk pertama kali, dan kedepannya tinggal copas pesan berisi tag tsbt untuk digunakan kembali kapanpun kamu mau.

Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Salah dan kurangnya, aku mohon maaf. Jika ada trik atau metode lainnya yang terlewatkan, bisa bantu beritahu aku melalui kolom komentar dibawah.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

4 tanggapan

  1. Avatar Tuti Nuraeni
    Tuti Nuraeni

    Kalo untuk tertandai semua belum bisa ya kak? Misal @TagAll

    1. Avatar yudha
      yudha

      ga bisa setauku mba..:)

  2. Avatar shan
    shan

    Kalau anggotanya dikit bisa pakai metode mention semua nama tersebut, tapi kalau anggotanya hampir 1000 kayaknya mustahil mau ketik mention tersebut, keburu kehabisan karakter utk pesan yg mau disampaikan.

    1. Avatar yudha
      yudha

      Bner mas.. Tapi kalau kehabisan karakter untuk pesan sepertinya tidak sih mas.. seingatku diblog ada penulis yang sempat testing kirim 100.000 karakter dalam pesan, dan terkirim.. Jadi kalaupun setiap anggota punya 20 karakter dalam namanya, 1000 orang baru 20.000 karakter, masih banyak tempat untuk menulis pesan.

      Namun ya mas bener, mention 1000 orang manual bakal ribet banget. Aku sendiri tidak ada solusi apa2 disini, karena memang WhatsApp sendiri tidak menyediakan fitur untuk ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *