Cara menambah sticker Line ke Whatsapp

Kita semua tahu Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang seolah-olah menjadi aplikasi yang wajib diinstall di setiap telepon pintar. Jika ingin berkomunikasi dengan orang lain lewat jarak jauh, orang-orang secara sadar maupun tidak sadar akan meminta nomor Whatsapp.

Sebagai aplikasi yang digunakan hampir setiap pengguna telepon pintar, aplikasi Whatsapp tidak berhenti untuk melakukan pembaharuan.

Versi pembaharuan yang paling baru adalah penggunanya bisa mengirimkan sticker di chat room. Sayangnya, sticker yang disediakan pihak pengembang Whatsapp hanya beberapa varian saja. Saya sendiri merasa bosan jika hanya menggunakan varian yang telah disediakan oleh pihak Whatsapp.

Di lain pihak, aplikasi chatting yang populer selain Whatsapp adalah Line. Di Line kita bisa menggunakan berbagai sticker yang telah disediakan oleh para pengembang, baik official maupun creator. Nah, agar chatting lebih seru di Whatsapp, kita bisa menggunakan Sticker Line untuk mengisi Sticker Whatsapp.

Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut.

Download Sticker Line

  1. Unduh dan Install terlebih dahulu Personal Stickers for Whatsapp dari Playstore (aplikasinya Free kok)
  2. Buka Browser, saya sarankan memakai Google Chrome, buka Line Store atau bisa ketik https://store.line.me/ di alamat web.
    Paste atau Tempel URL di Browser/Klik Link yang sudah disediakan
  3. Silahkan teman-teman cari Sticker Line yang ingin kalian pasang di Whatsapp, sebagai contoh, saya menggunakan keyword “Ruri and Pocie”.

    Halaman Utama/Beranda Line Store

  4. Jika sudah ketemu, klik Stickernya, maka kalian diarahkan pada halaman Hadiahkan atau Pembelian . 
  5. Tap di bagian URL, maka akan muncul Link seperti ini https://store.line.me/stickershop/product/6331814/en 
  6. Nah, yang perlu diperhatikan adalah ID sticker, ingat-ingat ID stickernya. ID sticker adalah rangkain angka setelah garis miring di samping kanan product, untuk kasus ini, ID sticker Ruri and Pocie adalah 6331814 (lebih jelasnya cek gambar).

    Cara Melihat ID Sticker Line

  7. Masuk ke URL dl.stickershop.line.naver.jp/products/0/0/1/IDstickerLine/android/stickers.zip untuk mendownload Sticker yang kita inginkan. Sebelumnya ganti kata IDstickerLine dengan ID sticker yang kalian inginkan. Dalam kasus ini, saya ingin mendownload Ruri and Pocie dengan  ID 6331814, maka saya membuka URL dl.stickershop.line.naver.jp/products/0/0/1/6331814/android/stickers.zip
  8. Sebagai alternatif, untuk mendownload stickernya, kalian juga bisa menggunakan Link kedua yaitu dl.stickershop.line.naver.jp/products/0/0/1/IDstickerLine/iphone/[email protected] ganti IDstickerLine dengan ID Sticker yang diinginkan.
  9. Otomatis akan mendownload sticker yang kita inginkan, rata-rata 300kb-800kb. Tunggu sampai proses downloadnya selesai.
  10. Buka File Manager lalu, extract File .zip, biasanya nama default Sticker.zip.

Memasukkan Sticker ke Whatsapp

  1. Buka aplikasi Personal Stickers for Whatsapp dari Playstore yang udah didownload.
  2. Maka akan muncul kumpulan sticker yang telah kita download sekaligus kita extract.
  3. Tap Tambah di samping barisan sticker yang baru saja kita download.

    Tampilan beranda Personal Sticker for Whatsapp

  4. Tunggu prosesnya selesai

Jika sticker yang telah kita download tidak muncul secara otomatis di Personal Sticker for Whatsapp, kita bisa Tap pada tombol “+” di pojok kanan bawah.

Tampilan Beranda Personal Sticker for Whatsapp Versi 2

Di sana muncul berbagai stickernya. Pilih yang ingin dijadikan Sticker di Whatsapp. Namai Paket Stickernya. Jangan lupa Tap Centang yang ada di pojok kanan.

Memilih dan Menamai Sticker

Tunggu prosesnya selesai. Buka Whatsapp, coba sticker yang baru saja ditambahkan.

Sticker Sudah Terinstall di Whatsapp

Kekurangan

Beberapa sticker Line berbentuk Animasi atau gambar bergerak. Sayangnya, pihak Whatsapp belum memiliki fitur sticker bergerak. Jadi, jangan heran kalau kalian download animasi yang bergerak bahkan yang bersuara tidak bisa diaplikasikan di Whatsapp.

Sementara Whatsapp hanya bisa menggunakan Sticker tanpa animasi/gambar bergerak. Saya sarankan, sebelum kalian download, pilihlah Sticker yang klasik, tanpa animasi bergerak atau tanpa suara.

Karena format stickernya .PNG maka sticker-sticker yang telah kita download dan extract masuk ke deretan album kita. Nah, untuk mengatasinya, atau jika teman-teman tidak ingin menampilkan sticker yang telah didownload dan diextract di album teman-teman, setelah stickernya terpasang di Whatsapp, hapus saja kumpulan sticker yang ada di File Manager.

Kelebihan

Kita memiliki berbagai sticker yang menggemaskan. Selain itu, dengan menggunakan sticker Line, serasa menjalankan dua aplikasi dalam satu aplikasi. Menikmati keimutan dan kelucuan sticker Line padahal sedang mengobrol via Whatsapp. Mengobrol via Whatsapp dengan pacar, keluarga, maupun kenalan pun jadi lebih asyik dan seru.

Sekian tutorial dari kami. Jangan ragu untuk mencoba, karena perubahan datang dari hal yang sederhana. Akhir kata, selamat mencoba! 🙂

Share woy :D

Arundaya

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

Tinggalkan Balasan