Mengenal Twitter Blue, 13+ Kelebihannya dan Harganya

Twitter terus berinovasi. Banyak sekali fitur-fitur maupun program-program yang diluncurkan oleh Twitter baru-baru ini. Salah satunya yang paling popular adalah munculnya Twitter Blue.

Twitter telah merilis Twitter Blue di Indonesia pada Kamis, 19 Februari 2023 lalu. Sebelumnya, Twitter telah merilis layanan Twitter Blue ini di Australia, Amerika Serikat, hingga Kanada. Animo pengguna Twitter cukup besar terhadap hadirnya layanan ini. Apalagi setelah melihat manfaat atau keuntungan yang akan di dapatkan oleh pengguna.

Sebenarnya apa itu Twitter Blue? Apa keuntungannya dan berapa harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya? Mari kita bahas.

Apa itu Twitter Blue?

Dilansir dari laman resmi Twitter, Twitter Blue adalah Twitter versi premium dimana pengguna dapat berlangganan bulanan atau tahunan sehingga dapat mengakses fitur eksklusif yang disediakan Twitter. Pengguna Twitter Blue dapat meng-kostumisasi Twitter-nya sendiri sehingga pengguna dapat bebas berkreasi dan berkonten tanpa ada fitur yang dikunci oleh Twitter.

Kriteria yang akun yang bisa mendaftar Twitter Blue

Untuk mendaftar Twitter Blue, akun kamu harus memenuhi sejumlah kriteria.

  1. Akun Twitter berusia lebih dari 90 hari.
  2. Akun Twitter haruslah aktif di 30 hari terakhir.
  3. Akun Twitter yang baru saja mengganti profil, nama tampilan, dan nama pengguna dalam 3 hari terakhir tidak bisa mendaftar Twitter blue.
  4. Akun juga sudah harus menambahkan dan memverifikasi nomer HP.

Apa keuntungan atau Manfaat mendaftar Twitter Blue?

Kalau bertanya tentang keuntungannya, aku rasa cukup banyak. Terutama dalam hal fitur. Pengguna yang sudah berlangganan Twitter Blue akan dapat mengakses seluruh fitur premium yang dimiliki Twitter.

Kurang lebih sekitar ada 14 fitur yang dapat dinikmati oleh pengguna Twitter Blue. Untuk lebih rinci lagi , berikut ini adalah sederet keuntungan yang didapatkan oleh pengguna Twitter Blue

1. Dapat meng-upload video lebih panjang

Jika di Twitter biasa, kamu hanya bisa mengunggah video maksimal berdurasi 4 menit di semua platform. Kalau di Twitter Blue, kamu bisa mengunggah video hingga berdurasi 60 menit (1080p) di situs web twitter.com dengan ukuran file maksimum 2GB atau video berdurasi 10 menit untuk di Android dan iOS.

Nah, jadi kalau kamu ingin mengunggah video berdurasi lebih dari 10 menit, unggahlah melalui web twitter.com

2. Dapat mengetweet lebih panjang

Kalau di Twitter biasa, kamu hanya dapat mengetikkan sampai 280 karakter saja. Kalau ingin mendapatkan jatah karakter yang lebih banyak supaya dapat mengetweet yang lebih panjang, ya berlangganan Twitter Blue solusinya.

Di Twitter Blue, kamu bisa mengetweet dengan puas. Pasalnya, Twitter Blue memberikanmu jatah 4000 karakter untuk mengetweet. Sangat jauh berbeda dengan Twitter biasa, bukan? Di Twitter Blue, kamu tidak akan merasa kesal karena sisa karakter untuk menulis tweet yang kamu punya sudah habis.

3. Foto profil NFT

Apa itu NFT? Singkatnya, Non Fungible Token (NFT) adalah sebuah asset digital, dimana seseorang dapat mewakili karya seni mereka dalam bentuk digital yang menggunakan teknologi blokchain.

Jadi intinya jika kamu pengguna Twitter dan memiliki sejumlah NFT, kamu bisa menautkan dompet kripto kamu ke Twitter, kemudian kamu bisa memasang NFT milikmu sebagai foto profil.

Memang sudah banyak yang memasang foto profil NFT di Twitter, tetapi jika kamu adalah pengguna Twitter Blue, kamu akan mendapatkan symbol khusus yang menandakan kalau NFT kamu sudah ter-autentikasi pihak Twitter. Sehingga pihak Twitter dapat menjamin bahwa NFT yang dipasang oleh pengguna di Foto Profil mereka adalah pemilik resmi NFT tersebut.

4. Membuat dan mengelola folder markah

Kamu memiliki sejumlah markah atau tweet tersimpan di Twitter? Jika kamu berlangganan Twitter Blue, kamu bisa mengelompokkannya. Kamu bisa mengelompokkan per topik tertentu untuk memudahkan akses. Kamu juga bisa membuat folder privat.

Jadi mulai sekarang, daftar markah yang kamu punya tidak akan berantakan lagi. Selain itu, kamu bisa menyimpan beberapa markah kamu secara privat.

5. Fitur mode pembaca

Fitur pembaca atau reader mode membuat sebuah utas di Twitter menjadi mudah dibaca. Fitur ini memungkinkan sebuah utas dijadikan tampilan sekali baca sehingga kamu tidak bingung urutan utas yang biasanya tercampur dengan komentar-komentar pengguna.

Pengguna Twitter yang suka sekali membaca Thread, fitur ini akan sangat ditunggu-tunggu.

6. Pilihan ikon aplikasi

Ketika kamu sudah berlangganan Twitter Blue, kamu dapat memilih design atau warna ikon aplikasi sesuai dengan keinginan kamu.

Kamu diberikan beberapa pilihan dan kamu bebas ingin menggunakan tampilan ikon yang mana. Fitur ini membuat kamu tidak akan bosan melihat ikon Twitter yang biasanya serba biru itu.

7. Fitur batalkan tweet

Bagi kamu yang selama ini sering mengeluh karena tweet mu tidak dapat dibatalkan, selamat datang di Twitter Blue dimana kamu bisa membatalkan tweet yang sudah terlanjur kamu posting.

Kalau di Twitter biasa sih tidak bisa. Hanya ada di Twitter Blue saja.

Jadi intinya ketika kamu posting sebuah tweet, Tweetmu sesungguhnya masih belum dapat dilihat oleh pengguna lain. Kamu bisa setting tweet kamu agar bisa undo-able (dalam waktu tertentu), sebelum Tweet-mu terposting.

Enaknya ngomong sih, kamu diberikan sebuah preview sebelum tweet mu benar-benar dilihat pengguna lain. Nanti akan muncul opsi “Send now” atau “Undo”. Kalau kamu sudah yakin dengan tweetmu, maka kamu bisa pilih “send now”. Kalau kamu merasa janggal, aneh, atau kurang yakin dengan tweetmu, kamu bisa pilih “Undo” untuk membatalkan.

8. Fitur edit tweet

Nulis di Twitter banyak typonya? Mau ngedit tapi tidak ada fiturnya kalau di Twitter biasa. Tapi kalau kamu berlangganan Twitter Blue, masalahmu dapat teratasi. Twitter Blue punya fitur dimana kamu bisa mengedit tweet meskipun kamu sudah terlanjur mengirimnya.

Tapi, kamu diberikan kesempatan hanya 30 menit sejak tweet kamu dikirimkan. Maksudnya, kamu bisa mengedit tweet kamu asalkan tweet tersebut sudah terkirim tidak lebih dari 30 menit dan maksimal pengeditan dilakukan sebanyak 5 kali.

9. Fitur tab spaces

Pernah menggunakan fitur Spaces di Twitter? Bagi yang sering menggunakan fitur ini, ada kabar gembira nih. Jika sudah bergabung dengan Twitter Blue, kamu akan mendapatkan fitur tambahan berupa Tab Space, dimana disitu kamu akan menemukan podcast, stasiun audio yang bertema, rekaman ulang spaces, dan tentu saja Space langsung-nya itu sendiri.

10. Fitur artikel unggulan

Ini adalah salah satu fitur dimana kamu akan mendapatkan pintasan ke konten yang sedang ramai dibahas/dibagikan oleh orang yang kamu ikuti atau orang yang mereka ikuti. Jadi kamu akan mudah menemukan konten yang sedang ramai dibahas di Twitter.

11. Fitur prioritas dalam percakapan

Kamu sering membalas komentar atau sekedar berinteraksi dengan pengguna Twitter lain? Nah, kalau iya, kamu akan mendapatkan fitur ini jika kamu bergabung di Twitter Blue, dimana komentarmu akan selalu berada di urutan teratas dari tweet yang kamu komentari. Jadi kamu tidak perlu pusing mencari dimana tweet kamu yang biasanya sudah tenggelam itu.

12. Fitur navigasi yang dapat di-custom

Jika kamu bergabung di Twitter Blue, kamu mendapatkan sebuah fitur yang bernama navigation bar atau tab navigasi dimana kamu bisa mengatur apa-apa saja yang ingin kamu masukkan di navigation bar. Misalkan kamu ingin meletakkan bookmarks di navigation bar, jadi ketika kamu ingin mengakses bookmarks tinggal klik tab bookmarks-nya saja.

13. Iklan berkurang sebagian

Karena kamu sudah berlangganan Twitter Premium alias Twitter Blue, kamu tidak akan terlalu terganggu dengan iklan. Iklan akan berkurang drastis. Meskipun tidak 100%, tapi paling tidak sebagian besar iklan yang mengganggumu akan hilang.

14. Lencana Twitter Blue

Kalau ini sudah pasti diberikan oleh Twitter ya, sebagai rasa ucapan terimakasih pihak Twitter yang telah membantu support mereka. Bagi pengguna yang sudah berlangganan Twitter Blue, akan mendapatkan lencana khas Twitter Blue, yakni centang biru.

Daftar Harga Twitter Blue?

Harga untuk masing-masing negara biasanya berbeda. Oiya, memang belum semua negara dapat menikmati fitur Twitter Blue ini. Mungkin secara bertahap, Twitter Blue akan hadir di negara-negara lainnya. Nah, berikut daftar harga yang berlaku untuk masing-masing negara.

Bagaimana menurutmu? Menurutku, harganya sih masih masuk akal ya. Apalagi untuk akun Twitter yang notabene milik perusahaan atau bisnis tertentu. Masih sangat terjangkau dan sebanding dengan manfaat atau fitur yang akan di dapatkan.

Tapi kalau untuk pribadi sih, lumayan mahal. Tapi masih tetep worth it kok kalau yang ingin mencoba Twitter Blue dan menjajal fitur-fiturnya.


Mungkin sampai disini bahasan kita mengenai Twitter blue, jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menambahkan komentar dibawah ini. Sekian dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *