Motif dan Tujuan Hacker dalam Mengambil Alih Akun Facebook

Terbit

Diperbarui

Aku membaca banyak komentar di blog ini tentang teman-teman pengguna Facebook yang akunnya dicuri oleh hacker. Banyak dari mereka tidak tahu motif hacker mengambil akun tersebut. Aku akan menjawab hal tersebut sejauh yang aku tahu.

Motif yang paling umum adalah uang dan keuntungan finansial. Ini yang sering aku lihat.

Hal ini tergambar dari apa yang mereka (hacker) tsbt lakukan setelah mereka mendapatkan akses ke akun tbst. Mulai dari penipuan, pemerasan, penyebaran phising, dll.

Namun tidak dapat dipungkiri, ada juga sebagian kecil hacker yang punya motivasi lain.

Disini aku akan coba jabarkan semuanya, agar kamu bisa dapat gambaran dan bisa lebih awas kedepannya.

1. Keuntungan Finansial

Motif utama bagi banyak hacker adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Jika kamu baca tulisan tentang ‘Apa saja yang mungkin dilakukan hacker setelah mengambil alih akun Facebookmu‘, maka seharusnya sudah tergambar apa saja yang mereka bisa lakukan untuk dapatkan keuntungan dari akunmu.

Mereka akan menipu, memeras, menyebarkan link phising, menyebar malware dan virus, dll dan targetnya adalah kamu, serta lingkunganmu (teman dan keluarga) yang bisa dijangkau dengan akun tsbt.

2. Rasa Tertantang dan Keingintahuan

Beberapa individu terlibat dalam aktivitas hacking semata-mata karena rasa tertantang dan keingintahuan terhadap kemampuan teknis mereka. Mereka mungkin melihat hacking sebagai tantangan untuk dipecahkan.

3. Pengembangan Keterampilan

Bagi beberapa hacker, mengambil alih akun adalah cara untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam bidang keamanan komputer. Mereka melihat ini sebagai sumber pengetahuan dan latihan untuk meningkatkan keahlian mereka dalam membobol sistem.

4. Peretasan Politik atau Aktivisme:

Ada juga kelompok hacker yang melakukan peretasan sebagai bentuk aktivisme atau untuk menyampaikan pesan politik. Mereka mungkin mengambil alih akun penting yang terkait dengan pemerintah atau perusahaan untuk menyuarakan pendapat mereka.

5. Masalah personal

Beberapa hacker mengambil alih akun sebagai bentuk balas dendam untuk menciptakan kerusakan. Mereka mungkin memiliki motif pribadi atau kelompok dengan target yang ingin mereka hancurkan atau rusak reputasinya tsbt.

6. Reputasi

Ada kelompok hacker yang melakukan peretasan untuk mendapatkan pengakuan atau reputasi di komunitas hacker.

Mereka mungkin mengambil alih akun yang sulit ditembus agar dikenal sebagai penyerang yang handal atau ahli dalam bidang keamanan.

7. Pengintaian atau Mata-mata:

Beberapa hacker meretas dengan tujuan pengintaian atau mata-mata. Mereka berusaha mendapatkan akses ke akun penting untuk memperoleh informasi rahasia atau data berharga.

Data dan informasi ini bisa diexpose secara luas, dan tujuan akhirnya bisa bermacam, mungkin tujuan aktivisme, atau sekedar mencari reputasi, dstnya.


Ada banyak memang motivasi hacker dalam mengambil alih akunmu, namun tidak bisa dipungkiri, motivasi utamanya adalah keuntungan finansial.

Dan ini tergambar dari kegiatan yang mereka lakukan setelah mereka mendapatkan akses ke akun kita tsbt.

Aku harap dengan kamu paham motivasi mereka, kamu bisa lebih awas dan berhati-hati dalam menjaga akunmu. Walaupun kamu mungkin bukan politikus, bukanpula artis atau orang ternama, akunmu tetap bisa menjadi target hacking.


Mungkin sampai disini dulu tulisan kali ini. Bagaimana menurutmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *