Berapa kuota whatsapp saat telpon atau video call?

Di jaman yang modern ini, banyak sekali aplikasi penyedia layanan telpon dan media berkirim pesan secara gratis. Mulai dari Line, Kakaotalk, Facebook Messenger, sampai dengan Whatsapp. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan yang cukup banyak digunakan oleh sebagian besar orang Indonesia.

Semua aplikasi penyedia layanan chat itu mengklaim bahwa kita dapat berkirim pesan dan menelpon secara gratis, termasuk Whatsapp.

Namun apakah benar-benar demikian? Benarkah mengirim pesan dan menelpon melalui Whatsapp benar-benar gratis?

Dikutip dari faq.whatsapp.com, Whatsapp menggunakan koneksi internet pada ponsel kamu, baik itu 4G, 3G, 2G, EDGE, maupun Wi-Fi, untuk mengirim maupun menerima pesan kamu ke teman atau keluargamu. Sehingga kamu tak perlu membayar setiap kamu mengirim pesan.

Jadi asalkan paket datamu mencukupi, kamu bisa berkirim pesan melalui Whatsapp gratis.

Jadi, yang dimaksud gratis disini bukan berarti kamu bisa berkirim pesan dan telepon secara 100 persen gratis tanpa adanya pulsa yang harus dikeluarkan.

Kamu tentu masih diharuskan membeli paket internet (dengan pulsa) untuk dapat mengakses dan memanfaatkan fitur Whatsapp.

Namun untuk lebih jelasnya, seperti apa sih detail pengenaan biaya atau besaran data yang dikeluarkan untuk mengirim pesan teks, melakukan panggilan, dan video call?

Kuota saat telponan di wa

Jika kamu melakukan panggilan telepon, kamu dapat dikenakan biaya melalui tagihan pulsa. Selain itu kamu juga dapat membeli paket khusus telpon agar pulsa yang tersedot tidak terlalu banyak. Besar kecilnya biaya yang dikenakan dapat tergantung dari lamanya menelpon, waktu menelpon (pagi, siang, atau sore), atau operator yang digunakan (sesama operator atau lain operator).

Namun berbeda halnya dengan panggilan telepon melalui whatsapp. Jika kamu menelpon melalui whatsapp kamu akan dikenakan biaya melalui data yang kamu gunakan. Besar atau kecilnya data yang dikeluarkan dapat tergantung dari lamanya menelpon dan jaringan (3G atau 4G).

Lalu berapa data yang dikeluarkan untuk menelpon dengan whatsapp setiap detiknya?

Berdasarkan testing yang dilakukan oleh androidpit.com menunjukkan bahwa setiap menit telepon akan menghabiskan data sebesar 800 KB sampai dengan 1,3 MB. Sehingga rata-rata penggunaan data per menit adalah 960 KB. Meskipun demikian hal tersebut bukan menjadi hal yang pasti. Sehingga jangan dijadikan patokan baku ya. Karena jaringan juga akan mempengaruhinya.

Kuota saat video call di wa

Bagi kamu yang memiliki teman, keluarga, atau saudara yang jauh dari domisilimu saat ini, video call adalah pilihan yang tepat untuk sekedar mengobati rindu. Selain Skype yang terkenal dengan layanan video callnya, Whatsapp juga menyediakan fasilitas ini.

Tapi apakah layanan video call melalui whatsapp ini mahal atau menghabiskan banyak data? Mari kita simak, seberapa besar data sih yang kita habiskan untuk melakukan panggilan video melalui whatsapp?

Berdasarkan test panggilan video yang dilakukan oleh gizmotimes.com, rata-rata data yang dihabiskan untuk melakukan panggilan video melalui whatsapp adalah sebesar 2,9 MB sampai dengan 3,4 MB per menitnya. Namun perlu menjadi catatan bahwa ini bukanlah ukuran yang baku bagi setiap orang karena masih ada faktor lainnya (kualitas video, settingan di whatsapp, dll)

Admin: Aku liat ada beberapa pertanyaan terkait ini di internet, jadi akan aku coba jawab.

Apakah penerima video call juga pakai kuota? Jawabannya iya, karena proses video call itu timbal balik, artinya kedua hape itu saling bertukar video, ada proses upload dan download disana, dan keduanya kena jumlah kuota yang kurang lebih sama.

Apakah bisa video call tanpa kuota data? Jawabannya tidak, karena pertukaran informasi data video melalui jaringan internet, mau tidak mau harus pakai kuota data. Mungkin solusinya ya cari wifi gratis, atau provider yang kasih gratisan saat pakai whatsapp (kalau ada).

Tarif video call whatsapp di telkomsel? Jawabannya, video call gratis cuma pakai kuota data. Disini yang dipakai adalah kuota data, dan tidak peduli operatornya apa, kuota data yang terpakai akan sama (selama kualitas videonya sama). Yang berbeda mungkin adalah harga kuotanya, masing-masing operator punya tarif beda per-KB nya, dan harga paket internet pun beda-beda.

Kuota saat kirim pesan di wa

Jika setiap karakter bernilai 1 B (bytes), maka setiap 0,1 MB atau 100 kilobytes, kamu bisa menerima atau berkirim pesan sebanyak 100.000 karakter. Sehingga dengan 1 MB (megabytes), kamu dapat mengirim atau menerima pesan dengan 1 juta karakter.

Kali ini akan dicoba (testing) untuk membuktikannya. Akan dicoba pengiriman pesan teks dengan jumlah karakter sebanyak 100.000 karakter.  Di bawah ini ditunjukkan bahwa pemakaian data yang dihabiskan adalah sebesar 0,1 MB atau sebesar 100 KB.

Sehingga benar terbukti bahwa pemakaian paket data 0,1 MB atau 100 KB dapat digunakan untuk berkirim pesan sebanyak 100.000 karakter. Cukup murah kan jika dibandingkan dengan SMS?

Pesan berbentuk gambar

Penggunaan data untuk mengirim gambar melalui whatsapp tentu tak ada patokan khususnya. Ini dikarenakan besaran data yang dikeluarkan memang tergantung dari ukuran gambar yang kamu kirim atau terima.

Namun untuk gambar dengan ukuran yang besar, biasanya whatsapp akan mengompress gambar yang kamu kirim supaya lebih cepat dan mudah terkirim.

Ok, untuk menunjukkan ke kamu bagaimana whatsapp dapat mengkompress gambar berukuran besar, kamu bisa lihat gambar di bawah ini. Disitu terlihat aku coba mengirim file gambar yang sebenarnya berukuran 3,7 MB. Setelah didownload kembali, ternyata gambarnya menjadi lebih kecil, yaitu hanya sekitar 64 KB saja.

percobaan mengirim gambar

Itu artinya memang terbukti jika kamu mengirim foto dengan resolusi dan ukuran besar, foto yang kamu kirim akan dikompres. Sehingga ukuran file gambar belum tentu sama dengan data yang dikeluarkan untuk pemakaian whatsapp (untuk mengirim gambar).

Admin: Aku rasa saat kita kirim di awal kuotanya tetap sama dengan berat file. Setauku, proses kompres dilakukan setelah gambar terupload, jadi nanti memang gambarnya berukuran lebih kecil, yang diuntungkan adalah penerima gambar karena lebih ringan downloadnya. CMIIW.

Pesan berbentuk video

Video yang dimaksud disini berbeda dengan video call. Ada kalanya kamu punya video yang menarik sehingga ingin kamu bagikan ke teman. Cara yang cukup mudah dilakukan yaitu mengirimnya melalui whatsapp.

Dikutip dari faq.whatsapp.com, melalui whatsapp kita hanya bisa mengirim video dengan ukuran tiap file maksimum sebesar 16 MB saja. Untuk mengakalinya kamu bisa membagi video menjadi beberapa part atau bagian. Selain itu kamu juga bisa mengkompres video yang akan dikirim terlebih dahulu.

Pesan berbentuk dokumen

Ada kalanya kamu butuh mengirim file ke seseorang namun kamu tak sempat untuk membuka email. Cara tersimpel yang dapat kamu lakukan salah satunya adalah mengirimnya melalui whatsapp.

Lalu bagaimana jika file yang dikirimkan cukup besar? Apakah whatsapp juga melakukan compressing terhadap file berbentuk dokumen?

percobaan mengirim dokumen

Setelah dilakukan testing, yaitu dengan mengirim file PDF dengan ukuran 10 MB melalui whatsapp. Bisa kamu lihat bahwa ukuran file PDF juga menjadi lebih kecil, yaitu 1,77 MB saja. Jadi, kamu bisa melihat bahwa whatsapp juga melakukan compressing terhadap dokumen.

Itu tadi penjelasan mengenai besaran pemakaian data yang dikenakan Whatsapp. Semoga tulisan ini bermanfaat dan tetap stay tuned di Bukugue dot com, untuk informasi-informasi lainnya yang menarik.


Sumber:

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan