3 Cara Membuat Status Musik di Whatsapp

Bosan dengan update status WA berupa tulisan atau foto melulu? Kenapa kalian nggak coba bikin status musik di whatsapp? Seru deh pastinya.

Kalian bisa share ke teman-teman di whatsapp lagu yang sedang kalian sukai. Siapa tahu kamu malah bisa bounding lagi sama teman-teman se-WA yang sudah lama nggak saling chit-chat dan sama-sama suka lagu itu.

Ada beberapa cara untuk membuat video 30 detik dengan lagu favorit kalian, yang paling simpel adalah dengan “rekam”, kalian tidak perlu aplikasi tambahan apa-apa, tapi kekurangannya jelas dari kualitas audio yang rendah.

Kalau mau kualitas audionya sebagus lagu yang kalian dengarkan, maka perlu aplikasi tambahan untuk proses pembuatannya. Selain itu hasilnya juga lebih keren, tapi memang memakan waktu lebih lama.

Kalau dengan cara “rekam”, ga sampe 1 menit bisa upload status musik tapi kalau dengan cara editing dengan aplikasi setidaknya akan butuh waktu 5 menitan sih.

Saranku sih untuk buat dengan aplikasi, tapi disini aku akan jelaskan semua caranya, teman-teman bisa gunakan cara yang paling cocok saja.

A. Buat status musik dengan rekam lagu dari perangkat lain

Kalian yang suka banget posting status WA pasti sudah tahu ada 1 fitur yang bisa merekam video dengan meng-hold layar HP. Nah, fasilitas ini bisa kalian manfaatkan untuk merekam video musik yang sedang diputar.

Cara mudahnya bisa kamu ikuti berikut ini:

1. Buka whatsapp kalian, lalu masuk ke halaman pembuatan status.
2. Putar lagu yang mau diposting dari gadget lain seperti laptop, iPod, ataupun HP lainnya

3. Bersamaan dengan itu, di halaman pembuatan status, tekan dan tahan untuk mulai merekam video.
4. Arahkan kamera hp ke tempat yang kalian suka asalkan masih dekat dengan sumber suara lagu.
5. Tekan dan tahan selama durasi yang kalian perlukan

6. Video berisi lagu siap kalian posting. Kalian bisa menambahkan ornamen lain seperti stiker, GIF atau teks dalam videonya.

B. Buat status musik dengan rekam lagu dari HP yang sama

Prinsipnya sama banget dengan cara pertama diatas, tapi disini kita tidak memakai perangkat lain untuk memutar lagu, melainkan dengan perangkat yang sama.

Di semua jenis HP, pasti ada aplikasi pemutar lagu. Kalaupun tidak ada, kalian bisa cari dan download aplikasi streaming lagu seperti spotify atau soundcloud di playstore.

Intinya pastikan bahwa kalian bisa memutar musik di ponsel tersebut. Setelah itu tinggal ikuti proses dibawah ini.

  1. Buka aplikasi musik di ponsel kalian.
  2. Putar lagu yang kalian inginkan. Lalu, tekan PAUSE pada lagu tersebut.
  3. Kembali ke HOME dengan kondisi lagu ter-PAUSE itu.
  4. Lalu, masuk ke Whatsapp. Klik ikon + di halaman status untuk masuk ke pembuatan status.
  5. Kemudian buka lagi aplikasi musik tadi yang ada di bagian atas layar hp kalian atau Klik PLAY supaya lagu terputar lagi.
  6. Di Whatsapp, kalian tinggal tekan dan tahan untuk mulai merekam status musik tsbt. Untuk kamera bisa ditutup dengan jari, atau bisa diarahkan kemanapun kalian mau.
  7. Setelah selesai merekam, kalian bisa edit sedemikian rupa, seperti menambahkan emoji, dll.
  8. Selanjutnya, tinggal posting status musik tadi.

Jika sedikit sulit membayangkan langkah diatas, ini video penjelasan dari rayyan tutorial yang menjelaskan hal yang sama.

C. Buat status musik di whatsapp dengan aplikasi Audio status maker

Untuk menyisipkan sebuah lagu dengan kualitas tinggi ke dalam status, kita membutuhkan bantuan dari aplikasi lain yang bisa kita download di playstore. Untuk ukuran aplikasinya pun tidak begitu besar karena kalian cuma butuh ruang sekitar 18 MB saja. Ok langsung saja ke langkah-langkahnya.

1. Install dulu aplikasi “Audio Status Maker”, jika sudah, buka aplikasinya..

2. Berikut tampilan aplikasi “Audio Status Maker”. Disini kalian bisa membuat video dengan gambar statis. Ikutin saja prosesnya semua biar paham. Disini, aku menambahkan teks agar tidak kosong saja videonya.

3. Untuk menambahkan lagu, kalian klik audio, icon headphone yang ada di pojok kiri bawah. Jika sudah akan muncul halaman kecil dengan dengan beberapa pilihan, kalian bisa pilih “pick audio”.

4. Jika sudah, maka kalian akan dibawa ke halaman audio music kalian. Kalian bisa pilih lagu yang mana yang akan dipakai, tap saja pada nama lagunya..

5. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman pemilihan audionya. Kalian bisa putar musiknya untuk melihat di detik berapa kalian akan gunakan musiknya.

6. Jika sudah kalian tentukan di detik berapa kalian akan mulai dan berhenti. Kalian bisa tap “Done”.

7.Jika sudah biasanya akan muncul icon baru berbentuk note music.

8. Selain menambahkan lagu, kalian bisa mempercantik tampilan status dengan menggunakan fitur lainnya. Silahkan di explore sendiri.

9. Jika sudah selesai menambahkan caption, foto dan lagunya, kalian bisa langsung share hasilnya ke status whatsapp kalian. Untuk melakukan hal tsbt, cukup tekan tombol “share” seperti pada gambar.

10. Jika sudah akan muncul halaman kecil “creating status” tunggu prosesnya selesai. Setelah selesai akan muncul bar kecil di bagian bawah, kalian klik saja icon whatsapp.

11. Diaplikasi whatsapp akun muncul pilihan untuk kirim kemana. Pilih saja “Status saya”, lalu tekan tombol “Send”.

Selain membagikan hasil audio/video musiknya sebagai status whatsapp, kalian juga bisa membagikanya ke media sosial yang lain seperti facebook dan Instagram sebagai “cerita” atau “story”. Selain bisa menuangkan ekspresi dalam sebuah status tentunya kalian bisa mengasah kreatifitas kalian dengan aplikasi ini.

Oh iya untuk hasil status yang kalian buat di “Audio status maker” ini akan terhapus jika kalian sudah keluar dari aplikasinya. Jadi untuk menyimpan hasilnya kalian bisa ambil dari status yang sudah kalian upload di whatsap kalian.


Aku rasa cukup jelas penjelasan bagaimana membuat video atau audio musik untuk status whatsapp. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkicau dikolom komentar dibawah ini.


Tulisan ini pertama ditulis oleh Ulfah, dan di edit serta di update oleh penulis sekarang.

This Post Has 2 Comments

  1. Afni

    Kak, bagaimana cara buat lagu pas ada yg chat kita di WA

Tinggalkan Balasan