Cara unfollow massal akun twitter fake, in-active dan tidak follback

Kamu termasuk pengguna Twitter yang cukup aktif? Jika iya, mungkin kamu selalu memantau pergerakan jumlah followers dan following kamu. Mungkin, hal yang paling sedih untuk pengguna Twitter adalah ketika lebih banyak following daripada followers.

Ketika kamu mem-follow banyak orang dengan harapan mereka semua bisa folback kamu, ternyata harapan itu tak sepenuhnya terjadi. Beberapa orang yang kamu follow nyatanya tak mem-follback akun kamu.

Mungkin juga dari akun-akun yang kamu follow, ternyata ada banyak akun yang tidak aktif, akun yang tidak ada profilnya, atau bahkan akun fake and spam.

Bila kamu ingin membersihkan akun Twitter kamu dari following yang seperti ku jelaskan diatas tadi, kamu tak perlu repot – repot melihat dan menghapus akun mereka satu persatu. Ada tool ataupun aplikasi yang bisa membantu kamu mengatasi hal ini.

Jadi, bagaimana cara melakukan unfollow massal banyak akun Twitter dengan cepat? Simak tiga cara yang bisa kamu lakukan dibawah ini.

Unfollow akun Twitter yang tidak follback dengan aplikasi “Unfollow today”.

Cara pertama yang akan kujelaskan kepadamu adalah unfollow akun Twitter dengan aplikasi tambahan yang bisa kamu install secara gratis. Ini cara termudah diantara lainnya. Kamu hanya butuh aplikasi Unfollows Today. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Unduh aplikasi Unfollows Today di Playstore, lalu buka aplikasi tersebut.
2. Login dengan akun Twittermu, lalu tunggu loading beberapa saat dan aplikasi ini akan menampilkan akun Twitter milikmu.

3. Tap tiga garis di pojok kiri atas. Disitu terdapat opsi yang bisa kamu pilih, kamu bisa melihat akun Twitter yang kamu ikuti dan mengikuti akunmu. Pilih menu “Not following back”.

4. Setelah memilih menu “Not following back”. Akan terlihat daftar akun yang kamu ikuti, tapi tidak mengikutimu balik (tidak follback). Tap tanda X untuk unfollow akun-akun itu.

Oiya, sekadar informasi, jumlah akun yang bisa kamu unfollow dalam sekali waktu maksimal 50 akun. Namun, setelah 4 jam, kamu bisa mengulanginya lagi.

Unfollow akun Twitter tertentu via situs untweeps

Cara kedua, kamu bisa unfollow akun Twitter melalui website pihak ketiga. Beberapa website yang menyediakan layanan tersebut, misalnya, antara lain: Unfollowerstats, Circleboom, Followers / Unfollowers, Commun.IT, Crowd Fire, dll. Website-website ini tidak hanya memberikanmu fitur unfollow, tapi juga data tentang akun Twitter yang tidak folback, inactive, dan fake.

Tapi, untuk bisa menggunakan fitur unfollow mereka, kamu harus merogoh kocek sekitar 3-5 dolar per bulannya. Sedangkan fitur gratis yang mereka sediakan, bervariasi memang. Beberapa fitur yang gratis disana adalah fitur analysis yang bisa menampilkan akun-akun twitter manakah yang kamu ikuti namun tidak folback, sudah tidak aktif lagi, dan fake.

Pun begitu, tetap ada website yang memberikan fitur unfollow secara gratis, yaitu: UnTweeps. Ikuti langkah-langkah berikut ini, jika kamu ingin melakukan unfollow. Yuk, simak sama-sama!

1. Buka browser Google Chrome Android.
2. Ketik di kotak address: untweeps.com. Setelah terbuka, login dengan memakai akun Twittermu.
3. Beri izin UnTweeps untuk bisa mengakses akunmu.
4. Tap list stale accounts.

5. Kamu akan dihadapkan pada akun-akun Twitter yang kamu ikuti. Pilih akun yang ingin kamu unfollow dengan cara menceklisnya satu per satu.

6. Jika sudah menceklis akun-akun yang ingin diunfollow, scroll ke bawah, lalu tap unfollower selected tweeps.

7. Setelah beberapa saat, UnTweeps akan memunculkan bahwa aktivitasnya meng-unfollow akun-akun tersebut sudah dilakukan.

Sayangnya, di UnTweeps tidak bisa mengetahui akun-akun yang inactive, fake, dan tidak folback secara otomatis. Namun, kamu bisa memanfaatkan website pihak ketiga lainnya, yang kusebutkan di atas, untuk mengetahui akun-akun inactive, fake, dan tidak folback tersebut. Kemudian, kamu bisa mengeksekusi proses unfollownya di Untweeps.

Sedikit ribet memang. Tapi jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa bayar 3-5 dollar perbulan tadi. Bagaimana menurutmu? apakah fitur seperti unfollow massal senilai dengan biayanya?

Unfollow akun Twitter tertentu dengan eksistensi browser

Ogah repot memasang aplikasi pihak ketiga? Atau ogah login ke website pihak ketiga, karena khawatir akunmu dibajak?

Kamu bisa unfollow akun Twitter dengan memanfaatkan eksistensi browser Google Chrome. Tapi karena akan melakukannya di HP, maka kamu harus menginstal browser Yandex. Sebab, Google Chrome yang dipasang di smartphone tidak bisa dipasangi eksistensi, tapi Yandex bisa. Jika menggunakan laptop/PC, maka kamu bisa menggunakan Google Chrome.

Jadi, silakan kamu pasang dulu Yandex via Playstore. Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkahnya berikutnya ini!

1. Buka Yandex browser. Tap titik tiga yang ada di kolom tengah, terus tap ikon plus.

2. Ubah tampilan Yandex menjadi mode desktop dengan tap tiga garis di pojok kanan bawah, lalu pilih desktop version.

3. Buka Chrome Web Store dengan masuk ke laman ini chrome.google.com/webstore/detail/mass-follow-for-new-twitt/fppndcbifafladddggjjhoopbkakjdlc, lalu pasang Mass Follow for new Twitter.

4. Buka “new tab” untuk laman baru, lalu masuk ke twitter.com, terus login memakai akunmu.

5. Tap gambar foto profilmu untuk membuka setelan akun, terus kamu pilih mengikuti.

6. Akan muncul akun-akun yang kamu ikuti. Di bagian atas, akan muncul tombol dari ekstensi Mass Follow for new Twitter.

7. Ekstensi Mass Follow for new Twitter akan bekerja otomatis menghapus akun yang kamu ikuti tapi tidak mengikutimu.

Ekstensi Mass Follow for new Twitter hanya akan melakukan unfollow akun Twitter yang tidak melakukan folback akunmu. Sementara, akun-akun Twitter yang telah melakukan folback ke akunmu takkan di-unfollow walaupun inactive atau fake!

Peringatan : Risiko melakukan unfollow massal

Apakah melakukan unfollow akun Twitter sekaligus banyak itu aman? Aku bisa bilang sih aman tidak aman. Kenapa? Setelah aku mencoba unfollow akun sekaligus, keesokan harinya, aku tidak bisa masuk ke akunku. Twitter menganggap unfollow banyak akun dianggap sebagai aktivitas robot. Twitter tidak suka akun bot. Untungnya, notifikasi itu baru peringatan saja, jadi aku bisa masuk akun lagi setelah memasukkan capcha. Mungkin, jika kulakukan hal itu berulang kali, akunku bisa kena banned.

Berdasarkan itu, kusarankan buat teman-teman yang ingin unfollow akun secara massal agar tidak membabi buta saat melakukannya. Beri jeda. Misal hari ini kamu unfollow 50 akun, maka dua atau tiga hari lagi kamu unfollow 50 akun berikutnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?


Nah itulah cara melakukan unfollow akun Twitter secara massal untuk akun-akun yang inactive, fake, dan tidak folback. Dari ketiga cara di atas, manakah yang cocok dengan dirimu? Atau kamu memiliki cara lainnya, silakan berkomentar di kolom komentar!

Sekian pembahasan kali ini. Terima kasih.

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan