Istilah dan Singkatan dalam Facebook

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Februari 13, 2020
  • Post category:Topik : Facebook
  • Post comments:4 Comments

Apakah kalian adalah salah satu orang yang suka tertinggal obrolan di dunia Facebook? Misalnya ketika teman-teman di status Facebook bilang TFS, atau bilang mau cari barang di marketplace, dan mereka mau PM ke pedagang online buat tahu harga barangnya?

Jika kalian jarang buka Facebook, kemungkinan kalian akan bingung dengan beberapa istilah dan singkatan yang kalian temukan di facebook. Bahkan yang tidak gaptek pun kadang ketinggalan informasi mengenai hal ini.

Istilah-istilah ini muncul dan berkembang seiring waktu oleh para pengguna. Jadi jika kalian sudah lama tidak membuka Facebook, dan kebingungan oleh singkatan dan istilah yang ada, itu hal yang wajar.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa singkatan dan istilah tsbt.

Jika ada istilah yang tidak kalian temukan disini, bisa tanyakan dikolom komentar, kalian juga bisa bantu kami dengan menambahkan istilah baru yang kalian dengan di facebook.

Ok, langsung aja, berikut pembahasannya.

1. Arti dari “TFS”

TFS sendiri memiliki singkatan Thanks For Sharing atau jika dibahasa indonesiakan artinya adalah “Terima kasih sudah berbagi”.

TFS

Istilah ini diperuntukkan bagi kalian yang merasa bahwa sebuah artikel/status/tulisan yang saat itu kalian baca sangat bermanfaat sehingga kalian ingin mengapresiasikannya dengan mengucapkan terima kasih. Istilah ini sangat umum digunakan oleh para pengguna di kolom komentar.

2. Arti dari “TFC”

Facebook merupakan media sosial yang kegiatannya adalah menambah teman dan berinteraksi dengan teman teman di dunia maya. Ketika kalian menerima sebuah permintaan pertemanan, maka ada saja orang yang menjawab TFC.

TFC

Jika kalian pengguna lama maka kalian tidak akan bingung dengan istilah ini. Namun jika kalian adalah pengguna baru atau orang yang baru melihat istilah tersebut tentu akan kebingungan. TFC merupakan singkatan dari “Thanks For Confirm“.

TFC sendiri ditulis dengan tujuan untuk mengucapan terima kasih karena sudah mengkonfirmasi sebuah pertemanan. Biasanya TFC hadir di kolom komentar, di status atau di inbox orang yang telah menyetujui atau mengkonfirmasi permintaan pertemanan tsbt.

3. Arti dari “TFA

TFA merupakan singkatan Thanks for add, Istilah ini digunakan bagi kalian yang sudah ditambahkan sebagai teman.

Sebenarnya sama saja dengan TFC, namun jika TFC dikirim oleh orang yang pertemanannya di terima sedangkan TFA dikirim oleh orang yang akunnya di tambahkan.

4. Arti dari “TFL

TFL merupakan singkatan dari Thanks for like yang juga merupakan istilah di Facebook yang berarti “terima kasih sudah like”.

TFL

Meskipun remeh namun ucapan ini bisa membuat teman kalian menjadi senang dan tersipu malu. Ucapan ini biasanya ditulis dikolom komentar atau postingan foto. Jika kalian mengirim sebuah postingan maka postingan kalian akan dilihat oleh banyak orang. Tidak jarang orang orang tersebut like postingan yang kalian kirim. Nah sebagai apresiasi untuk orang-orang yang sudah like postingan kalian, maka kalian bisa kirim TFL untuk mengucapkan terima kasih.

5. Arti dari “PM”

PM adalah singkatan dari “Private message” yang bisa diartikan sebagai “chat privat” atau “chat personal”. 

PM

Jika kalian suka main Facebook tentu kalian akan menemukan situasi dimana kalian atau teman kalian ingin mengirimkan sebuah pesan yang bersifat rahasia. Misalnya saling tukar nomor telpon, alamat email, atau sekedar nego harga saat mau belanja, ini semua biasanya dilakukan secara private bukan terbuka.

Nah, permintaan PM ini dilakukan jika kalian ingin mengajak lawan bicara mojok di lewat chat personal. Tidak harus di messenger facebook, bisa juga PM-an lewat WhatsApp, atau aplikasi messenger lainnya.

6. Arti dari “WM”

Istilah WM sangat jarang sekali digunakan. Namun istilah ini masih digunakan oleh sebagian orang. WM sendiri merupakan singkatan dari Wall Messege.

Istilah ini merupakan istilah umum yang digunakan saat kalian sedang melakukan transaksi jual beli. WM merupakan singkatan dari Wall Messege dimana saat transaksi jual beli semua dilakukan tidak secara private. WM merupakan kebalikan dari PM.

7. Arti dari “Hoax”

Facebook banyak sekali menyimpan informasi. Saking banyaknya, sebagai pengguna kita sulit menentukan mana informasi yang benar dan mana yang palsu. Informasi atau berita palsu ini banyak sekali beredar di halaman awal Facebook.

Tidak sedikit juga orang orang kemakan dengan berita palsu ini lalu ikut berbagi dengan orang lain. Akhirnya berita palsu ini tersebar dari orang ke orang. Berita palsu seperti ini disebut Hoax.

Hoax sendiri berasal dari bahasa inggris yang artinya sebuah kebohongan. Jika kalian tertarik untuk memahami lebih lanjut, bisa baca pembahasan detail terkait hoax di bukugue.com/apa-itu-hoax

HOAX

Supaya tak termakan informasi hoax, tidak lah mudah. Ini zaman di mana screenshot bisa dengan mudah direkayasa, bahkan video bisa direkayasa dengan metode video manipulation seperti deepfake yang bahkan bisa menipu profesional sekalipun.

Yang bisa dilakukan untuk pengguna noob/awam seperti kita ini, adalah untuk pandai menahan diri saat menemukan informasi kontroversial atau yang tidak bisa diverifikasi kebenarannya.

Ohya, jika kamu menemukan informasi atau berita hoax di facebook, yang kamu yakin itu adalah hoax, ada baiknya untuk dilaporkan, agar tidak ada orang lain yang kena tipu informasi tersebut.

8. Arti dari “TS”

TS atau Thread starter artinya adalah “Yang memulai thread”. Istilah ini lebih dulu dikenal di forum-forum. Setelah itu mulai dipakai di sosial media.

TS di facebook bisa diartikan sebagai orang yang memulai postingan tersebut.

TS

9. Arti dari “Boom Like” atau “BL”

Boom Like

Boom like, kondisi dimana orang me-like status-status kita bertubi-tubi. Kadang, seseorang juga suka minta boom like supaya statusnya diberi jempol terus. Fungsinya apalagi selain membuat statusnya viral atau up/naik terus.

Admin: Aku ga tau kenapa ada yang nyingkat bom like jadi BL. BL sendiri punya makna lain, BL lebih populer di pakai untuk singkatan dari “boys love”, ini genre di komik/manga/novel/drama/tv series tentang gays. Sebelum ada yang curiga aku tau dari mana, ini karena di beberapa anime/manga yang aku lihat, penyuka BL sering dijadiin lawakan.

10. Arti dari “Add”

Add bukan singkatan, tapi bahasa inggris yang artinya “tambah” atau “menambah”, maksudnya tambah disini adalah di Facebook kalian bisa menambah teman.

add

Sekali lagi, add bukan istilah khusus di facebook, dan istilah ini bisa dibilang sangat sering ditemukan, dimana saja, di dunia internet.

11. Arti dari “FP”

FP merupakan singkatan dari Fanspage. Secara sederhana, Fanspage atau halaman fan merupakan fitur facebook untuk membuat halaman fans, komunitas, brand ataupun publik figur.

FP

Agak sulit jika harus dijelaskan secara singkat, beberapa artikel berikut ini bisa membantu kalian memahami apa itu fanspage lebih baik lagi.

12. Arti dari “Tag”

Tag merupakan sebuah istilah dari bahasa inggris yang berarrti “menandai”. Istilah ini memiliki arti bahwa kalian bisa menandai seseorang pada status atau postingan yang kalian kirim. Istilah tag juga biasa digunakan untuk meminta seseorang menandai kalian di sebuah postingan.

Tag

Salah satu kegunaan tag adalah jika postingan itu penting, kalian bisa terus mendapatkan notifikasi terhadap sebuah postingan yang men-tag kalian disana.

Hal ini sangat bermanfaat karena kalian tidak akan ketinggalan aktivitas komentar terhadap postingan tersebut.

13. Arti dari “SN

SN
SN

SN merupakan singkatan dari Send Name. SN sendiri masih ada hubungannya dengan Tag. Namun di SN orang yang mengirim posting meminta izin kepada kalian apakah boleh memasukkan nama kalian atau tidak di status tersebut.

Sebagai contoh, kalian mengirim status “Asik liburan dengan teman teman”. lalu kalian menanyakan ke salah satu teman kalian yang ikut “mau SN di status ku ga?”.

Jika teman kalian mengiyakan maka status bisa kalian ubah menjadi “Asik Liburan Dengan Teman Teman @namateman”

Perbedaan SN dengan tag adalah SN menyebut nama di status dengan tujuan memberitahu ke orang bahwa kalian ada di status tersebut. Sedangkan Tag memiliki tujuan untuk share sebuah status atau postingan dengan menandai beberapa teman.


Itulah istilah yang sering digunakan di Facebook. Semoga dengan adanya artikel ini kalian tidak bingung lagi ketika bermain Facebook.

Jika ada yang istilah baru yang ingin kalian tanyakan, atau ada saran untuk menambahkan istilah tertentu, silahkan tambahkan di kolom komentar.

This Post Has 4 Comments

  1. Shaiful

    @ ni ape maksud nya….jika kita tekan @ akan keluar 5 nama…ape maksudnya

    1. yudha

      itu fitur mention mas.. jadi kalau di ketik @, maka akan muncul pilihan nama teman yang ingin di mention/tag disana..

      misalnya ketik @S, maka akan muncul nama teman dengan awalan S, kalau diketik @B, maka akan muncul nama teman dengan awalan huruf B.. dstnya..

  2. Mak Enon

    tujuan dari up dan test di facebook live?

    1. yudha

      maksudnya gimana mba.. aku jarang nontonin facebook live soalnya..

      kalau penggunaan “up” di postingan biasa, itu untuk naikin postingin.. jadi postingan yang dikomentarin biasanya akan naik keatas kalau ada komentar baru.. aku rasa kalau di live, mungkin sama aja fungsinya..

Tinggalkan Balasan