LINE ngelag dan lemot? Ini cara mengatasinya

Pernah ngerasain aplikasi LINE kalian tidak responsif? ngelag dan patah-patah? atau lemot ketika di gunakan?

Ini hal yang wajar, seringkali hal ini terjadi bukan karena salahnya aplikasi tersebut, tapi kesalahan pengguna yang “gaptek” sehingga terjadi lah hal demikian. “Gaptek” pun sebenarnya juga hal yang wajar, tidak semua orang punya ketertarikan tinggi dibidang teknologi.

Ok, sebelum topiknya melebar kemana-mana, aku akan jelaskan beberapa penyebab LINE ngelag atau lemot.

  1. LINE berjalan dengan RAM dan CPU, ini komponen didalam HP/tablet yang berfungsi untuk menjalankan seluruh fungsi yang ada di HP. Kalau salah satunya terpakai 100%, yang lain tidak kebagian “resource” sehingga ngelag dan lemot
  2. Data dan cache yang menumpuk, bisa memberatkan aplikasi LINE
  3. Memori penyimpanan yang penuh, menyebabkan lambatnya proses pembacaan memori yang berimbas seluruh aplikasi lain juga terasa lambat.
  4. Dll

Nah untuk mengatasi hal ini, ada beberapa solusi yang bisa kalian coba. Berikut aku jabarkan satu persatu.

8 Solusi LINE lemot dan ngelag

Coba mulai dari yang paling atas, baru lanjutkan kelangkah berikutnya. Jika sudah bisa hilang lemotnya, sebaiknya tetap lanjutkan kelangkah berikutnya, karena proses dibawah ini juga bertujuan mengoptimasi perangkat kalian sehingga keseluruhan system bisa berjalan lebih baik/lancar/cepat.

1. Tutup aplikasi lain yang sedang berjalan

Dengan banyaknya aplikasi yang running sekaligus, tentu memberatkan CPU dan RAM ponsel kalian. Coba tutup semua aplikasi dan buka ulang LINE. Jika masalah belum kelar, lanjut keproses berikutnya.

Tutup Aplikasi

2. Restart perangkat

Ini adalah langkah yang paling sering disarankan. Dengan merestart perangkat, semua aplikasi lain yang sedang berjalan (bahkan yang berjalan di background) akan otomatis mati, sehingga memberi ruang di RAM dan CPU, jika penyebab masalahnya adalah CPU dan RAM yang penuh, merestart perangkat bisa efektif menyelesaikan masalah ini.

Restart Android

3. Bersihkan cache dan data LINE

Cache sendiri adalah tempat penyimpanan sementara pada sebuah aplikasi. Tidak hanya LINE, semua aplikaisi di Android pasti mempunyai Cache. Untuk mengatasi LINE lemot, yang perlu kalian lakukan adalah menghapus cache agar aplikasi LINE kalian jadi lebih ringan.

Hapus Cache

Untuk menghapus cache setiap smartphone berbeda cara. Namun cara yang paling umum adalah dengan cara masuk ke pengaturan telpon, lalu kalian pilih aplikasi terinstal, setelah itu pilih aplikasi LINE, disana lanjutkan dengan menghapus cache atau data. Kalau menghapus data, pastikan bahwa kalian bisa login, jadi harus tau detail loginnya.

4. Update aplikasi LINE keversi paling baru

Selanjutnya adalah masalah Bug didalam aplikasi. Bug ini biasanya dikarenakan adanya beberapa kesalahan yang terjadi pada sebuah aplikasi. Sumber masalahnya bisa dari aplikasi, atau konflik dengan system atau dengan server-nya sendiri. Oleh karena itu setiap aplikasi perlu diupdate regular, untuk memperbaiki bug atau error ini.

Begitu juga halnya dengan LINE.

Untuk mengupdate LINE, kalian bisa langsung masuk ke app store di HP masing-masing. Dan cari aplikasi LINE. Jika minta diupdate, langsung update saja.

Update line

5. Instal ulang aplikasi LINE

Mengupdate itu menimpa aplikasi lama dengan update-an terbaru. Seringkali file atau berkas dari versi lama juga tertinggal. Jadi jika setelah diupdate masalah belum juga hilang, coba untuk uninstall LINE-nya. Lakukan cleaning dengan aplikasi cleaner seperti “avast cleanup”, “ccleaner”, dll.

Setelah di clean satu kali, baru coba install ulang LINE nya.

Instal Ulang line

6. Uninstall aplikasi lain yang sudah tidak terpakai lagi

Kali ini kita akan optimize memori penyimpanan.

Tidak bisa dipungkiri, aplikasi lain yang tidak terpakai juga ikutan memakai memori penyimpanan internal di ponsel kita. Jadi disini yang perlu kita lakukan adalah membersihkan memori internal, agar laju pembacaan memori lebih cepat, yang efeknya seluruh system termasuk LINE kalian akan bisa diakses lebih cepat.

Uninstal Aplikasi Tidak Terpakai
aplikasi IG memakan memori penyimpanan 357MB

Jika kalian punya memori internal 8 GB, biasanya system sudah memakan sekitar 2GB, sisa 6GB untuk aplikasi lain. Aplikasi seperti whatsapp dan instagram, yang biasa kita pakai, itu bisa memakan sekitar 1GB total memori internal. Belum puluhan aplikasi lainnya, ini lah yang bikin memori internal full.

Jadi mulai dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan sama sekali, lalu dengan menghapus aplikasi yang jarang dipakai. Kalau kalian pakai hanya 1 kali beberapa bulan aplikasinya, ada baiknya di buang dulu dan install lagi nanti bila perlu.

7. Menyederhanakan Homescreen

Banyak sekali orang yang membuat Homescreennya terlihat tidak biasa seperti penggunaan launcher tidak resmi, penambahan tema, gambar bergerak, dan masih banyak lagi.

Homescreen kalian memang akan kelihatan keren. Tapi, hal ini memakan resource CPU dan RAM yang cukup besar. Jadi jika ponsel kalian bukan ponsel HIGH-END, pemakaian launcher seperti ini bisa bikin seluruh system kalian terasa ngelag dan ini juga ikutan terasa di aplikasi LINE.

Jadi, coba balikin system launcher ke default.

Setelah itu coba restart ulang HP, dan pastikan launcher sudah yang default, lalu testing aplikasi LINE-nya. Harusnya dengan hal ini, LINE (dan seluruh system kalian) akan berjalan lebih cepat.

Menyederhanakan Homescreen
Menyederhanakan Homescreen

8. Gunakan aplikasi versi LITE

Dengan menggunakan aplikasi versi LITE yang memang didesain untuk penggunaan ponsel spek menengah kebawah, hal ini bisa mempercepat jalannya aplikasi yang kalian akses tersebut.

Jika semua cara diatas sudah dilakukan, namun aplikasi LINE masih terasa lemot. Saatnya untuk beralih ke LINE Lite.

Line Lite

Kesimpulan dan saran

Jika kalian punya waktu lebih, ganti aplikasi lainnya seperti instagram atau facebook dengan versi LITEnya, ingat aplikasi ini juga memakan memori penyimpanan, resource CPU dan RAM, jadi jika kalian suka buka beberapa aplikasi berat ini bersamaan, tidak peduli seberapa bersih LINE kalian, tetap aja akan terasa lemot, karena resource juga dimakan aplikasi lainnya.

Jangan lupa untuk sering-sering membersihkan perangkat dari data yang tidak berguna. Gunakan cloud storage untuk penyimpanan file sehingga memori di HP bisa lebih kosong.

Intinya, lakukan perawatan ke ponsel kalian, jangan biarkan sampah menumpuk di memori internal. Jangan biarkan aplikasi yang tidak penting memakan resource RAM dan CPU ponsel kalian, selain bikin baterai cepat habis, aplikasi lainnya jadi bisa lebih lelet.


Itulah bagaimana cara mengatasi line yang lemot atau lambat. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa kalian tulis di kolom komentar. Semoga artikel ini bisa membantu.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan