Cara menyembunyikan status online di telegram

Ditengah padatnya aktivitas keseharian kamu, ada kalanya dirimu tidak ingin ‘diserbu’ oleh rekan – rekanmu dengan mengirim pesan kepadamu jika mereka melihat kamu sedang online di Telegram.

Setiap mereka mengetahui kamu sedang online, mereka mungkin saja buru – buru untuk mengirim pesan kepadamu walaupun mungkin hanya sekedar menyapa.

Rasa risih mungkin bisa saja datang bila setiap kamu online ternyata diam – diam ada yang sedang memperhatikan kamu. Mungkin saja bos atau rekan kerja yang ingin memantau seberapa lama kamu beraktivitas di Telegram.

Untuk mengatasi hal tersebut, di Telegram ada fitur yang bisa menyembunyikan status online. Kamu bisa mengaktifkan fitur hide last seen untuk menyembunyikan terakhir dilihat pada Telegram.

Bukan hanya telegram saja sebenarnya, di aplikasi chatting lain seperti whatsapp, kamu juga bisa menyembunyikan last seen dan terlihat offline.

Disini aku akan menjelaskan bagaimana cara menyembunyikan status online di Telegram dengan fitur hide last seen dibawah ini.

Cara menyembunyikan status online di Telegram

1.Buka terlebih dahulu aplikasi Telegram kamu, lalu pilih ikon bergaris tiga di sebelah kiri atas untuk menampilkan menu pada Telegram

Tampilan halaman awal Telegram
Tampilan halaman awal Telegram

2.Pilih menu ”Pengaturan” untuk membuka berbagai pengaturan di Telegram

Tampilan berbagai menu yang terdapat di Telegram
Tampilan berbagai menu yang terdapat di Telegram

3. Lalu akan muncul tampilan seperti pada gambar. Pilih “Privasi dan Keamanan”.

menu "Privasi dan keamanan" untuk menampilkan berbagai submenu didalamnya
menu “Privasi dan keamanan” untuk menampilkan berbagai submenu didalamnya

4.Silahkan klik “Waktu terlihat” untuk mengatur siapa yang tidak dapat melihat status “Terakhir dilihat” kamu.

Tampilan pengaturan privasi dan keamanan
Tampilan pengaturan privasi dan keamanan

5.Disini kamu bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat waktu terlihat kamu.

Tiga opsi yang dapat dipilih untuk mengatur waktu terlihat
Tiga opsi yang dapat dipilih untuk mengatur waktu terlihat

Ada tiga opsi yang bisa dipilih. Pertama, yaitu opsi “Semua orang”. Artinya semua orang (tak hanya kontak kamu saja, tapi anggota grup atau anggota channel ) bisa melihat waktu terlihat kamu di Telegram.

Lalu opsi kedua yaitu “Kontak saya”. Artinya hanya kontak kamu saja yang bisa melihat waktu terlihat kamu.

Terakhir, yaitu opsi “Tidak ada”. Artinya tidak ada satu orang pun yang dapat melihat waktu terlihat kamu. Jika kamu mengaktifkan ini, maka nantinya waktu terlihat akun Telegram milikmu akan disembunyikan.

Sebagai gantinya, status online di Telegram milikmu akan muncul status ‘perkiraan dilihat’ sebagai berikut:

  • Terlihat belakangan ini”. Status ini akan muncul jika kamu membuka telegram diantara 1 detik hingga 2-3 hari yang lalu. Jadi bila kamu tak membuka Telegram 1 detik yang lalu, tidak akan muncul status “1 detik yang lalu” tetapi “terlihat belakangan ini”.
  • Terlihat seminggu yang lalu”. Status ini akan muncul jika kamu membuka telegram diantara 2-3 dan 7 hari yang lalu. Jadi bila kamu tak membuka Telegram sudah lebih dari 2 atau 3 hari sampai seminggu yang lalu, maka akan muncul status “Terlihat seminggu yang lalu” meskipun kamu tidak membuka telegram baru 4 hari yang lalu.
  • Terlihat sebulan yang lalu”. Status ini akan muncul jika kamu membuka telegram diantara 6-7 hari hingga sebulan yang lalu. Jadi bila kamu tak membuka Telegram sudah lebih dari 6 atau 7 hari sampai sebulan yang lalu, maka akan muncul status “Terlihat sebulan yang lalu” meskipun kamu tidak membuka telegram baru 9 hari yang lalu.
  • Tak terlihat sangat lama”. Status ini akan muncul jika kamu tak membuka Telegram lebih dari sebulan hingga sekitar 6 bulan. Karena jika sudah lebih dari 6 bulan tidak membuka akun Telegram, maka otomatis akan terhapus akun Telegram tersebut.

Yang perlu diingat, jika kamu mengaktifkan fitur hidden last seen ini, kamu juga tidak akan dapat melihat kapan seseorang terakhir dilihat. Mereka hanya dapat melihat kamu online jika kamu membagikan status terakhir dilihat kepada mereka.

Disni aku akan menyembunyikan status online dari semua orang, sehingga aku akan memilih opsi “Tidak ada”.

6.Setelah memilih opsi “Tidak ada”, maka akan  muncul halaman informasi seperti pada gambar. Kamu klik OK saja untuk melanjutkan.

Tampilan halaman informasi saat memilih opsi "Tidak ada"
Tampilan halaman informasi saat memilih opsi “Tidak ada”

7.Selanjutnya, untuk melakukan penyimpanan silahkan pilih checklist di sebelah kanan atas. Selesai. Kini orang lain sudah tidak dapat melihat kapan terakhir kamu online. Mereka hanya melihat status “Terlihat belakangan ini”, “terlihat seminggu yang lalu” dan seterusnya.

Kesimpulan

Jika kamu mengaktifkan fitur hide last seen dan memilih opsi “Tidak ada”, maka tidak ada seorang pun yang bisa melihat status “Online” Telegram kamu, kecuali kamu memulai chat dengan orang tersebut.

Tetapi sebagai kekurangannya, kamu juga tidak akan bisa melihat kapan mereka online. Status online mereka juga akan disembunyikan jika kamu menyembunyikan status online Telegram mu.

Silahkan gunakan fitur tersebut untuk melindungi privasimu jika kamu tidak ingin terlihat kapan kamu online di Telegram.

Share woy :D

Tinggalkan Balasan