Cara membuat video mundur Instastory dengan Instagram Rewind

Seiring dengan bertambah populernya Instagram, perusahaan milik pendiri Facebook -Mark Zukerberg- ini terus memberikan update fitur terbaru yang semakin menarik.

Beberapa waktu lalu, tepatnya di pertengahan bulan Mei 2017 Instagram meluncurkan beberapa fitur baru. Fitur baru tersebut diantaranya Face filter, fitur yang mirip dengan snapchat untuk memberikan efek berupa hiasan pada wajah dan kepala. Yang kedua adalah fitur hastag stickers, fitur yang biasanya ada di caption dan halaman pencarian sekarang ditambahkan pada Instagram stories. Yang ketiga adalah Rewind, yaitu fitur untuk membuat video mundur (reverse).

Instagram Rewind merupakan fitur yang mirip dengan fitur yang telah dirilis sebelumnya, yaitu Instagram boomerang. Hanya saja, pada Instagram rewind video tidak dibolak balik maju mundur. Video di Instagram rewind hanya dibalik, dari part terakhir ke paling awal.

Dengan fitur Instagram rewind ini, kamu bisa berkreasi untuk membuat video yang menarik. Sayangnya memiliki beberapa kelebihan tetapi juga masih memiliki kekurangan.

Berikut ini adalah langkah langkah untuk membuat Instagram rewind dengan mudah serta kelebihan dan kekurangan fitur ini.

Membuat video mundur dengan Instagram Rewind

1. Update Aplikasi Instagram ke versi terbaru.

instagram rewind

Aplikasi Instagram versi terbaru yang sudah memiliki fitur Instagram rewind adalah aplikasi Instagram versi 10.22.0 yang diperbarui pada tanggal 22 Mei 2017.

2. Masuk ke halaman utama (beranda) Instagram
3. Tekan logo kamera atau cerita anda di pojok kiri atas.

instagram rewind

4. Geser menu fitur pada bagian bawah ke fitur rewind.

5. Klik logo reverse untuk mulai merekam video

instagram rewind

Untuk merekam video kamu bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama klik dan tahan logo reverse (logo play terbalik) sambil merekam video. Perekaman video akan berakhir ketika klik dilepaskan. Kedua, rekam dengan klik satu kali pada logo reverse. Untuk mengakhiri pengambilan video klik logo stop.

6. Tunggu hingga Instagram selesai memproses video.

instagram rewind

7. Jika sudah, video mundur seharusnya sudah bisa di share ke story seperti biasa.

8. Selesai!!

Selamat, kamu sudah berhasil membuat sebuah video terbalik dengan Instagram rewind. Kamu bisa membuat kreasi-kreasi yang kreatif dan menarik. Cari inspirasi untuk membuat inspirasi Instagram rewind di #rewind atau #Instagramrewind

Kelebihan dan Kekurangan fitur Instagram rewind

Fitur baru Instagram untuk membuat video mundur ini memiliki beberapa kelebihan. Namun juga tidak dapat terlepas dari beberapa kekurangan. Barikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Instagram rewind.

A. Kelebihan Instagram rewind

  1. Video mundur Instagram rewind dapat dibuat dengan mudah, sama seperti fitur Instagram stories yang lain. Sehingga bisa dibuat oleh siapapun.
  2. Prosesing video cepat. Sehingga tidak membutuhkan waktu lama dari merekam sampai dengan video siap untuk di unggah ke Instagram ataupun disimpan
  3. Memiliki dua opsi pengambilan video. Instagram rewind bisa dibuat dengan menahan tombol perekam untuk mengurangi goyangan smarphone ataupun dengan start dan stop klik untuk merekam dengan bebas tanpa menahan tombol shutter.

B. Kekurangan Instagram Rewind

  1. Instagram rewind belum tersedia sebagai aplikasi terpisah dari aplikasi Instagram. Hal ini berbeda dengan boomerang yang saat ini sudah tersedia aplikasi terpisahnya. Sehingga untuk membuat Instagram rewind harus masuk ke Instagram dan otomatis membutuhkan koneksi internet.
  2. Durasi maksimal video Instagram rewind sangat pendek. Kemampuan Instagram rewind membuat video mundur tidak lebih dari lima belas detik. Hal ini karena kemampuan Instagram untuk membuat Instagram stories pun tidak lama. Sehingga kita harus memaksimalkan waktu lima belas detik itu untuk membuat video yang menarik.

Bagaimana jika fitur instagram rewind tidak muncul ?

Hal ini cukup ribet jika harus dijelaskan ditulisan ini, penulis bukugue.com yang lainnya sudah membahas mengenai hal ini dengan detail dihalaman https://bukugue.com/fitur-rewind-instagram-hilang/, mulai dari penyebab hingga solusinya.


Sekian tadi penjelasan mengenai cara membuat video mundur dengan Instagram rewind. Fitur baru ini semakin menambah keleluasaan pengguna Instagram untuk berbagi moment kepada pengguna Instagram lainnya.

Perkembangan dan inovasi Instagram dalam membangun layanannya kepada pengguna Instagram semoga dapat selalu kita manfaatkan dengan baik. Menggunakan Instagram untuk hal hal yang bermanfaat dan bahkan bisa menghasilkan uang. Jangan menggunakan Instagram untuk berbagi gambar-gambar yang menyebarkan kebencian, saling menghujat, saling menghasut dan menggunakan Instagram untuk tindakan tindakan yang merugikan orang lain.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan