Cara menambahkan status pendidikan dan pekerjaan di facebook

Seberapa lengkap informasi pribadi yang kamu tambahkan di akun Facebook kamu? Jika kamu belum menambahkan informasi penting seperti status pendidikan dan pekerjaan, sebaiknya kamu tambahkan terlebih dahulu. Mengapa?

Jika kamu menambahkan informasi tersebut, maka kamu akan dengan mudah menemukan teman, kelompok, ataupun komunitas yang kita kenal dan sesuai dengan informasi tersebut.

Informasi tersebut juga berguna ketika seseorang yang ingin mencari akun milikmu, maka orang tersebut akan menemukanmu dengan mudah.

Lalu bagi kamu yang belum tau bagaimana cara menambahkan status pendidikan dan pekerjaan di Facebook, aku akan menjelaskan nya disini. Silahkan disimak.

Cara membuat status riwayat pendidikan di Facebook

1.Pertama, kamu harus login terlebih dahulu ke akun Facebook kamu. Disini aku menggunakan Facebook Lite. Jika kamu menggunakan browser HP ataupun aplikasi Facebook yang asli, silahkan mengikuti saja. Caranya tak jauh berbeda.

Jika kamu sudah masuk di halaman beranda kamu, silahkan pilih ikon bergaris tiga pada menu sebelah kanan.

Tampilan halaman beranda Facebook
Tampilan halaman beranda Facebook

2.Maka akan muncul tampilan pada gambar. Kamu pilih “Lihat profil saya” untuk masuk ke halaman profil Facebook kamu.

pilih “Lihat profil saya” untuk masuk ke halaman profil Facebook kamu.
pilih “Lihat profil saya”

3.Selanjutnya kamu pilih “Edit perincian” atau pada gambar yang aku beri kotak.

“Edit perincian” untuk mengedit informasi Facebook kamu
“Edit perincian” untuk mengedit informasi Facebook kamu

4.Nah, kamu sekarang sudah berada di mode edit. Kamu tinggal memilih “+ Tambahkan SMA”  untuk menambahkan status pendidikan SMA kamu.

pilih “+ Tambahkan SMA” 
pilih “+ Tambahkan SMA” 

5.Maka akan muncul halaman untuk mencari nama sekolah kamu. Silahkan cari nama sekolah kamu.

cari sekolah kamu
cari sekolah kamu

6.Setelah kamu pilih nama sekolah yang kamu cari, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Kamu isikan masing – masing form tersebut. Isilah form “Deskripsi” dengan singkat, seperti alamat sekolah kamu. Jika kamu tak ingin mengisi form tersebut juga tidak masalah.

Tampilan halaman saat mengedit informasi sekolah
Tampilan halaman saat mengedit informasi sekolah

Berikutnya, kamu bisa mengubah form yang ku beri nomor 2 sesuai dengan jenjang pendidikan kamu.

Jika kamu pilih form tersebut, kamu akan dihadapkan dengan tiga pilihan, yaitu “SMA”, “Perguruan Tinggi”, dan “Pasca Sarjana”. Karena kamu sedang menambahkan status pendidikan SMA, maka kamu tak perlu mengubah form yang ku beri nomor dua tersebut.

Pada form yang ku beri nomor 3, jika kamu sudah lulus dari jenjang SMA silahkan ceklist form tersebut.

Selanjutnya, jangan lupa tambahkan “Jangka waktu (Tahun)” pada form nomor 4 untuk menginformasikan tahun berapa kamu mulai masuk SMA dan tahun berapa kamu lulus SMA.

Lalu yang terakhir, kamu bisa memilih siapa yang akan dapat melihat status pendidikan mu. Kamu bisa mengubahnya di form di nomor 5. Disana kamu bisa mengubah sesuai dengan keinginan kamu. Apakah kamu ingin membagikannya dengan publik, teman, atau hanya kamu sendiri.

Nah, jika kamu sudah selesai mengisi setiap form tersebut, silahkan pilih “Simpan” untuk menyimpan pengaturan yang sudah kamu buat.

7.Selanjutnya, jika kamu ingin menambahkan status pendidikan tinggi yang sudah kamu tempuh, silahkan pilih “+ Tambahkan perguruan tinggi”  untuk menambahkan status perguruan tinggi yang kamu tempuh.

pilih “+ Tambahkan perguruan tinggi” untuk menambahkan status perguruan tinggi yang kamu tempuh.
pilih “+ Tambahkan perguruan tinggi” untuk menambahkan status perguruan tinggi yang kamu tempuh.

Untuk cara selanjutnya masih sama seperti kamu menambahkan status SMA yang sudah di jelaskan diatas. Kamu hanya perlu mencari nama perguruan tinggi, lalu kamu isikan form yang tersedia dan pilih simpan jika sudah dirasa lengkap.

Cara menambahkan status pekerjaan (tempat kamu bekerja) di Facebook

1.Untuk menambahkan status pekerjaan di Facebook kamu, caranya sama seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kamu hanya perlu memilih “+ Tambahkan pekerjaan” untuk menambahkan status pekerjaan.

Pilih “+ Tambahkan pekerjaan” untuk menambahkan status pekerjaan.
Pilih “+ Tambahkan pekerjaan” untuk menambahkan status pekerjaan.

2.Lalu kamu akan dihadapkan pada halaman pencarian. Silahkan cari nama bisnis, nama kantor atau perusahaan dimana tempat kamu bekerja.

Jika kamu sudah memilih tempat dimana kamu bekerja. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Silahkan isikan form – form tersebut.

Tampilan halaman saat mengedit informasi pekerjaan
Tampilan halaman saat mengedit informasi pekerjaan

Pada form nomor 1 kamu isikan posisi kamu di perusahaan atau kantor tersebut. Lalu pada form nomor 2 kamu bisa menambahkan deskripsi sesuai keinginan kamu. Jika tidak ingin mengisikan deskripsi juga tidak masalah.

Lalu pada form yang ke 3, kamu bisa memberi ceklist jika kamu memang masih bekerja pada perusahaan tersebut.

Dan yang terakhir yaitu form ke 4, kamu bisa mengatur sesuai dengan keinginan kamu. Apakah kamu ingin membagikannya dengan publik, teman, atau hanya kamu sendiri.

Jika sudah mengisi semua form, kamu bisa memilih “Simpan” untuk menyimpan pengaturan

3.Setelah kamu menyimpan pengaturan tersebut,  maka kamu sudah bisa melihat status pendidikan dan pekerjaan yang sudah kamu tambahkan tadi. Jika sudah cukup, silahkan klik “Simpan” untuk menyimpan pengaturan status pendidikan dan pekerjaan kamu. Selesai.

Tampilan status pendidikan dan pekerjaan yang sudah kamu tambahkan.
Tampilan status pendidikan dan pekerjaan yang sudah kamu tambahkan.

Kesimpulan

Menambahkan status pendidikan dan pekerjaan pada akun Facebook kamu ternyata penting. Orang akan dengan mudah menemukan kamu. Begitu juga kamu. Kamu akan mudah menemukan orang lain, baik itu sahabat, teman lama atau siapaun.

Karena biasanya pihak Facebook akan memberikan kamu rekomendasi teman yang berasal dari sekolah ataupun kampus yang sama, ataupun pekerjaan yang sama.

Share woy :D

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan