Cara mengatasi masalah konten berisi copyright (hak cipta) di instagram

Instagram merupakan jejaring sosial media yang saat ini sangat digemari oleh para pengguna smartphone android di seluruh dunia. Kita dapat menemukan teman dan juga berbagi momen-momen kita sehari-hari di instagram, seperti foto daily, snapgram, video lucu, foto bersama teman, foto bersama keluarga dan banyak lagi.

Mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini pernah mengalami kejadian dimana ketika mengupload video yang memiliki audio, tiba-tiba mendapat peringatan dari Instagram, yaitu Video Anda dihapus karena mungkin ini memiliki konten berhak cipta yang merupakan milik orang lain.

Ya memang mulai tahun kemarin (2016) instagram sudah membuat peraturan baru tentang pelanggaran hak cipta. Jadi lagu yang berada dalam video apapun jika lagu tersebut memiliki hak cipta maka akan diperingatkan oleh instagram bahwa kita tidak dapat mengupload nya.

Kenapa seperti itu? Iya karena mungkin artis yang memiliki lagu tersebut sudah memiliki label paten hak cipta, jadi kita tidak boleh sembarangan menggunakan lagu tersebut yang dapat merusak citra sang artis yang meciptakan karya tersebut.

Yudha note :

hmmm, sebenernya, konten yang berhak cipta, ga bisa di gunain jika kita ga punya “right” untuk memakainya, setauku, kalau mau pake lagu artis A, kamu harus hubungi dan bikin kontrak dengan artis tersebut untuk penggunaan lagu. Itulah kenapa instagram ga bisa langsung menyetujui video yang kamu buat.

Aku sendiri menyarankan untuk gunain lagu yang free license, kamu bisa search di internet untuk music atau lagu free license. Karna ini ga akan merugikan siapapun dan ga akan ada masalah yang muncul kedepannya.

Dibawah ini, mas ahmad menjelaskan cara mengajukan banding, agar video dengan konten ber-hak cipta orang lain, bisa tetep kamu upload.

Prinsip banding nya adalah, kamu akan memberitahukan ke instagram bahwa kamu memiliki hak untuk penggunaan lagu ber-hak cipta tsbt. Dan, ya, video tersebut akan sukses tampil di instagram, karna instagram “mendapat” penjelasan bahwa kamu memiliki “right” atau “hak” dalam penggunaan lagu tsbt.

Baca juga : Cara cepat dan mudah buat akun instagram baru

Ya memang sih mungkin kamu berpikir seperti ini, Kan cuma pinjem lagu buat back sound video dan gak ngerusaknya? Dan aku pengen lagu itu buat backsound di video buatanku ini karena aku suka lagunya. Tenang disini saya memiliki cara mengatasi copyright di instagram.

Artikel ini saya buat tanpa ada keinginan untuk merusak citra hak cipta seorang artis, tapi saya hanya membantu kamu agar bisa mengeksplorasi lagu tersebut ke sesuatu yang positif.

INGAT! Jangan sampai menggunakan lagu yang memiliki hak cipta dengan sembarangan, yang nantinya dapat merusak citra artis yang membuatnya. Hargai karya seseorang, dan gunakan pada hal yang positif.

Cara mengatasi masalah tidak bisa upload konten ber-hak cipta di instagram

Langsung saja, bagaimana caranya? Di bawah ini akan saya jelaskan cara mengatasi copyright di Instagram.

1. Buka pemberitahuan

Cara mengatasi masalah audio copyright di Instagram ini sangatlah mudah. Step pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka pemberitahuan dari instagram dengan cara menekannya. Seperti pada gambar yang sudah saya tandai di bawah ini.

cara mengatasi copyright di instagram, cara mengatasi masalah audio berhak cipta di instagram

2. Tekan banding

Setelah membuka pemberitahuan dari instagram tentang hak cipta tadi, kamu akan diberi tahu untuk menghapus video yang terkena hak cipta tadi jika mungkin kamu tidak yakin untuk meneruskan upload video tersebut.

cara mengatasi copyright di instagram, cara mengatasi masalah audio berhak cipta di instagram

Jika kamu ingin melanjutkan upload video tadi, maka kamu harus menekan pililhan banding yang sudah ditandai pada gambar di atas ini.

3. Masukkan username

Setelah kamu menekan pilihan banding tadi, maka kamu harus mengisi tanda tangan elektronik dengan username atau nama pengguna instagram kamu. Dan juga jangan lupa untuk tekan centang saya setuju. Lalu tekan Banding.

cara mengatasi copyright di instagram, cara mengatasi masalah audio berhak cipta di instagram

4. Tunggu beberapa menit

Setelah kamu melakukan banding tadi, kamu harus menunggu selama sekitar satu menit atau beberapa menit karena video mu sedang dikirim ulang oleh instagram.

5. Selamat! Video mu sudah sukses terupload

Setelah menunggu beberapa menit, maka silahkan cek di profil kamu karena video mu tadi udah sukses terupload dan siap untuk dilihat oleh dunia luar.

Baca juga : Cara upload banyak foto sekaligus di instagram

Lihat juga di notifikasi kamu, nanti akan ada pemberitahuan “Video Anda sudah dikirim ulang” pada bagian teratas notifikasi kamu. Sekarang kamu sudah dapat melihat video mu terupload di feed kamu.

cara mengatasi copyright di instagram, cara mengatasi masalah audio berhak cipta di instagram

 

Diatas itulah cara mengatasi copyright di instagram. Mudah kan? Tapi selain itu, ada juga alternatif cara mengatasi masalah audio di Instagram dengan mudah. Dan cara ini dilakukan sebelum kamu menggabungkan lagu dengan sebuah video.

Berikut ini caranya:

1. Masuk ke aplikasi musik bawaan hp

Alternatif cara yang kedua ini juga sangat mudah untuk dilakukan.
Cara yang pertama kamu harus masuk ke dalam aplikasi musik bawaan smartphone mu. Setelah itu, pilih lagu yang ingin kamu gabungkan dengan sesbuah video. Tekan info track atau opsi, apapun itu yang penting tujuannya sama yaitu untuk mengedit info lagu.

cara mengatasi copyright di instagram, cara mengatasi masalah audio berhak cipta di instagram

2. Ganti nama

Setelah kamu memilih lagu yang kamu inginkan dan juga menekan info track, maka sekarang kamu akan berhadapan pada beberapa info lagu tersebut. Yaitu dengan format: nama lagu, format, artis, album, ukuran file, dan lokasi peyimpanan. Setiap hp sih beda-beda ya tampilannya. Tapi pada dasarnya yang kita lakukan sama.

cara mengatasi copyright di instagram, cara mengatasi masalah audio berhak cipta di instagram

Kamu harus berfokus pada kolom nama artis dan nama album, dan yang harus kamu lakukan adalah mengganti nama artis dan nama album. Seperti yang sudah saya contohkan seperti pada gambar di atas ini, nama artis dan album saya ganti dengan none atau -. Biasanya sih kalo dikosongin gak bisa, jadi saya ganti dengan strip (-).

cara mengatasi copyright di instagram, cara mengatasi masalah audio berhak cipta di instagram

3. Langkah terakhir

Setelah kamu mengedit info lagu seperti yang sudah saya jelaskan pada step sebelumnya, maka sekarang kamu sudah bisa mengedit atau menggabungkan lagu tersebut dengan sebuah video yang kamu buat.

Setelah itu, silahkan kamu upload video yang sudah kamu isi dengan lagu tadi ke instagram, dan sekarang video tersebut sudah bisa kamu upload dan terbebas dari ancaman hak cipta Instagram.

Catatan: Dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas, kamu jangan seenaknya ya dengan karya orang. Kamu harus tetap menjaga citra dari artis yang menciptakan lagu tersebut. Jangan sekali-kali mencemarkan nama baik artis penciptanya. Dan selamat menciptakan video yang positif!!.

Di atas itulah artikel tentang cara mengatasi copyright di instagram. Semoga artikel tersebut dapat membantu dan menambah wawasan anda tentang cara mengatasi konten berhak cipta di Instagram yang tidak dapat terupload. Jika ada yang ditanyakan silahkan berkomentar pada kolom di bawah ini.

maulidzaks

Aku maulid, paling suka nulis artikel yang berhubungan sama teknologi. Semoga tulisan ku bermanfaat buat kalian semua... Kalo ada kritik saran, komentar di bawah ini yaa..

26
Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar
17 Comment threads
9 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
Paling baru Paling lama Banyak di vote
sissyputry
Guest
sissyputry

mas mau tanya nih.. aku kan suka upload video drama-drama korea.. sebagian drama aman, tapi ada beberapa yang kena hak cipta.. awalnya ih aku suka hapus, tapi ada beberapa ga dihapus karena pas mau hapus udah ilang pemberitahunnya ke tutup sama yg ngelike dan komen. itu ga bahaya kan? toh, aku cuma seneng aja nyimpen di ig biar ga penuh hp. kebetulan banyak yg suka sama postinganku, ga ada ngambil keuntungan uang atau apa pun cuma ambil keuntungan dari ke senangan mereka aja. kira-kira kalo terus dibiarin peringatan soal hak cipta itu, bakal bermasalah hukum ga? takut banget soalnya 😳😳

Aziz
Guest
Aziz

Maw tanya bang, klo videonya langsung di blokir dri pihak IG gimana ? Gk ada pilihan banding nya ?
Apakah make cara yg kedua bisa work ?

Dani Prima
Guest
Dani Prima

Thanks bang maulidzaks, it’s work ??

kasyfia
Guest
kasyfia

article nya bener2 bantu banget ka .. terimakasih banyak ka maulidzaks ??

Bondan robbi
Guest
Bondan robbi

Mas saya sudah klik banding tapi di pemberitahuan cuman kosongam nggak ada tulisanya, ini gimana ya

Intan Septiani
Guest
Intan Septiani

Saya baru2 ini post video di IG, beberapa menit setelah post d IG muncul notif Video Anda diblokir karena mungkin berisi konten yang dimiliki oleh (halaman uji FB) hak penerbitan musik dengan pemilik status yang tidak diketahui
(Your video was blocked because it may contain content owned by (FB test page) music publishing rights with unknown status owner)
Itu artinya apa ya Mas? Knp bsa gthu?

Shannia
Guest
Shannia

Kak klw pemberitahuan nya diklik cuma putih ajh gtu gmn?,aku udh ulang” terus tp tetep putih kosong! cuma ada tulisan prmberitahuan dia atas

Cyberz
Guest
Cyberz

Mau upload di youtube, tapi enggak kena copyright sama sekali.
Saya yang benarkan?

Febian
Guest
Febian

Oh gitu pantesan kemarin q ngalamin kyk gt, baru tau hehehe.. Makasih infonya, ngebantu banget. Jd lebih hati2 sm karya orang sih ya 🙂

andin
Guest
andin

mas waktu itu saya masukin video yg lagunya kena copyright, terus saya ajukan banding. memang video tsb masuk. tetapi ketika saya hapus videonya di post ig saya udh tidak ada tapi di tulisan postnya masih ada dua post padahal foto saya cm satu. itu gmn ya

Katrina
Guest
Katrina

Mas saya itu orangnya seneng banget sama lagu India , sampai saya gak pernah terlambat update lagu lagunya.
Dan pada suatu hari saya menemukan aplikasi Viva Video dan didalamnya terdapat fitur tampilan slide foto.
Saya suka mengedit foto foto saya dengan back sound lagu india kesukaan saya, setelah saya selesai membuatnya, saya selalu mengunggahnya di media sosial seperti di Instagram dan sayajuga mengaktifkan fitur bagikan ke facebook di Instagram. Sekarang sudah ada delapan video dengan backsound lagu india terbaru yang sudah saya unggah.
Dan pada saat saya ingin mengunggah video lagi di Instagram dan membagikannya di Facebook, saya mendapat peringatan dari Facebook terkait video saya yang didalamnya ada lagu yang memiliki hak cipta.
Tetapi di Instagram saya tidak menerima peringatan sama sekali terkait video yang sama.
Jadi bagaimana cara mengatasinya?
Mengapa peringatan hanya muncul di Facebook dan di Instagram enggak ada?
Saya bingung dan jadi takut.
Padahal saya bukan untuk meraih keuntungan , tapi saya hanya untuk bersenang senang menghibur diri.
Tolong di jawab ya mas.
Saya mohon banget direspon.
Terima kasih

yudha
Admin

selama ga ada kepentingan komersial, harusnya aman aja mas…. bisa di abaikan sih sebenernya… cmiiw

siska
Guest
siska

mas, aku baru kejadian ini semalam, waktu aku ajukan banding dan seterusnya, tiba” gagal terupload video sy, dan bagian kolom notification saya isinya ilang semua, cuma tombol refresh gt di notifications sy, sy tekan tombol refreshnya tapi gagal terus, tulisannya cuma “tidak dapat memuat kabar berita” nahh itu gimana yah mas? apa notification akun sy udah rusak gak bisa kembali lagi atau hrs nunggu beberapa hari dulu.

Ariana
Guest
Ariana

Gue semalam kaya gitu juga..cuma masalahnya pas gue mau buka notif’y gak muncul page’y..gak bisa mau dihapus.blank gitu..biasanya bisa.ini gak bisa dibuka..kenapa itu ya? padahal instagram udah gue update

Pradnya
Guest
Pradnya

sama :(… gimana yaa?

Wede
Guest
Wede

Aku pernah gini, tp aku hapus tu video, di postingan tertulis post 10 padahal foto yg terlihat 9. Dan skrg semua foto di ig aku hapus tp dipost angka nya ada 1 post tp gabisa dilihat gitu deh gan.Gmn yaa cara memperbaikinya lagi?

Aco
Guest
Aco

Aku juga gini mas kayak mana ya caranya ngembaliin

Ridha
Guest
Ridha

Aku udah klik yg banding, terus juga sudah ada tulisan video anda sudah dikirim ulang. Tapi kenapa masih belum masuk di postingan ig ya?

Tri
Guest
Tri

Aku juga gini sama

Nurul
Guest
Nurul

Kalau kita tetep terusin upload video setelah banding tadi masalah g kedepannya….
Karena mungkin di ig dibatasi tapi kalau di youtobe enggak.. Gmn ya? Aman ga? Krn memang g da niat melanggar hak cipta

yudha
Admin

kalau aku sih taunya selama kita ga gunain untuk kepentingan commersial, biasanya ga akan ada tindakan keras dari yg punya hak cipta…

di youtube bebas sih, tapi video yg berhak cipta, sebagian penghasilan dari iklannya di berikan ke yg punya hak cipta, atau jika videonya bener2 copas tanpa ada tambahan konten, biasanya bisa di takedown dan diambil oleh yg punya hak cipta tsbt….

nana
Guest
nana

mas mau nanya tau gak cara mengembalikan akun yang dinon akifkan? stlah klik pelajari selngkapnya gak ada pilihan hubungi kami

juvanka.risti
Guest
juvanka.risti

Kalau kita tekan tulisan “HAPUS VIDEO” apa bakal dapet pelanggaran dari pemilik hak cipta

Mia
Guest
Mia

Ya saya juga hapus…tolong dijwb min .apa kah kita kena masalah

yudha
Admin

ga lah mas… kalau kita hapus ga akan apa2….. yg jadi masalah itu kalo kita tetap pake video berisi konten hak cipta tsbt. apalagi kalo dipake untuk keperluan yg terkait dengan keuangan (misalnya promosi produk, dsbnya..)

ita
Guest
ita

gw jg gt, tpi ada msalah nih stelah gw hpus. contoh, kan postingan gua cmn ada 6, tpi kok di bar bgian atas tertulis klau kiriman gw ada 8. cara ngatasin nya gmna tu??