Baru di Facebook, Suka Tertukar Antara Fanpage, Facebook Group, Dan Marketplace? Begini Perbedaannya

Kamu baru join Facebook? Masih suka bingung beda antara fanpage, facebook group, dan marketplace? Banyak orang membicarakan ketiganya di timeline kamu.

Kalau begitu, kamu sudah tepat banget berada di artikel saya kali ini. Di sini, kamu akan mendapatkan sejumlah informasi lengkap tentang ketiganya. Siapa tahu setelah ini, kamu justru bisa tambah sukses.

Sukses dalam pergaulan di Facebook dan sukses menambah pundi-pundi uang. Semoga…saya doakan.

Fanpage Facebook

Fanpage sejatinya berisi hal-hal yang berkaitan dengan public figure, selebritis, drama tv favorit, film, blog, dan lain-lain. Namun, kini di Facebook banyak fanpage yang dibuat oleh para penggemar selebritis atau produk tertentu. Mereka berkumpul membentuk sebuah komunitas dengan kesukaan yang sama. Misalnya, sama-sama suka nonton drama Korea atau sama-sama senang konvoi naik vespa.

Semua bisa mungkin dibuat fanpage-nya di Facebook.  Lalu, apas sih tujuan dibuat fanpage itu sendiri? Ya, apa lagi selain untuk menyalurkan kesukaan yang sama, kumpul-kumpul (siapa tahu bisa kopdar/kopi darat dan bikin bisnis bareng), promosi produk yang dijual, menaikkan nama selebritis yang diidolakan, dan bisa menjadi viral. Apa-apa kalau sudah viral itu bisa jadi gampang menjual produk apapun. Bisa mendatangkan pundi-pundi uang, kan?

Cara Membuat Fanpage Facebook

  1. Login ke Facebook. Bisa melalui smartphone maupun PC/desktop/komputer.
  2. Lihat ikon segitiga terbalik di pojok kanan atas. Klik. Pilih ‘buat halaman’ atau ‘create page’. Berhubung saya sudah punya fanpage, makanya saya klik ‘kelola halaman’ atau ‘manage page’ tuk mencari ‘buat halaman’ atau ‘create page’.
  3. Masuk ke halaman dimana ada ‘create page’. Jika kamu sudah punya page sebelumnya, maka ‘create page’ ada di atasnya. Klik ‘create page’.
  4. Tersedia 2 pilihan untuk jenis fanpage Kamu bisa pilih salah satu. Apakah kamu mau jualan atau mempromosikan public figure idola kamu.
  5. Saya kasih contoh mau jualan produk, maka saya klik GET STARTED yang ada di bawah BUSINESS OR BRAND.
  6. Tampilan setelah klik ‘get started’ seperti di bawah ini. Kamu bisa kasih nama fanpage dan kategori jualan kamu apa di sini.
  7. Dalam kolom ‘category’, kamu bisa memilih jenis produk yang mau kamu jual. Misalnya, produk yang berhubungan dengan kebutuhan rumah. Saya coba ketikkan ‘home’, maka akan keluar banyak pilihan kategorinya.
  8. Selanjutnya, kamu bisa klik ‘continue’ untuk mengisi data semua yang berhubungan dengan fanpage Jangan lupa klik ‘save’ sesudahnya. Teruskan sampai akhir.
  9. Masukkan foto profil semenarik mungkin untuk fanpage yang kamu buat. Kamu juga bisa mempromosikan fanpage melalui cara berbayar yang disediakan Facebook maupun tidak.

Facebook Group

Dibandingkan dengan fanpage, Facebook Group lebih sempit lagi ruang lingkupnya. Ini adalah tempat dimana orang-orang dengan minat yang sama berkumpul. Mereka biasanya membicarakan satu topik yang sama yang berkaitan dengan tema grupnya.

Misalnya, Grup 80-90an. Yang dibahas di dalamnya tentang apa yang hits pada rentang waktu tahun 80-90an. Jika ada postingan yang keluar jalur, seperti jualan atau obrolan yang tidak ada hubungannya denga grup, biasanya admin grup akan segera menegur akun tersebut. Bahkan bisa saja, akun tersebut akan didepak keluar dari grup.

Terdapat 2 jenis grup, yaitu public group atau grup terbuka dan closed group atau grup tertutup. Sesuai dengan pengertiannya, grup terbuka bisa siapa saja ikut gabung dalam grup tersebut. Sedangkan, closed group, untuk bisa bergabung di dalamnya harus sesuai persetujuan moderator atau admin grup. Ada waktu konfirmasinya dan biasanya ada persyaratan tertentu untuk bisa bergabung.

Sangat mudah jika kamu mau membuat grup di Facebook. Sebagai pemula, kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Login ke akun Facebook kamu.
  2. Lihat kata CREATE di bagian atas HOME Facebook. Klik.
  3. Kemudian, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kamu bisa langsung klik GROUP untuk membuat grup baru.
  4. Setelah itu, akan terlihat tampilan seperti di bawah ini. Kamu bisa langsung beri nama grup kamu, mengundang orang lain untuk ikut grup, dan memilih mau dijadikan grup tertutup atau terbuka. Jika semua sudah diisi, maka kamu bisa klik CREATE.

Marketplace Facebook

Ini adalah fitur terbaru yang diberikan Facebook sebagai tempat untuk transaksi antara penjual dan pembeli di pasar online Facebook. Memang jadi lebih praktis jika menggunakan fitur ini karena tidak bercampur dengan timeline pribadi. Selain itu, kita bisa menemukan banyak pilihan produk dan toko.

Jika kamu tertarik untuk berjualan di MARKETPLACE FACEBOOK, kamu bisa tuh bikin dengan cara:

  1. Login Facebook.
  2. Pilih CREATE di bagian atas HOME Facebook. Klik.
  3. Selanjutnya, pilih MARKETPLACE LISTING. Klik.
  4. Kamu bisa langsung mengisi form yang disediakan. Isi semuanya tanpa terkecuali. Lalu, klik POST. Sekarang kamu telah berhasil menaruh produk jualan kamu di MARKETPLACE. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan antara Fanpage, Grup, dan Marketplace Facebook? Semoga kamu bisa memaksimalkan fitur-fitur Facebook ini dengan baik. Jangan lupa ya bagikan artikel ini ke semua media sosial kamu. Biar nggak hanya kamu sendirian yang cerdas. Oke?

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwk hidup freelance writer!

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar