Cara mengirim Instagram DM yang mendapat notifikasi jika Discreenshoot atau Diputar Ulang

Media sosial saat ini terus berkembang dan berbagai macam. Namun Instagram seolah tidak pernah kehilangan pamor di hati penggunanya. Instagram terus mengembangkan fitur-fitur unik yang membuat penggunanya merasa semakin dimanjakan.

Instagram, dahulu hanya digunakan sebagai tempat berbagi foto, sekarang Instagram bisa digunakan untuk berbagi kejadian, video maupun saling berkirim pesan (Direct message – DM). Bahkan fitur untuk berkirim pesan pun terus dipenuhi dengan berbagai fitur yang menarik. Kini, pengguna Instagram bukan hanya bisa berkirim teks melalui pesan, tetapi bisa berbagi foto maupun video.

Mengirim pesan Instagram, bisa dibuat hanya untuk satu kali dilihat oleh orang yang dikirimi. Atau bisa juga diperbolehkan untuk melihat pemutaran ulang sebanyak satu kali saja. Hal ini tentu saja akan membuat orang yang dikirimi menjadi tidak dapat menyimpan pesan tersebut. Lalu bagaimana jika penerima melakukan tangkapan layar (screenshoot)? Tenang, Instagram memiliki solusinya, yaitu Instagram akan mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi jika di screenshoot maupun diputar ulang.

Mengirim Instagram DM Sekali Tayang atau Sekali Putar Ulang

Mengirim Instagram DM untuk sekali tayang membuat penerima tidak bisa melihat kembali pesan yang sudah dibuka. Hal ini tentu saja mengasyikkan untuk bisa saling berkirim pesan tetapi tidak bisa melihat pesan yang sudah dikirim sebelumnya. Hal ini karena bukan hanya penerima yang tidak bisa melihat ulang pesan, tetapi juga pengirimnya tidak bisa melihat ulang ketika sudah terkirim.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengirim Instagram DM sekali tayang dan sekali putar ulang yang tidak boleh di screenshoot.

Buka aplikasi Instagram

Buka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang sudah login ke akun Instagram. Hal ini bisa juga dilakukan pada Instagram web, tetapi perlu sedikit penyesuaian.

  • Klik ikon pesawat atau pilih orang dari kolom pencarian

instagram DM sekali tayangDari beranda Instagram, klik ikon pesawat pada pojok kanan atas yang biasanya digunakan untuk mengirim atau menerima DM. Atau kamu juga bisa langsung mengirim pesan langsung dari profil Instagram orang yang akan kamu kirimi. Untuk mencari akun yang akan kamu kirimi DM, bisa melalui kolom pencarian Instagram

  • Pilih orang yang akan dikirimi DM atau klik menu lalu kirim pesan

instagram DM sekali tayang

Pilih orang yang akan kamu kirimi DM, jika kamu menghubunginya dalam waktu dekat, maka akun akan muncul di bagian atas. Namun jika tidak, kamu bisa melakukan pencarian dari kolom cari pada bagian paling atas. Hanya tinggal ketikkan nama aku, maka akan muncul beberapa saran dengan nama tersebut.

Jika kamu mengirimnya dari profil Instagram seseorang, tinggal klik menu/opsi pada pojok kanan atas. Kemudian pilih bagian ‘Kirimkan Pesan’ maka kamu akan langsung dibawa menuju Instagram DM

  • Klik ikon kamera

instagram DM sekali tayangUntuk mengirimkan pesan yang hanya dapat dilihat atau diputar ulang sekali maka klik ikon kamera biru pada pojok kiri bawah.

  • Ambil gambar atau pilih dari galeri

instagram DM sekali tayangKamu bisa membuat pesan berupa gambar dengan tulisan teks, foto biasa, boomerang, rewind, maupun mengirimkan video biasa. Selain itu, kamu juga bisa mengambil gambar atau video dari galeri kamu. Untuk mengirim dari galeri, cukup geser layar ke atas atau klik gambar pada pojok kiri bawah.

instagram DM sekali tayang

Pilih pilihan yang ingin digunakan

instagram DM sekali tayangSetelah menentukan pesan yang akan dikirim, kamu bisa memilih tipe pesan yang akan dikirim. Cara memilihnya adalah dengan menggeser ke kanan dan ke kiri pilihan yang ada pada bagian bawah. Terdapat tiga pilihan yang tersedia yaitu ‘SATU TAYANGAN’, ‘IZINKAN PUTAR ULANG’ dan ‘SIMPAN DI OBROLAN’. Jika kamu sudah memutuskan untuk mengirim dengan style yang mana, tinggal klik ikon lingkaran dengan tulisan ‘Kirim’. Yap selesai 🙂

Sebenarnya apa saja perbedaan dari tiga type tersebut?

Berikut ini adalah penjelasan singkatnya mengenai tiga jenis Instagram DM ini.

instagram DM sekali tayang

SATU TAYANGAN

instagram DM sekali tayang

Instagram DM dengan jenis ini merupakan pesan yang hanya dapat dilihat dalam satu kali buka. Ketika pesan sudah dibuka, maka tidak akan bisa dilihat kembali. Jika akun yang kamu kirimi melakukan screenshoot, maka kamu akan mendapatkan notifikasi. Hal ini bermanfaat jika yang kamu kirimkan bersifat sangat rahasia.

IZINKAN PUTAR ULANG

instagram DM sekali tayang

Pesan jenis ini bisa terus berputar dalam satu kali buka. Pesan akan terus mengulang dari awal hingga akhir pesan yang dikirimkan. Ketika pesan sudah ditutup, maka pesan masih dapat dibuka sekali lagi oleh penerima. Namun jika yang kedua sudah ditutup, maka pesan sudah tidak dapat lagi dibuka. Ketika penerima membuka atau memutar ulang pesan, maka kamu akan mendapat notifikasi dari Instagram.

SIMPAN DI OBROLAN

Pesan ini hampir sama dengan Instagram DM berupa gambar biasa. Penerima dapat melihat atau membukanya berkali kali. Bahkan gambar yang dikirimkan akan muncul dan terlihat meski tidak dibuka secara penuh pada layar. Kamu tidak akan mendapatkan notifikasi apapun dari pengiriman pesan ini.

Yeay, sekian tadi cara mengirim Instagram DM yang akan mendapatkan pemberitahuan jika penerima melakukan tindakan. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengirim hal-hal yang mungkin dirasa rahasia. Atau kamu juga bisa memanfaatkannya sekedar untuk bercanda dengan teman.

Apakah ada kelemahan dari Instagram DM ini? Kelemahannya adalah kamu bisa lupa pesan apa yang sudah kamu kirim ke orang lain. Hal ini karena tidak tersimpan di obrolan, jadi bisa saja kamu bisa saja bingung dengan balasan dari orang lain.

Semoga bermanfaat ^.^

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar