Istilah Dalam Facebook Yang Perlu Kamu Tahu Biar Keren

Suka tertinggal obrolan di dunia Facebook? Kayak saat teman-teman di status Facebook bilang tfs, atau bilang mau cari baju hits di marketplace, dan mereka mau PM ke pedagang online buat tahu harga bajunya?

Hmmm…mungkin kamu perlu nih baca artikel saya sampai habis. Ini bukan soal kamu yang gagap Facebook. Bukan…bukan…hanya memang dunia Facebook terlalu cepat berkembang. Menelurkan banyak istilah yang mau tidak mau kita ikuti dan kita gunakan dalam percakapan sehari-hari di Facebook.

Artikel ini khusus saya tulis untuk kamu pemula pengguna Facebook maupun pengguna lama yang perlu tahu istilah tersebut biar tambah kekinian.

Wall

Tempat diletakkannya update status ini sering bikin pemilik akun Facebook deg-degan. Pasalnya, kadang ada saja teman-teman yang iseng mengerjai kita dengan men-tag atau mention nama kita sehingga muncul di wall kita sendiri. Bagus kalau statusnya positif. Nah, kalau statusnya bergosip atau mempermalukan kayak cerita kalau kita se-gang suka ngupil kan repot.

Dalam WALL, ada satu kalimat yang tak pernah absen ditayangkan Facebook, yaitu pertanyaan What’s On Your Mind? Dari sini kita akan terpacu tuk menulis status terus.

Facebook Ads

Iklan atau promosi yang selalu muncul di Facebook. Saat ini, Facebook ads sudah banyak dikupas dan dipelajari oleh para pengguna Facebook guna menambah pundi-pundi uang. Bahkan sudah banyak yang mengemasnya dalam bentuk seminar dan kopdar alias kopi darat di kafe-kafe.

Marketplace

Ini adalah fitur terbaru Facebook yang diluncurkan khusus untuk para pemnjual dan pembeli online. Semacam pasar online yang mempertemukan pemjual dan pembeli di Facebook. Fitur ini bisa dinikmati versi iOS, Android, dan Desktop.  

TFS

Thanks for sharing, terimakasih sudah berbagi. Singkatan ini sering dipakai oleh para netizen Facebook di kolom komentar atau status update-nya. Tujuannya untuk mengucapkan terima kasih pada mereka yang telah berbagi di akun Facebook-nya.

TFC

Thanks for confirmed, terima kasih sudah mengkonfirmasi. Biasanya tfc hadir di kolom komentar, di status atau di inbox orang yang telah menyetujui atau mengkonfirmasi pertemanan usai kita add atau tambahkan pertemanan.

TFA

Thanks for add, terima kasih sudah di-add. Ucapan simple usai ditambahkan pertemanan/di-add oleh akun lain. Dan orang yang menulis tfa adalah dia yang di-add dan sudah mengkonfirmasi pertemanannya dengan orang tersebut.

TFL

Thanks for like, terima kasih sudah like. Ucapan remeh ini di kolom komentar kadang bisa membuat yang membacanya tersipu malu dan senang lho.

PM

Private message. Pesan pribadi yang dikirimkan di inbox atau messenger Facebook. Biasanya yang minta pm adalah mau memberikan bocoran harga produk jualannya. Atau ada urusan pekerjaan yang tak bisa dibagikan di wall.

Hoax

Berasal dari Bahasa Inggris yang berarti berita bohong. Kata hoax muncul sejak banyak yang membagikan berita palsu/bohong di Facebook. Supaya tak termakan berita hoax, sebaiknya kita periksa dulu kebenarannya dari orang-orang yang bersangkutan. Untuk kebih amannya lagi, sebaiknya tak perlu ikut membagikan link berita, screenshoots, atau tulisan copy paste yang tidak jelas berasal dari mananya.

TS

Thread started, mengacu pada orang yang memulai postingan yang ramai dibicarakan atau viral. Seringnya, di Facebook itu mereka yang menjadi TS adalah orang-orang yang menulis postingan kontroversial seperti soal poligami, politik, fenomena panjat sosial atau social climbing, soal cara mendidik anak, cara berumahtangga, soal jodoh dengan bahasa yang mengajak ribut, dan masih banyak lagi. Kadang, TS ini diplesetkan jadi ‘tersangka’.

BL

Boom like, kondisi dimana orang me-like status-status kita bertubi-tubi. Kadang, seseorang juga suka minta boom like supaya statusnya diberi jempol terus. Fungsinya apalagi selain membuat statusnya viral atau up/naik terus.

Oke deh, segini dulu istilah-istilah Facebook yang bisa saya bagikan. Semoga kamu tambah keren dalam ber-Facebook ria. Jangan lupa ya untuk bagikan artikel ini ke semau media sosial kamu. Selamat berbahagia.

 

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwkhidup freelance writer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *