Cara mengaktifkan fitur restrict (batasi) di Instagram

Salah satu fitur yang belum lama diluncurkan oleh Instagram adalah fitur “restrict” atau “batasi”. Fitur yang di luncurkan juli 2019 ini menurut saya, memiliki banyak manfaat untuk para penggunanya, terutama buat kalian yang banyak fans dan haters-nya.

Fitur restrict ini memiliki fungsi untuk melawan bullying yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini. Bullying tidak lagi hanya terjadi dilingkungan sekolah, diinternetpun sudah sering terjadi, istilah kerennya adalah cyberbullying.

Instagram menambahkan fitur ini, untuk membungkam akun tertentu, untuk mengurangi cyberbullying ini, terutama di platform instagram itu sendiri.

Sistem kerjanya juga simpel, sebagai pengguna (kalian) yang merasa di bully, atau dibuat gerah oleh seseorang pengguna lain, kalian bisa langsung menindaknya dan memasukan orang tsbt kelist “pembatasan” atau “restrict” tadi. Hal ini bisa instan kita lakukan seketika itu juga.

Apa yang terjadi dengan akun yang dibatasi tadi?

Ketika kalian sudah memilih beberapa akun untuk di-batasi, maka ketika akun tadi berkomentar dipostingan kalian, komentarnya hanya bisa dilihat oleh kalian pribadi, sementara orang lain tidak akan melihat komentar orang tadi disana.

Jadi yang bisa melihat komentar si haters tadi, hanya kita selaku pemilik postingan dan akun yang dibatasi itu sendiri. Sehingga ketika akun lain berkomentar, mereka tidak akan terpengaruh atau terbawa suasana, karena komentar dari sihater tadi tidak kelihatan, yang kelihatan hanya komentar dari akun lain yang tidak kalian batasi,

klik saja restrict account

Bahkan bukan hanya itu saja, akun yang masuk ke daftar restrict tadi, mereka tidak bisa melihat status online kita, yang biasanya ditandai dengan “lingkaran kecil hijau”.

Postingan baru yang kita post juga tidak muncul dihalaman beranda mereka, sehingga kalian bisa mengurangi interaksi dengan mereka sebanyak mungkin.

Cara membatasi akun yang mengganggu dengan fitur restrict

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan fitur restrict ini diInstagram kita. Bisa lewat pengaturan, bisa lewat komentar si haters tadi, atau terakhir lewat profil yang akan dibatasi.

Hasil akhirnya sama aja, akun akan di restrict dan akan masuk ke list akun yang di restrict di pengaturan kalian, bedanya adalah kalian bisa pakai cara yang paling simpel saat itu juga. Misalnya membatasi pengguna lewat pengaturan, kalian bisa membatasi beberapa pengguna sekaligus dengan cepat.

Ok, langsung aja. SImak pembahasan berikut ini.

a. Mengaktifkan fitur restrict lewat Pengaturan

  1. Masuk ke laman profil kalian, setelah itu tap “ikon garis tiga” yang ada di pojok kanan atas.
masuk opsi garis tiga

2. Akan muncul beberapa menu seperti dibawah ini, pilih menu Pengaturan.

masuk menu pengaturan

3, Ada banyak pilihan yang bisa kalian gunakan disini, pilih dan masuk menu “privasi”.

masuk ke menu privasi

4. Setelah masuk kehalaman privasi, akan muncul beberapa opsi baru, scroll kebawah dan cari opsi “Akun yang dibatasi”. Pilih dan tap opsi tersebut.

masuk menu akun yang di batasi

5. Jika ini pertama kali kalian menggunakan fitur ini, akan muncul halamanpemberitahuan seperti dibawah ini. Kalian klik saja lanjutkan.

klik saja lanjutkan

6. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman seperti ini, dikolom pencarian ketikkan nama orang yang ingin kalian batasi.

cari nama akun yang akan di restrict

7. Setelah kalian menulis beberapa huruf saja akan muncul daftar nama orang yang hurufnya memiliki awalan seperti yang kita ketik.

pilih akun yang akan di batasi

8. Setelah itu kalian klik batasi. Dan setelah kalian batasi maka akan muncul akun orang yang kalian batasi tadi. Kalian bisa ulangin langkah 7 tadi dan menambahkan banyak akun disini.

contoh akun yang sudah di batasi

b. Mengaktifkan fitur restrict lewat kolom komentar

Cara yang kedua ini mungkin lebih ke tindak lanjut secara langsung saat kalian melihat ada komentar masuk yang dianggap mengganggu. Caranya juga cukup mudah.

1. Dikolom komentar kalian tadi, pilih akun yang ingin dibatasi dengan cara “tap and hold” atau “tekan dan tahan” komentarnya.

tahan dan tekan agak lama

2. Setelah kalian “tekan dan tahan” tadi, dibagian atas akan muncul beberapa opsi lanjutan. Disini pilih “ikon tanda seru” yang ditandai dalam kotak merah seperti terlihat discreenshot dibawah ini.

klik icon tanda seru

3. Setelah itu akan muncul dua pilihan, disini pilih pilhan “Batasi akun”.

klik yang batasi atau restrict

4. Setelah itu akan muncul halaman baru berupa persetujuan untuk membatasi akun, disini kalian tap tombol biru “restrict account”.

klik saja restrict account

5. Setelah itu akan muncul halaman yang menjelaskan bahwa akun tadi sudah berhasil dibatasi. Tap saja tombol “OK”.

klik ok untuk setuju

c. Mengaktifkan fitur restrict lewat profil akun tersebut.

  1. Buka aplikasi Instagram kalian masing-masing.
  2. Setelah kalian buka aplikasinya. Langsung saja cari akun yang akan kalian batasi.
  3. Buka halaman profil akun yang akan kalian batasi tadi. Setelah itu klik “ikon titik tiga” yang ada di pojok kanan atas.
masuk ke icon titik tiga di profil tujuan

4. Setelah itu akan muncul halaman kecil dengan beberapa pilihan. Kalian pilih saja “Batasi”.

pilih icon batasi

5. Setelah kalian pilih batasi akan muncul halaman konfirmasi, seperti biasa tap saja “restrict account”.

klik saja restrict account

Akun berhasil dibatasi. Kalian bisa jauh lebih aman dan nyaman dalam instagraman jika akun yang mengganggu tadi telah masuk kedalam daftar “dibatasi” ini.


Fitur ini cukup membantu jika kalian adalah orang populer yang memiliki banyak foloower. Kan pasti ada aja orang yang gak suka dan berkomentar nyinyir. Bukan hanya itu saja, fans yang kelewatan juga perlu dipertimbangkan untuk dibatasi jika sudah mengganggu wilayah privasi kalian.

Ok, saya rasa sudah cukup lengkap tutorial di atas, semoga bermanfaat.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan