Cara mengatasi lupa password Pinterest

Permasalah seperti lupa password adalah hal yang sering terjadi. Apalagi jika password tsbt memang jarang digunakan.

Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi lupa password akun Pinterest.

Sebelumnya, pastikan kamu sudah mengecek di browsermu jika kamu rasa pernah menyimpan detail login pinterest tsbt. Untuk cara cek-nya beda-beda ditiap browser, kamu bisa pelajari lebih lanjut disini bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser.

Jika memang tidak ada, kita akan masuk ke proses pembahasan.

Mengatur ulang (reset) password pinterest yang lupa

Readers, sebelum kamu melakukan tutorial ini, pastikan terlebih dahulu bahwa email yang terkait dengan akun pinterest tsbt, masih aktif dan dapat kamu akses.

Ini dikarenakan link reset password akan dikirimkan melalui emailmu. Nah, langsung saja kita bahas yuk, berikut ini adalah cara mengatasi lupa kata sandi Pinterest.

1. Buka aplikasi Pinterest kamu. Pada halaman login, tuliskan alamat email yang kamu daftarkan di Pinterest. Lalu tap “lanjutkan”.

masukkan alamat email

2. Kamu akan diarahkan untuk memasukkan kata sandi. Namun karena kamu lupa kata sandi, disini pilih link “lupa kata sandi”.

tap "lupa kata sandi"

3. Akan muncul notifikasi bahwa Pinterest sudah mengirimkan link untuk mereset kata sandi ke email kita. Tutup notifikasi dengan menekan tombol “OKE”

tap "ok"

4. Buka aplikasi email kamu, lalu masuk ke akun email yang terkait dengan Pinterest tadi. Cari dan buka pesan email dari pinterest yang judulnya “Password Reset“.

buka pesan email dari Pinterest

5. Tap link “atur ulang kata sandi” yang ada dipesan email tsbt.

tap tombol reset password

6. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman pembuatan password baru seperti dibawah ini. Isi kata sandi baru yang diinginkan, kemudian tap “masuk”.

7. Selesai. Kamu sudah bisa masuk ke akun Pinterest seperti biasa. Tinggal masukkan alamat email dan kata sandi baru tadi untuk login.

Alternatif login Pinterest dengan menggunakan Facebook

Untuk masuk akun Pinterest melalui cara ini, kamu tidak perlu memerlukan alamat email dan kata sandi. Sehingga cara ini bisa menjadi salah satu solusi cara mengatasi lupa kata sandi Pinterest.

Syaratnya, kamu harus sudah menghubungkan akun Pinterest dengan Facebook terlebih dahulu.

1. Pada halaman login Pinterest, tap “Lanjutkan dengan Facebook”.

tap "lanjutkan dengan Facebook"

2. Login Facebook seperti biasa, yaitu dengan memasukkan nomor HP atau email, serta password facebook. Jika kamu sudah login di akun Facebook, kamu tinggal menekan tombol “lanjutkan” seperti dibawah ini.

tap "lanjutkan"

3. Selesai. Pinterest akan langsung mengarahkan kita menuju beranda.

Alternatif login Pinterest dengan menggunakan akun google

Syarat utama dari tutorial ini adalah akunmu harus terdaftar atau terhubung dengan akun Google. Buat yang belum tau, akun google itu sama dengan akun gmail, tapi untuk metode login ini agak sedikit berbeda.

Disini kita sebelumnya sudah harus pernah login ke pinterest tsbt dengan akun google (bukan hanya sekedar mendaftar dengan email gmail). Prosesnya kurang lebih sama seperti login dengan akun facebook.

1. Pada halaman login, pilih alternatif login dengan menggunakan Gmail.

pilih "lanjutkan dengan Google"

2. Pilih akun Gmail yang terhubung dengan Pinterest.

pilih alamat email

3. Selesai. (Note: jika kamu salah pilih email, kamu tetap akan login ke pinterest, tapi kamu akan dibuatkan akun pinterest baru.)

Bonus: Bagaimana jika lupa alamat email yang terkait dengan pinterest tsbt?

Pertanyaan berikutnya lagi muncul, bagaimana jika kita lupa alamat emailnya?

Seperti contoh diatas, sebagian pengguna mungkin memiliki lebih dari satu alamat email. Terkadang ketika login, kita mungkin menjadi lupa mana alamat email yang didaftarkan di media sosial.

Jika kamu lupa alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar Pinterest, kamu dapat melakukan langkah sebagai berikut.

1. Langkah pertama, silahkan menuju link berikut: http://pinterest.com/password/reset

2. Cobalah untuk memasukkan satu per satu alamat emailmu. Nantinya, aplikasi akan mendeteksi apakah alamat email tersebut terdaftar sebagai salah satu pengguna Pinterest atau tidak.

masukkan alamat email

3. Apabila alamat email tidak terdeteksi, Pinterest akan memberi notifikasi bahwa akun tersebut tidak ditemukan.

pinterest tidak menemukan username atau alamat email

4. Namun jika email ditemukan, akan muncul nama pengguna seperti dibawah dan tombol “kirim” yang dibisa dipencet untuk mengirimkan link reset password.

tap "kirim"

Akhir kata

Untuk mereset sandi sebenarnya sangatlah mudah, yang sulit adalah jika kita tidak punya akses ke email ataupun opsi reset lainnya.

Jadi readers, untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu kita lupa kata sandi Pinterest kita, jangan lupa untuk menghubungkan Pinterest dengan akun Facebook atau akun Gmail. Dengan demikian, kamu akan tetap dapat login Pinterest dengan mudah tanpa harus memasukkan kata sandi nantinya.

Selain itu setelah mereset kata sandi, kamu sebaiknya mencatat kata sandi tsbt jika kamu tipe yang mudah lupa. Ada banyak aplikasi saat ini yang menyediakan fitur pengelolaan dan penyimapanan kata sandi, pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya.


Nah itu tadi tutorial kami mengenai cara mengatasi lupa password Pinterest. Semoga tutorial kali ini bermanfaat untuk readers. Jika ada pertanyaan terkait topik kali ini silahkan tulis melalui kolom komentar.

Sumber:

https://help.pinterest.com/en/article/reset-your-password
https://help.pinterest.com/id/article/email-is-old-or-inaccessible?qa=6&source=account_recovery

Tinggalkan Balasan