Ini perbedaan fanspage, grup, dan marketplace di facebook

Kamu baru join Facebook? Atau bagi kamu yang mungkin sudah lama join tapi belum juga paham apa bedanya antara Fanspage, grup, dan marketplace di Facebook?

Kamu sekarang berada di artikel yang tepat. Karena disini kamu akan mendapatkan sejumlah informasi lengkap mengenai ketiganya.

Perlu kamu tau, ketiga fitur Facebook tersebut memiliki fungsi yang berbeda lho. Kalau kamu tau perbedaannya, nanti ketika kamu menggunakan salah satu fitur tersebut, kamu akan dapat menggunakannya dengan maksimal.

Oke, langsung saja simak pembahasan mengenai perbedaan antara fanspage, grup, dan marketplace di Facebook berikut ini.

A. Fanspage Facebook

Fanspage sejatinya berkaitan dengan minat. Kamu punya hobi dan minat yang sama, Fanspage bisa menjadi tempat terbaik untuk mengumpulkan semua orang yang punya minat sama denganmu.

Biasanya Fanspage Facebook digunakan oleh para public figur, selebritis, blogger, atau komunitas – komunitas lain yang memiliki tujuan yang sama.

Fanspage Facebook

Dengan satu akun halaman Fans (Fanspage), kamu sudah bisa berkumpul dan berinteraksi dengan mereka untuk membahas mengenai berbagai macam topik yang sesuai dengan jenis Fanspage tersebut.

Tak hanya digunakan untuk mengumpulkan orang – orang dengan minat atau hobi yang sama, tapi saat ini Fanspage sudah banyak digunakan untuk menjalankan bisnis.

Contoh fanpage

Jadi bagi para pebisnis yang tentunya membutuhkan lebih banyak audiens dan pelanggan, maka Fanspage dianggap tepat untuk memperkenalkan produk mereka.

Mereka bisa berkomunikasi dengan pelanggan baru ataupun lama. Mungkin saja mereka ingin bertanya mengenai produk, memesan, atau sekedar memberikan kritik dan saran untuk perkembangan bisnis.

Apa saja fitur – fitur yang kamu dapatkan di Fanspage Facebook?

Di Fanspage kamu bisa memposting berupa teks, gambar, maupun video. Jadi kamu bisa leluasa menambahkan foto atau video untuk mendukung konten kamu.

Fanspage juga memungkinkan kamu untuk membuat sebuah acara dan membuat lowongan pekerjaan untuk di share ke beranda Fanspage. Ini memudahkan kamu untuk membagikan event – event tertentu yang mengajak mereka para pengikut Fanspage kamu.

Fitur “Lihat postingan pengunjung” yang ada di Fanspage juga bisa kamu gunakan untuk memantau postingan – postingan yang dikirimkan oleh pengikut atau pengunjung Fanspage.

Jika kamu ingin melihat ataupun memantau aktivitas Fanspage kamu, ada yang namanya fitur “Insight” yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui postingan mana yang paling banyak peminatnya,  dari mana saja mereka, seberapa banyak orang yang menyukai, seberapa banyak interaksi yang terjadi, dan seberapa jauh jangkauan postingan.

Jika kamu punya dana lebih dan ingin mendapatkan lebih banyak jangkauan, kamu bisa mengunakan fitur promosi berbayar yang ada di Fanspage Facebook.

Untuk membuat Fanspage Facebook tidak membutuhkan waktu lama. Kamu hanya perlu memasukkan beberapa informasi dasar seperti nama Fanspage, jenis fanspage, sejumlah informasi alamat dan memasukkan foto profil dan background, kamu sudah selesai membuat Fanspage.

Jika kamu tertarik membuat fanspage, silahkan lanjut baca halaman ini: bukugue.com/cara-membuat-fanspage-facebook

B. Grup Facebook

Pernah menggunakan grup di Facebook? Bila dibandingkan dengan fanspage, grup Facebook jauh lebih sempit lagi ruang lingkupnya.

Grup Facebook memiliki tujuan yang sama, yaitu mengumpulkan orang – orang yang memiliki minat atau hobi yang sama.

Bisa juga bagi kamu yang punya sahabat – sahabat karib atau anggota – anggota keluarga yang aktif di Facebook, biasanya membuat grup untuk kemudahan komunikasi.

Grup Facebook memiliki dua jenis grup, yaitu public group atau grup terbuka dan closed group atau grup tertutup.

Perbedaannya, kalau grup terbuka siapa saja bisa ikut gabung dalam grup tersebut. Kalau grup tertutup, untuk bisa gabung di dalamnya harus minta persetujuan dari admin grup terlebih dahulu.

Ketika kamu meminta join ke grup tertutup, kamu harus menunggu konfirmasi dari admin grup. Biasanya untuk masuk ke grup tertutup ada persyaratan atau peraturan tertentu yang harus kamu patuhi.

Grup Facebook bisa digunakan untuk memposting teks maupun gambar. Kamu juga bisa melakukan siaran langsung dan menambahkan lokasi.

Sebagai admin di grup, kamu akan mendapat berbagai fasilitas seperti:

  • Kamu bisa mengatur postingan maupun permintaan anggota yang harus menunggu persetujuan dari kamu.
  • Kamu juga bisa melihat konten apa saja yang dilaporkan anggota sebagai suatu pelanggaran untuk kamu tindak lanjuti.
  • Serta beberapa fitur lain yang tentunya semakin membuat kamu mudah dalam mengelola grup.

Grup Facebook bisa dikatakan lebih ketat bila dibandingkan dengan Fanspage. Karena sebagai admin, kamu akan mendapat fasilitas khusus untuk mengelola grup supaya lebih tertib.

Cara membuat grup Facebook juga tidak sulit. Hanya perlu beberapa langkah saja untuk membuatnya. Jika kamu berminat untuk membuatnya silahkan baca halaman ini bukugue.com/cara-membuat-grup-di-facebook

C. Marketplace Facebook

Ini termasuk fitur baru dari Facebook yang digunakan sebagai tempat untuk transaksi antara penjual dan pembeli di pasar online Facebook. Memang menggunakan fitur ini menjadi lebih praktis karena tidak campur aduk dengan timeline pribadi.

Facebook menyediakan tempat jual beli seperti ini bertujuan agar para penggunanya dapat dengan mudah menjual atau menemukan barang – barang yang di butuhkan yang tersedia di Marketplace.

Kamu tidak perlu mendownload aplikasi tambahan untuk berkunjung ke marketplace. Cara menggunakan marketplace sangat mudah. Cukup ketuk “Marketplace” di menu Facebook kamu di sebelah kanan aplikasi.

Saat ini Marketplace sudah banyak digunakan di Indonesia. Para penjual dapat dengan mudah menjual produknya. Hanya dengan memilih menu “Jual” pada Marketplace, para penjual hanya tinggal memasukkan nama barang, harga, dan gambar yang akan dijual sebelum di posting.

Bagi pembeli, kamu akan dengan mudah mencari barang di marketplace. Atau kamu juga bisa melakukan filter disana. Kamu bisa menentukan lokasi dan jenis barang untuk menemukan dengan tepat barang yang kamu cari.

Fitur ini memang sangat membantu. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mencari barang yang kamu butuhkan. Cukup buka marketplace, kamu sudah bisa mencari dan menemukan barang tersebut.

Tapi, kamu juga harus berhati – hati jika menggunakan fitur marketplace di Facebook. Kamu jangan langsung begitusaja percaya dengan apa yang di tawarkan, mungkin dari segi harga dan kualitas. Kamu harus bertanya lebih lanjut untuk memastikan.

Marketplace Facebook belum memiliki fitur pembayaran khusus. Jadi, di marketplace tidak dapat melakukan transaksi melainkan hanya ngobrol dan melakukan tawar menawar terhadap produk. Untuk selanjutnya, tergantung kesepakatan antara kamu dengan penjual. Apakah akan bertemu dan bertatap muka untuk melakukan transaksi.

_________

Baik Fanspage, Grup, maupun Marketplace, ketiganya adalah fitur yang memudahkan kamu dalam aktivitias sehari – hari.

Fanspage bisa kamu gunakan untuk memberikan atau mencari informasi terkait seseorang, ataupun brand tertentu. Grup bisa kamu gunakan untuk berkumpul dengan dan berdiskusi dengan sekumpulan orang dengan tujuan yang sama,sedangkan Marketplace bisa kamu manfaatkan untuk menjual atau mencari barang yang kamu butuhkan dengan mudah dan cepat.

Gunakan ketiga fitur tersebut dengan baik, jadi kamu akan mendapatkan manfaat yang maksimal.

This Post Has 2 Comments

    1. Avatar

      Sip deh mas gan…

Tinggalkan Balasan