Kata-Kata Permintaan Maaf Dan Klarifikasi Saat Akun Facebook Dihack

Terbit

Diperbarui

Jika kondisinya adalah akun kamu baru dihack, silahkan baca tulisanku sebelumnya terkait ‘Cara memberitahu teman dan keluarga bahwa akun Facebook kamu diretas dan apa saja yang perlu dijelaskan disana‘.

Untuk tulisan ini, aku ingin bantu kamu mengklarifikasi dan meminta maaf atas segala macam kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan oleh hacker tadi pada teman dan keluargamu.

Kata-kata klarifikasi dan permintaan maaf saat akun Facebook dibobol hacker

Berikut ini hanya contoh, silahkan sesuaikan dengan kondisi kamu saat ini, apakah akun kamu sudah kembali atau belum, apakah kamu mau membantu menanggung resiko dan kerugian yang terjadi ke teman dan keluarga, dstnya.

Contoh 1 :

Halo semua, saya ingin menjelaskan bahwa beberapa waktu yang lalu akun Facebook saya yang dibobol oleh hacker. Segala postingan, komentar dan pesan yang dikirimkan dari tanggal 2 Februari sampai tanggal 5 Februari lalu dibuat oleh hacker.

Saat ini saya sudah berhasil mendapatkan kembali akses terhadap akun saya.

Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini.

Mungkin ada diantara teman-teman yang tersinggung, ataupun ada kerugian lainnya yang ditimbulkan akibat hal ini. Saya siap berdiskusi dan membantu terkait kerugian yang ditimbulkan disini.

Contoh 2:

Hai semuanya, saya ingin memberikan klarifikasi terkait dengan kerusakan dan kerugian yang mungkin terjadi pada teman dan keluarga saya semuanya.

Beberapa waktu lalu akun Facebook saya dibobol oleh hacker.

Saya ingin menjelaskan bahwa saya sama sekali tidak terlibat dalam tindakan apapun diakun Facebook saya, sejak tanggal 1 januari lalu hingga saat ini.

Sampai saat ini akun belum berhasil dipulihkan, dan saya sungguh menyesal atas dampak yang ditimbulkan.

Saya tidak tau kapan akun bisa diperbaiki, disini saya ingin teman-teman tau dan bantu menyebarkan informasi ini keteman–teman lainnya. Saya berharap bisa memperbaiki hubungan yang rusak akibat hacker ini dan memulihkan kerugian yang timbul akibat hal ini. Mohon bantuan dan kesabarannya.

Contoh 3:

Kepada semua teman dan keluarga, saya ingin meminta maaf atas segala ketidaknyamanan yang mungkin disebabkan oleh pembobolan akun saya. Akun kini sudah dikembalikan, dan saya berkomitmen untuk memperketat keamanan. Terima kasih atas kesabaran dan pengertian kalian selama masa sulit ini.

Contoh 4:

Mohon maaf kepada semua yang mungkin terkena dampak dari tindakan tidak bertanggung jawab orang yang membobol akun saya. Saya benar-benar menyesalinya. Akun saya kini aman, dan saya akan lebih berhati-hati di masa depan. Terima kasih atas dukungan dan pengertian kalian.

Ingatlah untuk menyusun permintaan maaf dan klarifikasi dengan tulus dan transparan. Memberikan informasi yang jelas dan meminta dukungan teman-teman dan keluarga dapat membantu meredakan situasi dan membangun kembali kepercayaan.

Yang penting untuk dipahami bahwa kamu bukan satu-satunya korban

Penjahat yang merusak reputasi kamu dan menipu teman dan keluarga kamu adalah hacker tadi. Disini kamu adalah korban.

Namun tidak bisa dipungkiri juga, hacker yang menargetkan akun kamu, tidak hanya membuat kamu sendiri sebagai korbannya, mereka akan menargetkan teman dan keluarga kamu, entah untuk penipuan, pemerasan, ataupun target peretasan selanjutnya.

Dan dibanyak kejadian aku lihat, teman dan keluarga dari pemilik akun juga mengalami kerugian yang tidak kalah dibandingkan pemilik akun.

Jika teman dan keluarga mengalami kerugian, yang ditimbulkan akibat kelalaian kamu menjaga akunmu dari hacker, apa yang perlu kamu lakukan akan hal ini? Kamu perlu pikirkan matang-matang akan langkah yang ingin kamu ambil disini.

Kamu bisa saja acuh tak acuh, tapi yang perlu kamu tau, teman dan keluarga yang ditipu oleh hacker ini, kemungkinan besar adalah orang yang cukup peduli denganmu.

Umumnya hacker mencoba mendapatkan keuntungan dari teman dan keluarga dengan cara meminjam uang, meminta pulsa, ataupun menggunakan hubungan kamu untuk mendapatkan sesuatu. Dan dari sini kita bisa lihat, korban yang terkena sebenarnya adalah orang yang mau membantu kamu (dan terbukti mau membantu kamu, dengan memberi uang, meminjamkan uang, dll).

Dan jika kamu acuh tak acuh akan kerugian mereka, kamu akan “kehilangan” teman dan keluarga yang memang peduli denganmu tsbt.

Disini kamu perlu pertimbangkan apakah akan membantu mereka dalam kerugian mereka ini. Mungkin tidak sepenuhnya, namun kamu perlu tunjukkan bahwa kamu juga peduli akan kerugian yang mereka terima.

Hal ini kamu lakukan untuk menjaga hubungan baik kamu dengan mereka, dan menjaga reputasi kamu.

Tips untuk membuat kata-kata klarifikasi dan permintaan maaf yang baik

Mungkin kamu perlu membuat kata-kata klarifikasi ataupun permintaan maaf mu sendiri, misalnya karena kamu lebih nyaman mengutarakannya dalam bahasa daerah kamu.

Berikut beberapa tips akan hal yang perlu kamu perhatikan,

  1. Kamu perlu terbuka. Disini kamu perlu terbuka akan kejadian ini, bagaimana ini terjadi, kapan terjadinya, kapan akun tsbt berhasil kamu dapatkan kembali, dan kronologis lainnya. Tujuannya adalah untuk meyakinkan teman dan keluargamu bahwa hal ini memang benar terjadi.
  2. Pastikan penyampaiannya baik dan mudah dipahami.
  3. Jelaskan langkah konkret yang sudah kamu ambil. Misalnya kamu melaporkan kejadian ini ke kepolisian, membuat pengumuman atau pemberitahuan saat akun pertama kali dibobol untuk meminimalisir kerusakan, dll. Tujuannya adalah menunjukkan kepada teman dan keluarga bahwa kamu serius dalam menanggapi hal ini, dan kamu sudah melakukan beragam langkah konkrit terkait hal ini.
  4. Jelaskan langkah yang ingin kamu ambil terkait kerugian yang ditanggung oleh teman dan keluarga akibat hal ini. Kamu perlu pertimbangkan apakah akan membantu, atau mungkin hanya membantu sebagian, atau tidak membantu sama sekali (Dan pahami bahwa tiap pilihan punya konsekuensinya masing-masing). Jelaskan hal ini dalam klarifikasimu tsbt.

Terlepas dari bagaimana isi klarifikasi dan permintaan maaf kamu. Aku harap kamu bersabar akan musibah ini, dan aku doakan masalahmu cepat kelar dan selesai.

Mungkin hanya itu yang bisa aku sampaikan ditulisan kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat. Silahkan tambahkan kritik dan saran kamu dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *