Berapa kuota WhatsApp saat berkirim pesan, telpon atau video call?

Terbit

Diperbarui

Di jaman yang modern ini, banyak sekali aplikasi penyedia layanan telpon dan media berkirim pesan secara gratis. Mulai dari Line, Kakaotalk, Facebook Messenger, sampai dengan WhatsApp.

Semua aplikasi penyedia layanan chat itu mengklaim bahwa kita dapat berkirim pesan dan menelpon secara gratis, termasuk Whatsapp.

Namun apakah benar-benar demikian? Benarkah mengirim pesan dan menelpon melalui Whatsapp benar-benar gratis?

Dikutip dari faq.whatsapp.com, Whatsapp menggunakan koneksi internet pada ponsel kamu, baik itu 4G, 3G, 2G, EDGE, maupun Wi-Fi, untuk mengirim maupun menerima pesan kamu ke teman atau keluargamu. Sehingga kamu tak perlu membayar setiap kamu mengirim pesan.

Jadi asalkan kamu punya akses internet (mau itu paket sendiri, hotspot nebeng dari teman, Wifi gratis di sekolah atau kampus), kamu bisa berkirim pesan melalui WhatsApp, secara gratis. Yang dimaksud gratis disini, kamu tidak lagi keluar biaya pulsa, seperti telpon dan SMS biasa.

Apa saja yang memakan kuota di saat menggunakan WhatsApp?

Kamu akan menggunakan kuota untuk seluruh kegiatan kamu di WhatsApp. Baik itu saat mengirim pesan, ataupun menerima pesan. Baik itu ketika menelpon ataupun menerima telpon. Jadi kedua belah pihak akan menggunakan kuota dengan jumlah yang sama, karena ada pertukaran data dua arah disana.

Kuota juga akan terpakai saat kamu mengirim pesan suara, foto, dan video. Mengganti foto profil ataupun menambahkan status baru. Semuanya akan menggunakan kuota.

Perbandingan GB MB dan KB (supaya tidak bingung)

Buat yang belum tau ataupun mungkin lupa. 1 GB itu persis 1024 MB. 1 MB itu 1024 KB. Dan 1 KB itu 1024 B (bytes).

Untuk memudahkan kamu, ingat saja 1 GB itu kisaran 1000 MB dan 1 MB itu kisaran 1000 KB. Artinya 1 GB itu kisaran sejuta KB.

Berapa kuota yang terpakai saat teleponan di WhatsApp?

Berdasarkan testing yang dilakukan oleh androidpit.com menunjukkan bahwa setiap menit telepon di WhatsApp akan menghabiskan data sebesar 800 KB sampai dengan 1,3 MB.

Kenapa jumlahnya tidak pasti? Ini karena hal-hal lain seperti jaringan dan kualitas suara serta pengaturan di WhatsApp (pengaturan hemat data misalnya) bisa mempengaruhi seberapa banyak kuota data yang terpakai saat teleponan.

Jadi jika kamu teleponan di WhatsApp selama 1 jam, maka kuota yang akan dihabiskan adalah sekitar 50 MB sampai 80 MB. Kalau aku asumsikan kamu punya paket 1 GB, dimana 1 GB tadi adalah 1000 MB, maka paket 1 GB tadi cukup untuk menelpon lebih dari 16 Jam via WhatsApp.

Selain itu aku lihat juga ada yang bertanya seperti “Apakah penerima telepon di WhatsApp kena kuota juga atau tidak?”. Jawabannya, iya. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, terjadi pertukaran informasi/data/suara dari kedua belah pihak, sehingga penerima telepon akan kena potongan kuota dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan penelepon.

Berapa kuota saat video call di WhatsApp?

Berdasarkan test panggilan video yang dilakukan oleh gizmotimes.com, rata-rata data yang dihabiskan untuk melakukan panggilan video melalui WhatsApp adalah sebesar 2,9 MB sampai dengan 3,4 MB per menitnya. Sekali lagi, kuota terpakai dipengaruhi oleh jaringan, kualitas video call dan settingan WhatsApp lainnya.

Jadi jika kamu melakukan video call selama 1 jam, perkiraan kuota yang terpakai adalah sekitar 180 MB hingga 210 MB. Kalau aku asumsikan kamu punya sisa kuota 1 GB, maka kamu bisa video callan di WhatsApp sekitar 5 jam-an full non-stop.

Seperti yang sudah disinggung juga sebelumnya, video call di WhatsApp akan kena kuota, baik itu yang memulai ataupun yang menerima. Ini karena proses video call itu timbal balik, artinya kedua pihak itu saling bertukar suara dan video, ada proses upload dan download disana, dan keduanya kena jumlah kuota yang kurang lebih sama.

Jadi ketika ada yang bertanya seperti “Apakah bisa video call di WhatsApp tanpa kuota ?“. Jawabannya cukup jelas ya, kamu tidak bisa video call di WhatsApp tanpa kuota. Ini karena pertukaran informasi data suara/video dilakukan melalui jaringan internet. Mau tidak mau, kamu harus punya akses internet (paket data ataupun wifi).

Selain itu, aku juga menemukan pertanyaan seperti “Berapa tarif video call WhatsApp di telkomsel?“. Sekali lagi, video call di WhatsApp menggunakan kuota data. Dan kuota di telkomsel itu harganya tergantung paket yang kamu beli.

Berapa kuota saat kirim pesan di WhatsApp?

Hal ini akan sangat bergantung kejenis pesan yang kamu kirim, apakah pesannya hanya berisi teks, atau apakah kamu mengirim foto, video, file, apk, dll.

Untuk pesan teks

Setiap 1 karakter bernilai 1 B (bytes), maka 1 KB itu muat kira-kira 1000 karakter. Dan 1 MB itu muat kira-kira 1 juta karakter.

Karakter disini maksudnya huruf ya. Jadi misalnya kata “Bulan bintang” itu terdiri dari 13 karakter (spasi dihitung 1 karakter).

Sebagai contoh, dibawah ini aku melakukan percobaan untuk membuktikannya perhitungan diatas. Dibawah ini aku coba mengirim pesan teks dengan jumlah karakter sebanyak sekitar 100.000 karakter. 

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya 1 B itu 1 karakter. 100.000 karakter itu adalah 100000 B, atau 100 KB, atau 0,1 MB. Dan bisa dilihat di statistik penggunaan data di WhatsApp dibawah, terjadi perubahan 0,1 MB setelah mengirim pesan tsbt.

Sehingga benar terbukti bahwa pemakaian paket data 0,1 MB atau 100 KB dapat digunakan untuk berkirim pesan sebanyak 100.000 karakter. Jauh lebih murah kan jika dibandingkan dengan SMS?

Untuk pesan berbentuk gambar

Simpelnya, kuota yang terpakai saat mengirim foto di WhatsApp adalah sesuai dengan ukuran foto tsbt. Jika mengirim foto berukuran 1 MB, maka kuota terpakai adalah 1 MB.

Namun dalam kenyataannya tidak seperti itu, WhatsApp memiliki fitur kompresi/optimasi foto, supaya ukuran foto yang dikirim bisa lebih kecil (dan hemat data). Di WhatsApp ada pengaturan apakah kamu ingin kirim foto terkompressi atau kualitas tinggi, sehingga sekali lagi, saat kamu mengirim foto 1 MB, kuota yang terpakai bisa berkurang jauh dibawah angka tsbt, tergantung pengaturan WhatsApp kamu.

Ok, untuk menunjukkan ke kamu bagaimana WhatsApp dapat mengkompress gambar berukuran besar, kamu bisa lihat gambar di bawah ini. Disini aku coba mengirim file gambar yang sebenarnya berukuran 3,7 MB. Setelah didownload kembali, ternyata gambarnya menjadi lebih kecil, yaitu hanya sekitar 64 KB saja.

Itu artinya memang terbukti jika kamu mengirim foto dengan resolusi dan ukuran besar, foto yang kamu kirim akan dikompres. Sehingga ukuran file gambar belum tentu sama dengan data yang dikeluarkan untuk pemakaian whatsapp (untuk mengirim gambar).

Untuk Pesan berbentuk video

Kuota terpakai untuk mengirim pesan berisi video akan sama dengan ukuran video yang dikirimkan, atau lebih kecil. Karena sekali lagi, video juga akan dioptimasi oleh WhatsApp sehingga ukurannya lebih kecil. Selain itu, WhatsApp juga membatasi ukuran file maksimum, baik itu foto ataupun video, dengan ukuran maksimum 16 MB saja. Jadi jika video berukuran besar, kamu tidak bisa mengirimnya langsung, perlu diakali misalnya dengan memotong video jadi beberapa bagian, mengoptimasi supaya ukurannya lebih kecil, atau menggunakan simpanan cloud seperti google drive.

Untuk Pesan berbentuk dokumen

Kuota yang terpakai untuk mengirim file dokumen itu akan sama atau lebih kecil dari ukuran dokumen yang dikirim tsbt.

Setelah aku lakukan testing, yaitu dengan mengirim file PDF dengan ukuran 10 MB. Ukuran file PDF yang dikirim menjadi lebih kecil, yaitu 1,77 MB saja. Jadi, kamu bisa melihat bahwa WhatsApp juga melakukan compressing terhadap dokumen.

Apakah teleponan atau video call WhatsApp ke luar negeri kena biaya tambahan?

Kamu tidak dikenakan biaya tambahan ataupun kuota tambahan saat teleponan dengan seseorang di luar negeri via WhatsApp. Kamu juga tidak akan kena kuota tambahan jika kamu yang pergi keluar negeri dan menelpon via WhatsApp kedalam negeri. Hanya saja, kamu perlu paket data roaming dan paket roaming ini yang mahal.

Sebagai contoh, dibawah ini kamu bisa lihat harga paket internet saat naik haji dari telkomsel, untuk paket 15 GB saja harganya 720ribu.

Jadi ya sekali lagi, tidak ada biaya tambahan, hanya saja untuk yang keluar negeri, mereka perlu beli paket roaming supaya bisa pakai internet dinegara tsbt. Sedangkan yang didalam negeri, tidak ada biaya ataupun syarat apapun sama sekali.

Bisakah berhemat kuota saat menggunakan WhatsApp?

Hal ini tentu bisa dilakukan. Di WhatsApp sendiri ada fitur penghemat data, diponsel kamu juga umumnya ada fitur penghemat data. Jika kamu tertarik, bisa baca halaman https://bukugue.com/cara-menghemat-kuota-whatsapp/ untuk informasi lebih lanjutnya.


Itu tadi penjelasan mengenai besaran pemakaian kuota data saat menggunakan WhatsApp. Semoga tulisan ini bermanfaat dan tetap stay tuned di Bukugue dot com, untuk informasi-informasi lainnya yang menarik.

Sumber:

Tanggapan atas “Berapa kuota WhatsApp saat berkirim pesan, telpon atau video call?”

  1. Avatar Satrio Mahardika
    Satrio Mahardika

    Oh jadi begitu

    Kalau ditelpon orang lain menghabiskan kuota atau tidak

    1. Avatar yudha
      yudha

      ditelpon via whatsapp maksudnya mas? harusnya diatas udh dijelasin ya..

      intinya semua yang kita lakukan di whatsapp itu pakai kuota mas.. mas nelpon orang artinya ada proses Upload dan donwload suara disana, artinya kedua belah pihak kurang lebih akan menghabiskan kuota yang sama…

      ini juga terjadi saat chat, jika mas upload foto, kuota akan terpotong sesuai ukuran foto, begitu juga orang yang melihat foto tsbt, kuota mereka akan terpotong sesuai ukuran foto.. ini proses timbal balik.. baik itu proses upload ataupun download, keduanya pakai kuota..

  2. Avatar Sabit
    Sabit

    bagaimana dgn wa grub. kalo ada uploadan video di grub , apakah yg tidak membukanya video tsb juga kdna potongan kuota?

    1. Avatar yudha
      yudha

      Tergantung setting-an WhatsApp kamu mas..Kalau disetting media di download otomatis, maka setiap ada video masuk, akan terdownload dan terpotong kuota, meskipun video tidak di tonton..

      Bisa baca disini jika ingin matikan fitur download otomatis https://bukugue.com/cara-menonaktifkan-download-otomatis-di-whatsapp/

  3. Avatar shelly wahyuni
    shelly wahyuni

    kak, diatas kan dijelasin klo kita chat di whatsapp bakalan gunain kuota, tapi pas dapet balasannya, kuota kita kepake juga ga ?

    1. Avatar yudha
      yudha

      Iya mba.. menerima dan mengirim pesan teks, menerima dan mengirim foto/video/file/apk/dll semuanya sama-sama menggunakan kuota. Dan kuota yang digunakan kurang lebih sama, di pengirim dan di penerima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *