Cara sembunyikan Status Online dan terlihat offline di Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling digemari pengguna telepon pintar. Mulai dari anak SMP, SMA, Mahasiswa, orangtua, bahkan kakek-nenek pun mengenal apa itu Whatsapp. Whatsapp memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang tinggalnya jauh dengan kita.

Mungkin beberapa dari kita sampai membuat grup Whatsapp yang isinya Keluarga Inti (bapak, ibuk, anak) agar komunikasi lebih dimudahkan.

Sebagai aplikasi yang digemari banyak orang, pasti Whatsapp memiliki berbagai fitur. Fitur-fitur tersebut misalnya, kapan terakhir orang lain melihat Whatsapp bisa terbaca/terlacak. Jika sedang membuka Whatsapp akan muncul tulisan online.

Jika sudah membaca suatu pesan, ada indikatornya sendiri, meski bisa diatur untuk tidak memunculkan indikatornya. Dengan berbagai fitur tersebut, pasti ada yang merasa terbantu, tetapi ada juga yang merasa terganggu.

Kebetulan saya termasuk yang terganggu dengan fitur terbacanya terakhir dilihat dan status online pada kontak saya.

Mengapa saya terganggu dengan adanya status online? Hal ini secara tidak langsung mengharuskan saya untuk membaca sekaligus membalas chat dari orang lain. Padahal tidak jarang saya sedang melakukan tugas yang saya rasa lebih penting nan mendesak.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita bisa menyembunyikan status online kita dan terlihat offline di Whatsapp? Jawabannya BISA. Ikuti langkah-langkahnya.

Whatsapp Versi Mod

Yudha note : Dibawah udah dijelasin sama penulis sebenernya, tapi disini aku akan tekankan sekali lagi, whatsapp mod itu adalah aplikasi yang udah di modifikasi dan bukan aplikasi official. Aku ga berniat nakutin2, tapi ada alasan kenapa system android “memperingatkan” kamu kalau kamu install aplikasi diluar google play.

Alasan terbesar aku sampai saat ini ga pakai aplikasi mod adalah “keamanan”. Aku pernah punya blog yang di hack karena asal-asalan install theme nulled (bajakan) dari situs2 berbagi tema gratis gitu. Aku beneran noob/awam waktu itu, dan baru sadar kalau itu salah, ketika udah ngerasain akibatnya, dan blog jerih payah beberapa bulan hancur di hack orang.

Point pentingnya adalah, install kalau kamu yakin sama yang nge mod nya, dan paham bahwa ada resiko keamanan ketika install aplikasi mod. Apapun itu. Ada banyak aplikasi mod di luar sana, dan banyak juga modder yang memang “bisa di percaya”. But, always keep caution when using modded app like this.

Ohya, satu lagi, coba pertimbangkan apakah fitur yang didapat sesuai dengan resikonya, kalau misalnya kamu memang perlu fiturnya dan resikonya bisa kamu tekan (misalnya hp kamu ga nyimpan data apa2 yang penting), silahkan aja sih pakai.

  • Teman-teman harus mengunduh aplikasi Whatsapp Modded by Fouad.

Teman-teman bisa mengunduhnya dari websitenya langsung di “www.fouadmods.com/fouad-whatsapp/”(website tidak respon saat artikel ini dibuat) atau bisa juga dari link ini (direct link, langsung mengunduh otomatis via Google Drive).

Jika teman-teman ingin menginstall Aplikasi Whatsapp modd ini, teman-teman harus menguninstall Whatsapp Versi Original. Bisa dibilang, aplikasi ini mengganti Whatsapp yang didownload dari Google Play Store.

  • Install aplikasi Whatsapp Modded by Fouad-nya. Jika tidak bisa, izinkan menginstall aplikasi dari luar Play Store.

Caranya buka terlebih dahulu Pengaturan-> Keamanan -> Centang  Sumber Tidak Dikenal

  • Sekilas memang tidak ada yang berbeda tampilan Whatsapp Modded dengan Whatsapp Original. Namun, ketika memencet titik tiga di pojok kanan atas, maka akan nampak perbedaannya. Pilih Fouad Mods. 
  • Setelah masuk ke menu modded. Pilih Privasi
Menu di dalam Fouad Mods
Menu di dalam Fouad Mods
  • Centang Bekukan Terakhir Dilihat
  • Kembali ke beranda/halaman utama Whatsapp
  • PilihTitik Tiga di pojok kanan atas dan Tap Mulai ulang Whatsapp

    Pilih Mulai Ulang Whatsapp

  • Maka Whatsapp akan menutup dengan sendirinya, silahkan tunggu sebentar, nanti Whatsapp akan membuka lagi secara otomatis.
  • Nikmati perubahannya.

Berdasarkan pengalaman penulis. Fitur menyembunyikan Status Online ini serupa dengan fitur menyembunyikan Last Seen. Jadi, jika teman-teman menggunakan fitur menyembunyikan Status Online, teman-teman juga tidak bisa melihat status online milik orang lain.

Jika teman-teman ingin menampilkan status online lagi, teman-teman bisa mengulang langkah 3-8, tetapi pada langkah nomor 5, hilangkan Centang yang ada adi Bekukan Terakhir Dilihat.

Kelebihan whatsapp mod

Jika teman-teman menggunakan tutorial ini, status Online teman-teman tidak akan nampak. Bisa dibilang kalian tidak pernah Online.

Selain fitur menyembunyikan status Online kita, Whatsapp versi modd ini juga memiliki beragam fitur lainnya, seperti mengganti tema/warna Whatsapp, mengirim pesan Whatsapp tanpa harus menyimpan nomornya, dan sebagainya.

Jika sudah install aplikasi modd-nya, teman-teman bisa mengeksplorasi sendiri berbagai menu modd yang telah disediakan pengembang.

Kekurangan whatsapp mod

Sudah jelas, kekurangannya sangat nampak adalah kita juga tidak bisa melihat status online orang lain.

Menurut pengalaman saya pribadi, jika menggunakan Whatsapp versi Modd ini, akan kesulitan jika ingin memback up data/chat kita. Setau saya, file yang diupload ke Google Drive antara Whatsapp original dan Whatsapp mod berbeda.

Sebelum ganti ke Whatsapp Mod, saya membackup data whatsapp Original saya ke Google Drive. Namun, ketika saya coba restore, di sana tidak muncul hasil backup saya dari Whatsapp Original. Versi ini adalah versi modd, bukan official dari Whatsapp.

Nah, tidak bisa dipungkiri, jika Whatsapp ada pembaharuan yang memunculkan fitur baru, kita harus menunggu pihak pengembang membuat versi terbarunya.

Jika teman-teman ingin menyembunyikan status online, teman-teman harus mengganti whatsapp versi original ke versi modd. Jangan khawatir, versi modd ini aman-aman saja karena saya sendiri sampai sekarang menggunakan Whatsapp versi modd.

Akhir kata, selamat mencoba 🙂

Share woy :D

Arundaya

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

This Post Has 4 Comments

  1. Avatar

    Udah gak bisa di blokir sama WhatsApp

    1. Avatar

      yep, baru tau aku mas, barusan search kalau wa akan blockir pengguna aplikasi mod.. nanti akan aku update laman terkait wa mod.. Thanks mas infonya….

  2. Avatar

    Tinggal nunggu pengembang WA MOD biar anti blockir heheh

    1. Avatar

      susah sih kayaknya mas… soalnya wa mod itu dibuat biar ada fitur-fitur keren yang ga ada di wa resmi, nah yang jadi masalah sih, kalau kita aktifin fitur ini, bisa di track lah sama systemnya… jadi hampir ga mungkin sih ada wa mod anti blockir..

      tapi dari kita sendiri mungkin bisa sih untuk mungkin menghindari blockir, misalnya ya pakai fitur modded seminim mungkin, jangan yang aneh2, misalnya broadcast massal atau nyepam, dstnya… selama batas pemakaian wajar, lebih kecil sih harusnya kemungkinana terdeteksi..

      cmiiw.. itu logika ku aja.. 😀

Tinggalkan Balasan