Cara menambahkan link LINE ke bio instagram

Seperti yang kita ketahui, Instagram saat ini tidak hanya di gunakan untuk bermedia sosial saja, namun juga digunakan untuk bisnis dan promosi.

Sekarang hampir semua brand besar memiliki akun sosial media sendiri. Ada yang aktif di twitter, ada yang aktif di instagram, ada juga yang aktif di facebook. Semuanya kembali lagi ke target pasar mereka, tidak sedikit yang aktif dibeberapa platform sekaligus.

Nah, membahas mengenai hal ini tidak akan ada habisnya, karena scope bahasan akan sangat luas.

Ditulisan kali ini, bukugue.com hanya akan membahas terkait topik “cara menambahkan link line di bio Instagram” supaya kalian bisa menghubungkan antara instagram dan line kalian.

Ok langsung aja ke pembahasannya.

1. Buka aplikasi line kalian masing-masing. Setelah kalian berada di beranda line kalian tap “titik tiga”di pojok kanan bawah.

tap icon lainnya

2. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman seperti gambar di bawah. Selanjutnya masuk ke profil kalian dengan klik icon foto pojok kiri atas.

tap icon profil

3. Lalu kalian akan di bawa ke halaman profil kalian. Catat ID pengguna kalian. Jika masih kosong, bisa kalian buat dulu ID-nya.

catat id line kalian

4. Dicontoh diatas, id-nya adalah bujugue. Masukkan id tersebut ke link ini https://line.me/ti/p/~(idkamudisini), sebagai contoh, maka id-line bujugue jika diubah kebentuk link adalah https://line.me/ti/p/~bujugue. Kalian bisa gunakan aplikasi catatan untuk mengetik link line nya. Jika sudah jadi linknya, copy link tsbt.

5. Dilangkah ini kalian sudah punya link LINE dengan id kalian. Sayangnya link line tersebut tidak bisa langsung di paste di bio instagram. Kalian perlu mengubah dulu link-nya dengan url shortener (pemendek url). Disini kita akan pakai pemendek url bit.ly. Masuk ke situs bitly.com di browser kalian.

6. Paste atau masukkan link LINE kalian tadi di kolom “Persingkat tautan Anda”. Lalu tekan tombol “Mempersingkat”.

7. Jika sudah, link akan diubah jadi link bit.ly seperti digambar dibawah. Tekan “Salinan” untuk meng-copy link tersebut.

klik salinan untuk copi

8. Setelah itu, tutup atau minimize browser kalian. Lalu buka aplikasi Instagram kalian. Di Instagram, buka halaman profil kalian, lalu tap tombol “Edit Profil” seperti pada gambar dibawah.

9. Dibagian “Website”, paste link bit.ly tadi. Jika sudah, tap tanda centang dibagian atas untuk menyimpan.

10. Bisa dilihat dibagian bio, sudah muncul link tsbt. Untuk melihat hasilnya, kalian klik link bit.ly tersebut. Jika langkah-langkahnya benar, dan tidak ada kesalahan di link yang di copy-paste tadi, seharusnya kalian akan di redirect ke LINE seperti digambar dua. Selanjutnya pilih “Buka aplikasi LINE”.

11. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman link ID line yang tercantum di IG kalian tadi.

halaman ID line

12. Selesai.

Sampai disini kalian sudah berhasil menambahkan link LINE ke bio instagram kalian. Link LINE langsung sepertinya memang tidak bisa di tambahkan ke bio, aku sudah coba, dan bio IG tidak bisa disimpan. Tapi setelah link LINE-nya di mask dengan pemendek url bitly, maka tidak ada masalah.

BONUS (cara kedua membuat link line)

Jika diatas kita pakai metode manual dengan menggabungkan link standard dengan ID kita. Ada satu cara lagi untuk membuat link LINE. Link yang didapat nanti tidak menggunakan id kita, tapi berisi angka dan tulisan acak.

Hasil akhirnya tetap sama dengan cara diatas. Jadi ini alternatif tambahan aja kalau kalian malas meng-gabung-gabungkan link seperti dicara diatas.

Langsung aja.

1. Buka aplikasi LINE di smartphone kalian. Di tab “Friend”, tap ikon tambah teman seperti pada gambar.

2. Dihalaman Tambah Teman ini kalian tap “Undang”. Setelah itu akan muncul pilihan untuk mengundang dengan apa, pilih saja “Bagikan”.

3. Setelah itu akan muncul halaman kecil dari bawah layar, pilih “Gmail” untuk membagikan melalui Gmail.

klik Gmail

4. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman penulisan pesan Gmail, yang berisi pesan undangan default dari LINE. Didalamnya terdapat link LINE yang mengarah ke profil LINE kalian.

5. Kalian copy LINK tersebut, dan lanjutkan dengan mengubah link dengan url shortener seperti pada contoh diatas. Jika sudah, tinggal masukkan link yang sudah di ubah tsbt ke bio instagram kalian. Caranya sama saja seperti diawal tadi.

Bagaimana? mudah kan?


Ada banyak pemendek url di internet, mulai dari pemendek url yang gratis seperti bitly, ada juga yang berbayar. Ada yang tanpa iklan, ada yang pakai iklan. Ada yang buatan anak negeri (dengan domain .id), ada juga yang buatan luar seperti bitly tadi. Kalian bisa pilih suka-suka kalian.

Jika ada yang tidak dipahami atau ada saran terkait topik ini, silahkan tambahkan dikolom komentar.

Sekian pembahasan kali ini. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

This Post Has 2 Comments

  1. Riz

    Terima Kasih..sangat membantu

    1. yudha

      sip deh.. senang bisa membantu..

Tinggalkan Balasan