Cara Membuat Video Mundur Instastory dengan Fitur Baru Instagram Rewind

Instagram adalah media sosial yang sudah sangat populer. Bagaimana tidak, setiap bulan Instagram digunakan oleh lebih dari enam ratus juta pengguna aktif.

Selain itu setiap hari Instagram digunakan oleh lebih dari empat ratus juta pengguna aktif. Aplikasi Instagram di google play mendapatkan penilaian yang sangat baik dari penggunanya. Aplikasi Instagram mendapatkan 4,5 bintang dari hampir lima puluh juta pengguna.

Seiring dengan bertambah populernya Instagram, perusahaan milik pendiri Facebook -Mark Zukerberg- ini terus memberikan update fitur terbaru yang semakin menarik.

Para pengguna Instagram semakin bisa berbagi momen dengan berbagai macam gaya. Baik berbagi foto, video bahkan bisa menyiarkan secara langsung momen yang sedang terjadi.

Beberapa waktu lalu, tepatnya di pertengahan bulan Mei 2017 Instagram meluncurkan beberapa fitur baru. Fitur baru tersebut diantaranya Face filter, fitur yang mirip dengan snapchat untuk memberikan efek berupa hiasan pada wajah dan kepala. Yang kedua adalah fitur hastag stickers, fitur yang biasanya ada di caption dan halaman pencarian sekarang ditambahkan pada Instagram stories. Yang ketiga adalah Rewind, yaitu fitur untuk membuat video mundur (reverse). Dan yang terakhir adalah fitur Instagram stories eraser tool, yaitu fitur untuk menggambar pada Instagram stories.

Instagram Rewind merupakan fitur yang mirip dengan fitur yang telah dirilis sebelumnya, yaitu Instagram boomerang. Hanya saja, pada Instagram rewind video tidak dibolak balik maju mundur. Video di Instagram rewind hanya dibalik, dari part terakhir ke paling awal. Dengan fitur Instagram rewind ini, kamu bisa berkreasi untuk membuat video yang menarik. Sayangnya memiliki beberapa kelebihan tetapi juga masih memiliki kekurangan.

Berikut ini adalah langkah langkah untuk membuat Instagram rewind dengan mudah serta kelebihan dan kekurangan fitur ini.

Cara Membuat Video Mundur dengan Instagram Rewind

  1. Update Aplikasi Instagram ke versi terbaru

    instagram rewind

    update terlebih dahulu Instagram kamu

Aplikasi Instagram versi terbaru yang sudah memiliki fitur Instagram rewind adalah aplikasi Instagram versi 10.22.0 yang diperbarui pada tanggal 22 Mei 2017. Apabila aplikasi Instagram eror saat membuat Instagram rewind atau gagal membuat Instagram stories dengan Instagram rewind, kemungkinan disebabkan karena update belum sempurna. Kamu bisa uninstall dan instal kembali aplikasi Instagram, atau hapus cache di pengaturan aplikasi smartphone.

  1. Masuk ke halaman utama (beranda) Instagram

Setelah update aplikasi Instagram terbaru selesai, masuk dulu ke halaman utama Instagram. Kamu akan melihat beberapa perubahan tampilan di halaman direct message dan halaman search.

  1. Tekan logo kamera atau cerita anda di pojok kiri atas

    instagram rewind

    masuk ke instastory

Untuk membuat video terbalik dengan Instagram rewind, hampir sama dengan membuat Instagram stories biasa. Pada halaman utama Instagram silahkan klik pada bagian logo kamera di pojok kiri atas. Atau kalau kamu belum membuat Instagram stories, kamu bisa klik pada bagian cerita anda yang ada tanda (+) warna putih dengan lingkaran biru.

  1. Geser pilihan pilihan fitur pada bagian bawah
Instagram rewind

Masuk ke halaman instastory

Saat masuk ke  fitur Instagram stories kamu akan masuk ke fitur normal untuk membuat Instagram stories.

instagram rewind

Geser ke fitur rewind

Pada bagian pilihan fitur fitur dibawah geser ke kanan dua kali untuk masuk ke Instagram rewind.

  1. Klik logo reverse untuk mulai merekan video
instagram rewind

Mulai merekam

Untuk merekam video kamu bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama klik dan tahan logo reverse (logo play terbalik) sambil merekam video. Perekaman video akan berakhir ketika klik dilepaskan. Kedua, rekam dengan klik satu kali pada logo reverse. Untuk mengakhiri pengambilan video klik logo stop.

  1. Instagram akan memproses video
instagram rewind

Instagram akan memroses dengan cepat

Anda perlu menunggu beberapa saat agar Instagram melakukan pemrosesan video. Karena Instagram harus membalik video dari part terakhir ke part paling awal.

  1. Lakukan editing video rewind Instagram
instagram rewind

Lakukan editing untuk menambah keunikan

Kamu bisa melakukan editing video seperti pada pembuatan Instagram stories biasa. Kamu bisa menambahkan tulisan text, emoticon, hastag (tagar), lokasi, filter dan fitur fitur tambahan lainnya dari Instagram.

  1. Kirim sebagai cerita atau simpan video rewind kamu

Pilih simpan, berbagi ke cerita atau mengirim ke akun lain

Video mundur Instagram Rewind kamu telah jadi. Kamu diberi beberapa pilihan untuk mengakhiri pembuatan video terbalik dari Instagram rewind. Kamu bisa memilihnya pada bagian bawah. Mulai dari kiri ke kanan adalah menyimpan, membagikan cerita dan menggabungkan berbagi cerita umum dan langsung.

  • Pertama, menyimpan video buatanmu. Setelah direkam dan di edit, kamu bisa menyimpan video kamu ke galeri di smartphone. Suatu saat kamu bisa mengupload video ini ke Instagram kamu sebagai galeri baru atau sebagai Instagram stories kalau kurang dari 24 jam setelah disimpan.
  • Kedua, mengirimnya sebagai Instagram stories atau instastory. Kamu bisa mengirimkan video inin ke Instagram stories sehingga bisa langsung muncul di halaman utama para followers kamu.
  • Ketiga, mengirimkan video ke Instagram stories atau langsung ke teman. Pilih beberapa nama akun untuk mengirimkan video sebagai pesan langsung ke teman kamu.
  1. Selesai!!

Selamat, kamu sudah berhasil membuat sebuah video terbalik dengan Instagram rewind. Kamu bisa membuat kreasi kreasi yang kreatif dan menarik. Cari inspirasi untuk membuat inspirasi Instagram rewind di #rewind atau #Instagramrewind

Kelebihan dan Kekurangan Video Mundur Instagram Rewind

Fitur baru Instagram untuk membuat video mundur ini memiliki beberapa kelebihan. Namun juga tidak dapat terlepas dari beberapa kekurangan. Barikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Instagram rewind.

A. Kelebihan Instagram rewind

1. Video mundur Instagram rewind dapat dibuat dengan mudah, sama seperti fitur Instagram stories yang lain. Sehingga bisa dibuat oleh siapapun.

2. Prosesing video cepat.

Sehingga tidak membutuhkan waktu lama dari merekam sampai dengan video siap untuk di unggah ke Instagram ataupun disimpan

3. Memiliki dua opsi pengambilan video.

Instagram rewind bisa dibuat dengan menahan tombol perekam untuk mengurangi goyangan smarphone ataupun dengan start dan stop klik untuk merekam dengan bebas tanpa menahan tombol shutter.

B. Kekurangan Instagram Rewind

1. Instagram rewind belum tersedia sebagai aplikasi terpisah dari aplikasi Instagram.

Hal ini berbeda dengan boomerang yang saat ini sudah tersedia aplikasi terpisahnya. Sehingga untuk membuat Instagram rewind harus masuk ke Instagram dan otomatis membutuhkan koneksi internet.

2. Durasi maksimal video Instagram rewind sangat pendek.

Kemampuan Instagram rewind membuat video mundur tidak lebih dari lima belas detik. Hal ini karena kemampuan Instagram untuk membuat Instagram stories pun tidak lama. Sehingga kita harus memaksimalkan waktu lima belas detik itu untuk membuat video yang menarik.

Sekian tadi penjelasan cara membuat video mundur dengan Instagram rewind. Fitur baru ini semakin menambah keleluasaan pengguna Instagram untuk berbagi moment kepada pengguna Instagram lain. Cara pembuatannya yang mudah, sangat bersahabat dengan pengguna Instagram dari berbagai kalangan baik muda maupun yang sudah dewasa.

Perkembangan dan inovasi Instagram dalam membangun layanannya kepada pengguna Instagram semoga dapat selalu kita manfaatkan dengan baik. Menggunakan Instagram untuk hal hal yang bermanfaat dan bahkan bisa menghasilkan uang. Jangan menggunakan Instagram untuk berbagi gambar gambar yang menyebarkan kebencian, saling menghujat, saling menghasut dan menggunakan Instagram untuk tindakan tindakan yang merugikan orang lain.

Semoga Bermanfaat.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *