Perbedaan WA Bisnis VS WA biasa (Kelebihan & Kekurangannya)

Selayaknya Facebook dan Instagram, saat ini WhatsApp juga telah menambahkan sebuah fitur yaitu Whatsapp bisnis. Indonesia sendiri menjadi negara di Asia pertama yang bisa menggunakan WhatsApp business dimana sebelumnya aplikasi yang ditujukan khusus untuk penjual online ini sudah pernah masuk ke negara negara lain seperti Italia, Meksiko, dll.

Dengan WhatsApp bisnis, diharapkan para pebisnis dan pemilik UKM bisa lebih komunikatif kepada konsumen. WhatsApp memberikan beberapa fitur yang berbeda dengan WhatsApp biasa.

Dikarenakan WhatsApp bisnis ini merupakan sebuah aplikasi yang berbeda dengan WhatsApp biasa, tentunya banyak sekali perbedaan yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan WhatsApp bisnis ini.

Perbedaan dari segi tampilan

Berikut adalah beberapa perbedaan antara WhatsApp biasa dengan WhatsApp Bisnis mulai dari logo hingga tampilan dalamannya. Ada 4 perbedaan disini yang akan penulis angkat. Simak berikut ini.

Untuk Logo WhatsApp biasa pasti sudah tau kan ya. Untuk logo Whatsapp bisnis sendiri menggunakan huruf “B” dengan warna latar yang sama dengan WhatsApp biasa.

2. Halaman Profil

Jika kita melihat halaman profil maka akan terlihas jelas sekali perbedaan profil di WhatsApp bisnis dengan WhatsApp biasa.

Jika di WhatsApp biasa kalian hanya bisa melihat informasi profil. Namun jika kalian mengunakan WhatsApp bisnis, maka profil kalian tidak hanya memuat foto melainkan informasi bahwa WhatsApp yang kalian gunakan adalah WhatsApp bisnis, bahkan WhatsApp bisnis juga memberikan informasi jenis usaha yang sedang kalian jalankan seperti “Shopping & Retail”.

3. Warna latar

Jika menggunakan WhatsApp biasa, kalian akan disajikan warna latar default WhatsApp yaitu hijau tua, warna ini sudah menjadi ciri khas dari WhatsApp itu sendiri. Namun berbeda dengan WhatsApp bisnis, kalian justru disajikan warna biru tua mendekati abu abu.

4. Menu Setting

Isi dari menu setting pada WhatsApp biasa dengan WhatsApp bisnis juga terdapat perbedaan. Perbedaannya adalah pada WhatsApp bisnis terdapat menu Business Setting. Di menu ini kalian bisa mengatur lokasi bisnis yang terhubung dengan google map, kalian juga bisa mengatur profil bisnis, deskripsi dari bisnis yang kalian jalani, jam operasional, alamat email, dan bahkan kalian juga bisa memasukkan alamat website yang kalian gunakan.

Kelebihan WhatsApp Bisnis dibandingkan WhatsApp biasa

Seperti yang kita tau, semua hal yang bisa dilakukan di WhatsApp biasa, bisa dilakukan di WhatsApp bisnis. Namun di WhatsApp bisnis tersedia fitur ekslusif yang memang hanya tersedia di aplikasi WhatsApp bisnis itu sendiri.

Berikut 5 fitur ekslusif yang jadi kelebihan WhatsApp bisnis dibandingkan dengan WhatsApp biasa.

1. Lawan chat tau bahwa akun kamu adalah akun bisnis

Jika kalian melakukan chat kepada konsumen, di bagian paling atas chat konsumen akan mendapat pemberitahuan bahwa saat ini sedang melakukan chat kepada akun bisnis. Hal ini sangat penting karena dengan adanya pemberitauan tersebut maka para pembeli akan lebih percaya kepada toko kalian.

Keterangan Whatsapp Bisnis
Keterangan Whatsapp Bisnis

2. Terdapat fitur balas pesan otomatis

Jika dulu kita menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat pesan balasan otomatis, saat ini aplikasi pihak ketiga tersebut tidak kalian butuhkan lagi jika sudah menggunakan Whatsapp Business.

Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke menu business setting lalu pilih Away Message. Setelah itu kalian langsung bisa mengatur pesan otomatis yang kalian inginkan.

Fitur Away Message
Fitur Away Message

Dengan adanya fitur ini, jika bisnis yang kalian jalankan tutup ketika malam hari, maka orang orang yang mengirimkan pesan langsung akan menerima balasan bahwa saat itu juga dengan balasan otomatis yang sudah kalian set sebelumnya.

Hal ini sudah dibahas dengan detail di tulisan satu ini: https://bukugue.com/cara-membuat-pesan-otomatis-di-whatsapp/

3. Menu pembuatan Short Link

Dulu kalian bisa menggunakan shortlink dengan cara mencari kodenya di google. Setelah itu kalian copy kode tersebut lalu ganti nomor hp kalian. Hal ini juga pernah dibahas di blog ini ditulisan “Cara membuat link WhatsApp untuk dibagikan ke sosmed

Hal ini sedikit ribet karena untuk membuat beberapa kata saja harus menggunakan “kode-kode” tertentu. Nah jika kalian menggunakan Whatsapp bisnis, short link sudah bisa kalian buat langsung.

Fitur Short Link
Fitur Short Link

Kalian hanya perlu masuk ke menu Setting Business lalu pilih Short link dan kalian tinggal masukkan kata kata tanpa harus menggunakan kode. Whatsapp bisnis akan men-generate-nya ke bentuk kode yang tinggal kalian copy-paste saja.

4. Fitur Balas Cepat

Fitur balas cepat sangat berguna bagi kalian yang sering membalas pesan yang sama atau mirip-mirip.

Fitur Quick Reply
Fitur Quick Reply

Dengan fitur ini kalian bisa membuat beberapa kalimat hanya dengan mengetik satu atau dua kata. Misalnya kalian ingin mengucapkan terima kasih kepada customer kalian, maka yang perlu kalian lakukan adalah menulis kode /terima kasih lalu kata kata yang kalian atur langsung muncul tanpa harus mengetik panjang panjang.

Kalian bahkan bisa mengatur kodenya lebih singkat lagi, misalnya /t untuk kalimat terima kasih, /w untuk kalimat terkait selamat datang, /b untuk terkait stock barang, dll.

5. Label Chat

Dengan fitur Label Chat, kalian bisa mengkategorikan pengguna pengguna lain dengan cara memberikan label warna. Misalnya ada pelanggan baru, kalian bisa menandai akun tersebut dengan fitur ini. Dengan adanya fitur ini kalian bisa mengkategorikan pelanggan seperti pelanggan lama, pelanggan baru, dan lain lain.

Fitur label
Fitur label

Kekurangan WA bisnis dibandingkan WA biasa

Namun kelebihan diatas bukan tanpa kekurangan, beberapa kekurangan whatsapp bisnis diantaranya adalah

  1. Jika WhatsApp biasa kalian bisa dengan mudah mengganti ganti nama, maka ketika kalian menginstal WhatsApp business, kalian tidak bisa mengubah nama akun bisnis kalian. Oleh karena itu nama akun bisnis harus sangat dipikirkan dan pastikan kalian sudah memilih nama akun bisnis yang tepat.
  2. Ketika menggunakan WhatsApp business, kalian juga masih bisa menggunakan Whatsapp biasa (namun kalian tidak bisa menggunakan nomor yang sama). Jadi jika kalian sudah menggunakan nomor kalian di Whatsapp biasa, ketika kalian menggunakan nomor yang sama untuk whatsapp business maka kalian tidak bisa lagi membuka Whatsapp biasa. Begitu juga sebaliknya.

Yup, kalau dilihat, memang kekurangannya tidak lah siginifikan, bahkan untuk yang nomor 2 itu tidak terlihat seperti kekurangan. Karena memang wajar untuk memisahkan nomor telepon pribadi dengan bisnis.

Kesimpulannya

WhatsApp business sendiri diperuntukkan bagi kalian yang saat ini sedang menjalankan usaha. Fitur-fitur ekslusif yang ada di WhatsApp business jelas akan sangat mempermudah kita dalam mengelola bisnis dan merespon pelanggan kita.

Keunggulan lain dari WhatsApp Business adalah kita bisa memantau pesan yang terkirim dan masuk melalui statistik pesan yang sudah disediakan di Whatsapp Business.


Menggunakan WhatsApp business sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki sebuah usaha baik itu online maupun offline.

Menggunakan WhatsApp bisnis tidak mengganggu kalian dalam menggunakan whatsapp biasa untuk urusan pribadi. Sehingga kalian bisa menginstall kedua aplikasi ini sekaligus bersamaan dalam 1 HP.

Jika kamu berminat untuk membuat akun WhatsApp bisnis, diblog ini juga sudah ada pembahasannya. Silahkan dibaca.


Sekian tulisan kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *