Cara pakai LINE Square dan dapatkan banyak kenalan baru

Line merupakan salah satu aplikasi chat yang hingga saat ini masih sangat digemari. Dengan Line, kalian bisa mengirim dan menerima pesan dengan teman dan keluarga kalian. Namun tahukah kalian, Line juga memiliki sebuah fitur yang dinamakan Line Square.

Dengan adanya fitur ini kalian bisa bertemu dan ngobrol via group chat dengan teman teman Sehobi. Selain itu kalian juga bisa membuat Square dan bisa menerima siapapun untuk masuk ke Square kalian atau kalian juga bisa membuat Square dan hanya orang yang kalian undang saja yang bisa bergabung.

Admin : LINE square resmi diubah nama jadi LINE openchat sejak hari ini (5 agustus 2019). Aku barusan cek di situs berita. Dari yang aku liat, fiturnya secara fungsi dasar masih sama dan tampilannya pun sama, hanya saja ada sedikit pembaharuan dibidang pengaturan privasi. Jadi intinya fitur ini berubah nama dan update sedikit, tapi secara umum, masih sama.

Line Square merupakan fitur yang bisa kalian gunakan untuk saling bertukar informasi dengan sekelompok orang dengan cepat dan mudah. Untuk menggunakan fitur ini, kalian bisa gunakan cara berikut.

Cara masuk dan join ke Square tertentu

Admin: Aku liat ada yang nyari cara mengaktifkan line square di google. Dari yang aku coba, aku buat akun baru LINE beberapa hari yang lalu, dan akunnya fresh banget, pas di cek, menu line square/openchat-nya langsung ada. Jadi tidak perlu setting ini itu. Fitur ini bisa langsung dipakai.

1. Yang pertama kalian lakukan adalah masuk ke halaman Square. Untuk masuk ke menu LINE Square, di halaman awal pilih friend dibagian bawah layar

Pilih Friend

2. Pilih Line Square.

Pilih Line Square

Admin: Sekali lagi aku ingatkan, fitur ini di ubah nama menjadi OPENCHAT. Jadi menu yang keliatan disini adalah “openchat”. Posisinya masih sama seperti diatas.

3. Kalian sudah berhasil masuk ke halaman line square atau namanya disini adalah OPENCHAT

Masuk OPENCHAT

4. Setelah kalian berhasil masuk OPENCHAT, selanjutnya yang kalian lakukan adalah mencari Square. Kalian tentukan dahulu square yang akan kalian masuki sesuai dengan hobi dan minat kalian. Setelah itu kalian bisa ketik di mesin pencarian.

Mencari Square

5. Misalnya kalian mencari group film, maka akan banyak sekali pilihan group yang bertemakan film yang muncul dan tinggal kalian pilih saja.

Mencari Square

6. Selain dengan melakukan pencarian, kalian juga bisa mencari Square yang sesuai dengan hobi kalian berdasarkan kategori. Caranya adalah pada bagian halaman OPENCHAT, kalian scroll ke paling bawah. Disana ada kategori group Square yang bisa kalian pilih.

Line Square Per Kategori
Line Square Per Kategori

6.1 Misalnya kalian pilih kategori Movie, maka klik Movie maka akan banyak sekali muncul group yang bertemakan movie. Pilih yang sesuai dengan keinginan kalian

kategori Square

7. Jika sudah memilih Square kalian bisa langsung chat di Square tersebut dengan cara masuk ke menu chat, lalu pilih group yag ingin kalian masuki.

Cara membuat Square sendiri

Untuk mencari teman, kalian jangan terlalu fokus bergabung dengan Square lain. membuat sebuah komunitas juga bisa membuat kalian memiliki banyak teman. Oleh karena itu selain bergabung dengan Square, kalian juga bisa membuat Square sendiri dimana kalian bisa mengundang pengguna lain untuk masuk ke square yang kalian buat.

Berikut adalah cara membuat Square sendiri.

1. Masuk ke halaman OPENCHAT lalu untuk membuat Square pilih tanda tambah dibagian kanan bawah

Klik Tanda Tambah Untuk membuat Square

2. Buat nama square dan deskripsi square yang akan kalian buat

Buat Nama Square yang Ingin Kalian Bangun

3. Buat kategori square dengan cara tap tanda panah disebelah tulisan category. Setelah itu tentukan apakah square kalian bisa dicari di OPENCHAT dan tentukan juga untuk bergabung dengan square yang kalian buat, apakah pengguna lain harus dapat persetujuan kalian. Jika sudah tap next

Membuat Kategori Square

4. Masukkan nama kalian, hampir semua Square memiliki aturan harus menggunakan nama asli. Namun kalian tidak perlu khawatir, username kalian tidak akan berubah jika kalian membuat nama di square.

