Kenapa instagram lemot dan ngelag? Apa solusinya?

Saat ini, media sosial seolah-olah sudah masuk ke ranah kebutuhan utama kebanyakan orang, anak-anak muda khususnya.

Salah satu media sosial yang sangat digemari oleh anak muda adalah Instagram. Media sosial yang satu ini, lebih fokus kepada membagikan foto atau video ke penghuni dunia maya.

Namun, apa jadinya kalau pas lagi enak-enaknya menjelajahi dunia Instagram, Instagram jadi lemot, tiba-tiba muncul notifikasi “Sayangnya aplikasi Instagram telah berhenti” (biasa disebut dengan force close), atau yang paling parah menjadikan hpmu ngelag bahkan ngehang, sampai tidak bisa diapa-apakan?

Kalau pengalamanku sih, ada perasaan malas, geregetan, dan berbagai emosi negatif lainnya. Maklum saja, HP-ku ini termasuk HP yang biasa-biasa saja, HP dengan spesifikasinya pas-pasan, ehehe.

Apakah kamu juga pernah mengalami hal itu?

Usut punya usut, aku sempat bertanya kepada temanku, seorang pengguna iPhone, ternyata mereka juga pernah mengalami hal yang sama, ketika sedang membuka Instagram, Instagram lemot. Jadi, jangan terlalu khawatir kalau Instagrammu lemot, bukan hanya dirimu seorang yang mengalami hal tersebut.

Nah pertanyaannya, apa penyebab masalah ini dan bagaimana mengatasinya. Iya kan?

Kenapa instagram lemot dan suka ngelag ?

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti untuk hal ini, tapi beberapa hal berikut bisa jadi penyebab kenapa instagram terasa lambat di HP kalian.

  1. Jaringan internet kalian lambat atau tidak stabil
  2. Resource seperti RAM, CPU, dan memori penyimpanan di HP kalian yang kelewat penuh sehingga aplikasi instagram jadi lebih lambat
  3. Kesalahan di server instagram (bug, error, kesalahan system lainnya)
  4. Aplikasi Instagram yang sudah tidak lagi up-to-date
  5. Aplikasi instagram kelewat berat (cache yang bertumpuk)
  6. Diblokir kominfo (pemerintah).
  7. dll

Aku rasa kalau mau dicari-cari, bukan tidak mungkin puluhan hal bisa dicurigai sebagai penyebab hal ini.

Penting memang untuk tau penyebabnya, agar bisa menerapkan solusi yang tepat, tapi buat yang tidak pandai teknologi, hal ini mungkin lebih sulit dilakukan. Jadi kita tidak akan fokus ke penyebab, tapi lebih ke solusinya.

Cara mengatasi instagram yang lemot dan suka ngelag

Solusinya disini ada beberapa, jadi langsung kita mulai saja.

1. Cek koneksi internet

Ini hal yang pertama yang perlu dilakukan, cek apakah jaringan stabil. Coba buka youtube atau twitter, kalau koneksi kesana lancar, berarti masalahnya bukan di koneksi internet. Jadi pastikan bukan ini masalahnya, barulah masuk kelangkah berikutnya.

2. Restart HP

Ini juga yang paling sering disarankan, tapi ini penting.

Dengan merestart HP, HP akan mati dan memulai proses dari awal lagi, artinya tidak banyak aplikasi yang berjalan dibackground, efeknya RAM dan CPU akan lebih longgar, kinerja HP lebih optimal.

Atau alternatif lain, tutup aplikasi lainnya dengan cara buka “menu recent apps”, tap “icon silang”. Tapi dari pada menutup aplikasi, jauh lebih efektif lagi proses “restart” tadi.

3. Update aplikasi Instagram ke versi terbaru

Kamu perlu mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbaru. Tidak dapat dipungkiri, kestabilan performa Instagram akan meningkat setiap pembaharuan. Logika sederhananya, apapun itu, semakin diperbarui, semakin bagus, semakin canggih, semakin menuju ke arah yang lebih baik. Sama seperti aplikasi Instagram, semakin diperbarui, kemungkinan besar akan semakin bagus, dalam hal ini semakin stabil.

Atasi IG Lemot

Untuk menggunakan aplikasi Instagram terbaru, kamu bisa mengunduhnya melalui Appstore/Google Play Store. Caranya, buka Appstore/Google play store, ketikkan Instagram di kolom pencarian, pilih Instagram, lalu tap “update”. Jika tidak ada pilihan update artinya kamu sudah menggunakan versi Instagram yang paling baru.

4. Reinstall aplikasi Instagram

Yang dimaksud reinstall di sini adalah coba install ulang aplikasi Instagrammu, dengan menginstall ulang aplikasi Instagram, maka akan memulai lagi dari nol. Namun, pastikan kamu mengingat username/email dan password akunmu sebelum menginstall ulang aplikasi Instagram.

Caranya hapus aplikasi Instagram, selanjutnya, download lagi dari Appstore/Google Play Store. Jika pertama-tama menggunakan aplikasi Instagram terasa lemot, itu hal yang wajar, mungkin masih menyesuaikan, kemarin aku juga mendownload aplikasi IG, pertama kali buka, lebih lemot, setelahnya lebih lancar.

5. Hapus riwayat pencarian Instagram

Menghapus riwayat pencarian Instagram juga bisa mempercepat kinerja Instagram karena kita menambah ruang kosong di penyimpanan instagram kita.

Caranya cukup mudah, buka aplikasi Instagram, langsung menuju halaman profilmu dengan tap “icon ava IG yang ada di pojok kanan bawah”, jika sudah di halaman profil, tap “tiga garis yang ada di pojok kanan atas” tap “Pengaturan”

atasi IG lemot
Buka profil – tap garis tiga – tap pengaturan

Selanjutnya masuk ke menu “Keamanan” cari “Riwayat pencarian”. Pada menu riwayat pencarian akan muncul berbagai kata kunci yang pernah kamu cari. Untuk menghapusnya tap “Hapus semua”.

6. Hapus cache Instagram dan aplikasi lainnya

Cache ini berfungsi untuk menyimpan data-data terdahulu dari riwayat berselancar di Instagram. Jika data-data ini tidak dihapus, lama kelamaan akan menumpuk menjadi sampah. Oleh karena itu, kita harus sering-sering membersihkan cache.

Caranya cukup mudah, buka “Setting” lalu pilih menu “Application” lalu pilih “Instagram”, tap “clear cache”. Kamu juga bisa menghapus cache aplikasi lain dengan klik aplikasi yang ingin kamu hapus cachenya, lalu tap clear cache.

7. Update OS HP-mu

Cobalah untuk mengupdate OS yang ada di HP-mu, jika ada pemberitahuan mengenai pemberitahuan OS, biasanya akan muncul di notifikasi HP-mu. Dengan mengupdate OS HP kamu, kinerja HP akan lebih stabil, dan (semoga) tidak lemot lagi.

8. Longgarkan memori internal

Cara ini nampaknya sepele, tetapi ruang kosong di memori internal akan memengaruhi kinerja HP. Semakin banyak ruang kosong di memori internal, akan semakin cepat kinerja HP. Apa yang harus dilakukan? Hapus aplikasi-aplikasi sudah tidak kamu gunakan, hapus data seperti foto, dokumen, mp3, dll yang sudah tidak digunakan lagi. Cara ini ampuh untuk mempercepat kinerja HP secara keseluruhan.

Penyebab Instagram lemot yang tidak ada solusinya

Yang terakhir ini, masalah “lemot” yang tidak bisa kita atasi sendiri. Untuk hal ini, tidak ada solusinya, kita hanya bisa pasrah.

Pertama bisa karena server instagram yang bermasalah. Hal ini sudah kejadian beberapa kali, dan biasanya tidak berlangsung lama. Jarang yang bermasalah sampe lebih dari sehari.

Selain itu instagram juga bisa mengalami “down” karena mungkin sedang diblokir kominfo. Jadi, untuk masalah “lemot” yang satu ini, kita tidak bisa berkutik, alias satu-satunya cara ya dengan bersabar meununggu sampai pihak berwajib mengatasi masalah, dan berhasil memperbaikinya.


Pada intinya, untuk mengatasi Instagram lemot, coba longgarkan memori internal HPmu dengan hapus data-data yang sudah tidak kamu gunakan lagi, hapus cache aplikasi Instagram maupun aplikasi lain, cek koneksi internet, gunakan Instagram versi terbaru, pastikan HP di maintan dan optimize secara berkala untuk menghapus data-data dan aplikasi yang tidak bermanfaat.

Cukup mudah bukan? Coba kamu praktikkan solusi-solusi di atas, jika punya solusi lain, tinggalkan di komentar, ya!

Andreas Aditya Yoga Prasasta

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

Tinggalkan Balasan