Hitungan kuota yang dihabiskan oleh LINE (untuk telpon, vc, dll)

LINE Messenger pada dasarnya menggabungkan penggunaan messenger dengan media sosial pada umumnya. Aplikasi messenger ini memiliki fitur timeline yang tidak dimiliki media sosial lainnya. Selain itu pilihan stickernya pun beragam. Pengguna LINE pun dapat merasakan pengalaman video call dengan menggunakan sticker yang lucu.

Tidak sampai disitu, LINE bahkan memiliki platform berita sendiri yaitu LINE Today. Dengan LINE Today kamu tak perlu khawatir ketinggalan informasi terkini.

Akan tetapi, karena banyaknya fitur tadi, LINE menjadi aplikasi yang boros kuota.

Dalam pemakaiannya, LINE kemungkinan akan menyedot cukup banyak kuota. Ini sebabnya penting sekali memperhatikan berapa kuota LINE yang dihabiskan saat menggunakannya.

Selain itu, kamu perlu tau, berapa banyak kuota yang kamu habiskan ketika melakukan panggilan telepon, chat, atau panggilan video di LINE, agar kamu bisa berhemat dengan menghindari kegiatan yang boros kuota.

Berapa kuota yang dihabiskan saat menelpon di LINE?

Menelpon melalui LINE messenger mengharuskan kedua belah pihak (penelpon dan penerima telpon) memiliki kuota untuk dapat terhubung ke internet.

Jadi jangan tanya lagi apakah penerima telepon juga menghabiskan kuota, karena sudah pasti menghabiskan kuota. Pahami prosesnya, ada pertukaran data disana, sehingga kedua belah pihak akan menghabiskan kuota yang kurang lebih sama.

Lalu berapa kuota LINE saat menelpon?

Dari beberapa sumber disebutkan bahwa kuota yang dihabiskan untuk menelpon melalui LINE tergantung dari kualitas jaringan.

Ketika kualitas jaringan pada operator yang kamu gunakan cukup baik tentunya kualitas suara yang dikirimkan pun menjadi lebih baik, sehingga kuota yang tersedot lebih besar.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, kami melakukan percobaan menelpon selama 14 menit.

berapa kuota line yang terpakai saat telponan?

Data yang dihabiskan selama menelpon adalah sebesar 7,9 MB. Itu artinya, setiap menit penggunaan Line Call akan menghabiskan data sebesar kisaran 600 KB.

Angka tersebut tentunya bukanlah angka yang baku. Karena seperti yang telah dijelaskan tadi, data yang dihabiskan juga dapat ditentukan oleh kualitas jaringan. Angka tadi hanya sebagai gambaran kasar saja, berapa banyak data yang dihabiskan untuk menelpon melalui LINE setiap menitnya.

Berapa kuota yang dihabiskan saat video call di LINE?

Seperti menelpon, melakukan panggilan video melalui LINE Messenger juga mengharuskan penelpon dan penerima telpon memiliki kuota. Akan tetapi karena data yang dikirimkan berupa video, tentunya video call akan lebih banyak menguras kuota.

Kualitas jaringan juga masih menjadi penentu jumlah kuota yang dihabiskan karena berhubungan dengan kualitas video (gambar dan suara).

Kami juga melakukan percobaan dengan melakukan video call selama 4 menit 37 detik (4,5 menit).

berapa kuota line yang terpakai saat video call?

Selama panggilan tadi, data yang dihabiskan adalah sebesar 9,3 MB. Sehingga dari situ didapat nilai rata-rata sebesar 2,066 MB, Itu artinya panggilan video tadi menghabiskan kurang lebih 2 MB per menitnya.

Sama dengan panggilan telepon, mungkin hasil ini juga akan berbeda dengan Bukugue readers sekalian.

Berapa kuota yang dihabiskan saat chatting di LINE?

Sebenarnya masih belum ada kejelasan pasti bagaimana pengenaan kuota ketika chatting melalui aplikasi LINE.

Saat melakukan testing-pun, kami tidak menemukan tanda-tanda bahwa LINE mengenakan biaya atau kuota berdasarkan jumlah karakter. Akan lebih logis jika Line memberlakukan kuota berdasarkan seberapa banyak pesan (baloon) yang dikirimkan.

Untuk rata-rata kuota yang dihabiskan selama percobaan yang kami lakukan adalah 6 sampai dengan 38 KB setiap chat yang dikirimkan.

Oh iya, besaran kuota ini belum mencakup sticker ya. Jika menggunakan sticker didalamnya, tentunya kuota yang dihabiskan saat chatting akan lebih besar. Ini dikarenakan sticker merupakan data berbentuk gambar bukan huruf ataupun karakter. Belum lagi jika sticker yang dikirimkan berupa GIF atau gambar yang bergerak. Data yang digunakan bisa jadi lebih banyak lagi.

Selain itu dengan aktifnya fitur pratinjau emoticon dan pop-up sticker juga akan turut berpengaruh terhadap kuota yang dihabiskan ketika chatting. Ketika mengetikkan huruf ataupun kata tertentu, akan muncul kumpulan gambar yang berkaitan sehingga kuota akan menjadi boros. Jadi, untuk mengirit kuota saat chatting via LINE, jangan lupa pula untuk mematikan fitur ini dengan cara seperti pada gambar berikut:

Penggunaan kuota pada fitur lainnya di LINE

Selain fitur chatting, panggilan, serta video call, LINE Messenger juga memiliki fitur lainnya yang mungkin juga memakan kuota cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah timeline, story, serta LINE Today.

Untuk timeline, biasanya akan banyak memakan banyak kuota jika status yang kita tonton berupa video.

Sementara itu untuk story, data yang ditampilkan berupa gambar atau video, sehingga kuota yang dihabiskan juga tak kalah banyaknya.

Sedangkan untuk Line Today, kuota yang dihabiskan mungkin tidak akan jauh berbeda dengan ketika kamu membaca berita pada plaform lainnya.

Secara basic, ketiga fitur ini bukanlah termasuk dalam fungsi messenger. Akan tetapi jika kita tidak bijak dalam menggunakannya, kuota LINE yang dihabiskan bisa jadi lebih banyak.

Supaya pembaca sekalian bisa lebih hemat dalam menghemat kuota line, kami juga memberikan beberapa tips pada artikel berikut ini: https://bukugue.com/cara-hemat-kuota-line/


Nah sekian itu tadi informasi mengenai perhitungan penggunaan kuota di aplikasi LINE. Diharapakan, Bukugue readers lebih memperhatikan fitur yang banyak menghabiskan kuota tadi.

Sekian pembahasan kali ini. Ikuti terus informasi menarik lainnya. Informasi terupdate seputar media sosial hanya di Bukugue dot com.

Tinggalkan Balasan