Kenapa bisa muncul “empty chat” di LINE? apa maksudnya?

LINE Messenger merupakan aplikasi messenger yang cukup asik digunakan untuk berkirim pesan. Mulai dari sticker, OpenChat (LINE Square), dan berbagai fitur menarik lainnya membuat penggunanya makin betah ber-chatting ria.

Karena banyaknya layanan yang disediakan, mungkin terkadang ada beberapa istilah pada LINE Messenger yang sedikit asing. Jika pun tidak terdengar asing, mungkin ada juga istilah dalam LINE yang mungkin belum kamu pahami.

Salah satunya mungkin adalah empty chat.

Pernahkah kamu menjumpai riwayat pesanmu dengan seseorang tiba-tiba berubah menjadi “empty chat”? Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa percakapanmu dengan orang tersebut menjadi empty chat? Kali ini Bukugue dot com akan mengupas tuntas apa sebenarnya yang dimaksud dengan empty chat pada aplikasi messenger LINE. Disini juga akan dibahas mengenai apa saja penyebab munculnya empty chat.

Langsung saja tanpa banyak basa-basi, simak yuk penjelasan mengenai empty chat berikut ini.

Apa itu empty chat?

Empty chat secara bahasa dapat kamu artikan sebagai “obrolan kosong”. Artinya dalam percakapan tersebut, tidak ada orang yang bergabung di dalamnya.

Bisa dikatakan bahwa empty chat bisa muncul ketika orang yang berkirim pesan denganmu di LINE meninggalkan ruang obrolan. Pada empty chat, kamu sudah tidak dapat mengirim pesan pada orang tersebut. Kembali lagi, ini dikarenakan orang tersebut sudah meninggalkan ruang chat.

Ibarat dalam satu ruangan, kamu awalnya mengobrol dengan 2 orang temanmu. Namun kemudian, 2 orang temanmu tersebut meninggalkan ruangan. Sekarang ruangan tersebut menjadi ruang yang kosong (hanya ada kamu sendiri). Sehingga di dalam ruangan tersebut, tidak ada lagi orang yang kamu ajak berbicara bukan? Begitulah perumpamaannya dari empty chat.

Apakah empty chat merupakan indikasi seseorang memblokirmu di LINE?

Bagi orang yang awam, saat ketemu tulisan “empty chat”, mungkin akan berpikir bahwa akun LINE-nya telah diblokir oleh seseorang. Tenang dulu, karena adanya empty chat ini bukanlah disebabkan oleh seseorang yang memblokir akunmu, melainkan karena penyebab lainnya.

Adapun penyebabnya seperti yang sudah dibahas sebelumnya, adalah seseorang meninggalkan ruang obrolan hingga tinggal kamu sendiri disana.

Jika seseorang memblokirmu di LINE, kamu masih dapat melihat profil dan timelinenya. Pada riwayat obrolanmu dengan orang tersebut pun tidak akan ada perbedaan sama sekali. Orang tersebut masih berada dalam ruang obrolan yang sama. Sehingga pada ruang obrolanmu dengan orang tersebut, tidak akan ada tanda atau tulisan empty chat. Hanya saja ketika kamu mencoba menghubunginya, pesan yang kamu kirimkan tidak akan terkirim ke orang yang memblokirmu tersebut.

Maka kesimpulannya adalah: empty chat bukanlah indikasi dari seseorang yang memblokirmu di LINE, melainkan karena lawan obrolan meninggalkan chat room.

Mengapa bisa muncul empty chat?

Empty chat muncul karena seseorang meninggalkan ruang obrolan sehingga tidak ada orang atau member lain yang tergabung dalam ruang obrolan.

Lebih lanjut lagi, lalu apa saja yang menjadi penyebab dari seseorang meninggalkan ruang obrolan? Disini tidak akan dibahas alasan meninggalkan ruang obrolan secara pribadi, akan tetapi Bukugue dot com akan lebih membahas alasan teknisnya saja. Ada faktor-faktor yang menyebabkan seseorang meninggalkan ruang obrolan sehingga menjadi empty chat.

1. Orang tersebut menghapus akun LINE-nya.

Adanya empty chat ini bisa jadi dikarenakan orang yang kamu ajak mengobrol di LINE telah menghapus akun LINE-nya. Dengan dihapusnya akun LINE, secara otomatis orang tersebut akan dikeluarkan dari semua ruang obrolan, termasuk denganmu. Ini dapat ditandai dengan tulisan “unknown left the chat”.

pesan pada private chat
pesan pada private chat sebelum akun ditutup

Ketika seseorang menghapus akun LINE, profilnya juga secara otomatis akan terhapus dan tak dapat ditemukan orang lain. Sehingga namanya akan berubah menjadi unknown, dan ruang obrolannya berubah menjadi empty chat. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat gambar sebagai berikut.

Walaupun ini merupakan empty chat, akan tetapi kamu masih dapat melihat riwayat obrolanmu dengan orang tersebut. Akan tetapi, kamu tak dapat mengirimkan pesan kepada orang tersebut melalui LINE. Foto profilnya pun tidak akan terlihat, karena kembali lagi, pada dasarnya data-data orang tersebut telah terhapus di LINE.

2. Orang tersebut meninggalkan ruang obrolan dengan sengaja.

Pernah membuat grup multiple chat? Misalnya kamu mengajak 2 orang temanmu untuk mengobrol melalui LINE. Kemudian satu per satu temanmu tersebut secara sengaja meninggalkan grup obrolan, dan hanya tersisa kamu seorang.

grup multiple chat di line
grup multiple chat di line, sebelum member meninggalkan grup

Maka dengan begitu, ruang obrolan juga akan berubah menjadi empty chat. Bedanya dengan yang pertama tadi, kamu masih bisa melihat foto profil masing-masing member. Selain itu, alasan kedua ini juga bisa ditandai dengan xxxx left the chat. Kamu juga masih dapat menemukan profilnya di LINE.


Sampai disini, aku rasa para pembaca sudah mengerti mengenai apa itu empty chat. Paling tidak, kamu sekarang tahu kan adanya bahwa empty chat bukanlah dikarenakan seseorang telah memblokirmu di LINE? Kamu juga jadi lebih memahami apa saja yang menjadi penyebab adanya empty chat.

Adanya empty chat itu sangat wajar dan bukanlah menjadi suatu hal yang perlu ditakutkan. Jika seseorang dengan sengaja meninggalkan ruang obrolan, kamu juga masih dapat bertanya secara baik-baik apa alasannya.

Demikianlah informasi kali ini mengenai empty chat pada LINE Messenger. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Terus ikuti informasi menarik lainnya seputar media sosial di Bukugue dot com.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    Bagaimana mengambil kembali room chat yg sudah di hanguskan?
    Bisa kah saya ambil kembali ruang kosong tersebut?
    Terimakasih Min🙏🙏🙏

    1. Avatar

      setauku emphty chat itu karena di ruang chat nya tinggal kita sendiri mas… logikanya, tinggal undang orang lain kesana dan chatroomnya bisa dipake..cmiiw… aku tidak terlalu aktif di line soalnya..

Tinggalkan Balasan