Masukkan Nama Asli

5. Square kalian berhasil dibuat, dan tunggu pengguna lain bergabung dengan square yang sudah kalian buat

Square Berhasil dibuat

6. Jika kalian tidak ingin square kalian kosong. Kalian bisa invite teman kalian ke square tersebut. Jika kalian memiliki teman dengan hobi yang sama dengan Square yang kalian buat, kalian juga bisa mengundang mereka ke Square yang sudah kalian buat. Caranya adalah tap invite pada bagian atas halaman Square yang sudah kalian buat

Mengundang Anggota Square
Mengundang Anggota Square

Ada 4 cara invite teman yaitu:

  • Invite Friend. Jika teman kalian sudah masuk ke daftar pertemanan di Line, maka kalian tidak perlu repot repot share barcode Square yang sudah kalian buat. Kalian cukup mencari teman yang akan kalian undang.
  • Copy Link. Kalian juga bisa menyalin link Square kalian. Link salinan tersebut bisa kalian kasih ke teman teman melalui media sosial ataupun aplikasi chating lainnya.
  • Share Link. Jika dengan copy link kalian menyalin tautan square, maka share link adalah versi lebih mudahnya. Jika kalian tap share link maka kalian akan langsung diarahkan ke aplikasi media sosial atau aplikasi chat lainnya sehingga share link lebih mudah tanpa harus menyalin copy link lagi.
  • Share QR Code. Setelah membuat Square, kalian akan mendapatkan QR coode yang bisa di scan oleh pengguna lain. Dengan cara ini kalian bisa langsung mengundang pengguna lain dengan cara scan QR code Line Square yang sudah kalian buat. Cara ini biasa dilakukan jika kalian sedang berdekatan dengan pengguna lain.

Ingat, square ini bisa di bilang grup kalau di sosial media lain. Jadi perlu di optimasi agar mendapatkan banyak anggota. Sama seperti saat kalian buat grup facebook misalnya, kalian harus punya rules dan tujuan yang jelas sehingga orang-orang punya alasan kuat untuk gabung disana.

Ohya, jika kalian membuka halaman OPENCHAT, maka kalian akan melihat beberapa Square yang masuk ke halaman depan atau direkomendasikan. Jika kalian ingin square kalian direkomendasikan kalian harus memenuhi syarat berikut :

  • Banyak anggota. Semakin banyak anggota Square kalian, maka akan semakin besar peluang Square kalian masuk ke halaman utama atau rekomendasi. Oleh karena itu kalian harus aktif invite teman dan memperbanyak member dari Square yang sudah kalian buat.
  • Sesuai Kategori. Obrolan di Square yang kalian bangun harus selalu sesuai dengan kategori. Jika tidak maka kalian akan kesulitan untuk mendapatkan rekomendasi dari Line.
  • Obrolan Aktif. Ada beberapa Square yang hanya aktif jika ada moment-nya saja. Misalnya di Square Film, hanya aktif jika ada film bagus saja. Jika kalian ingin direkomendasikan, paling tidak satiap hari kalian harus bisa memberikan materi untuk didiskusikan. Dengan begitu maka Square kalian akan tetap aktif.

Cara menghapus Square kalian

Jadi admin grup itu tidak mudah. Bisa dibilang sulit memang. Kalian harus punya passion dibidang tersebut. Kalian juga dituntut untuk sering online dan memantaunya. Selain itu harus punya rules dan bisa tegas dalam mengambil keputusan, agar grup tetap bersih dari SPAM dan diskusi-nya berada di koridor grup tersebut. Karena kalau tidak, anggota lain akan merasa terganggu dan bisa saja meninggalkan grup.

Sama seperti grup, square kalian bisa saja gagal dan fail. Tidak ada yang mau join sama sekali. Kalau sudah begini, mungkin ada baiknya di hapus. Untuk menghapus Square tsbt, kalian bisa gunakan cara berikut :

  1. Masuk ke pengaturan di square tersebut.
Masuk ke Halaman Square

2. Pilih delete square

Pilih Delete Square

3. Konfirmasi penghapusan square dengan cara tap ok. Jika sudah maka square kalian sudah terhapus

konfirmasi Hapus Square


Itulah sekilas bahasan mengenai LINE Square atau openchat. Kalian bisa join banyak square atau buat square sendiri, dan mencari banyak kenalan baru disana. Ingat, beda grup beda rules, ikuti peraturan mereka jika kamu baru join. Jangan lakukan SPAM dan tindakan lain yang bisa bikin anggota illfeel.

Sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis dikolom komentar. Thanks.

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan