Cara Mengirim Pesan dengan efek (Kado/Pesan berapi/dll) di DM Instagram

Ketika mencari bahan tulisan untuk salah satu artikel yang akan saya buat, saya menemukan artikel yang membahas mengenai salah satu fitur Instagram yang saya pikir cukup menarik, yaitu fitur untuk menambahkan efek khusus ke pesan yang kita kirim lewat DM.

Fitur khusus ini akan membuat pesan yang kamu kirim menampilkan efek animasi sesuai dengan efek yang kamu pilih.

Tersedia 4 efek yang bisa digunakan, yaitu efek hati yang membuat pesan dihiasi dengan sejumlah hati, efek confetti yang menampilkan potongan pita yang dilempar ketika pesan dikirim, efek api yang membuat pesan seperti terbakar dan efek kado atau gift yang membuat pesan dibungkus dengan kado. 

Memang efek yang tersedia tidak banyak. Tetapi efek khusus tersebut akan membuat tampilan pesan yang kita kirim jadi terlihat jauh lebih menarik.

Selain itu, pesan yang kamu kirim juga mungkin bisa lebih berkesan. Misalnya saja, kamu bisa mengirim pesan dengan rangkaian kalimat yang membuat pasanganmu tersenyum, lalu membungkusnya dengan efek khusus berupa kado. Ketika di tap oleh pasanganmu, maka kado tersebut akan terbuka dan menampilkan pesan yang telah kamu ketik.

Lalu, bagaimana caranya untuk menambahkan efek khusus di pesan yang akan kita kirim?

Kalau kamu ingin menggunakan efek khusus tersebut namun masih belum tahu cara menggunakannya, maka langsung saja ikuti langkah-langkah sederhana yang saya bahas di bawah.

Mengirim Kado/Pesan Berapi/Dll di DM Instagram

Untuk mengirim pesan dengan efek khusus, silahkan buka dulu Instagramnya. Setelah itu, lanjutkan dengan mengikuti langkah berikut.

1. Tap icon “Direct Message” di kanan atas.

Tap icon "Direct Message" di kanan atas.

2. Silahkan cari teman IG yang akan kamu kirimi pesan.  Lalu tap nama akunnya.

Buka halaman chat dari orang yang akan kamu kirimi pesan.

3. Ketik pesan yang ingin dikirim. Jika sudah, tap icon “Kaca Pembesar” di kiri pesan yang akan dikirim.

Tap icon "Kaca Pembesar".

4. Silahkan pilih salah satu dari 4 efek khusus yang tersedia.

Pilih salah satu efek yang tersedia.

5. Selesai. Pesan pun akan langsung terkirim. Sebagai contoh dibawah, pesan kado akan tersembunyi dan akan terlihat saat kadonya di tap/klik.

Baca juga :  Cara menggunakan fitur Nametag (fitur terbaru di Instagram)

Bagaimana jika fitur tidak tersedia?

Fitur ini merupakan fitur terbaru, diluncurkan bersamaan dengan beberapa fitur lainnya misalnya fitur mode vanish. Ditulisan terkait mode vanish tersebut sudah dijelaskan proses mengaktifkan pembaharuan ini, kamu bisa baca disana, namun jika tidak sempat, disini aku akan jelaskan ringkas.

Yang perlu kamu lakukan adalah, pastikan aplikasi Instagram sudah di update ke versi paling baru.

Setelah itu buka salah satu pesan DM ke teman kamu. Swipe ke atas hingga muncul tulisan “Dapatkan mode menghilang”. Nah, tap pada pemberitahuan tersebut.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Vanish Mode Instagram 9

 Akan muncul laman baru “Ada cara baru untuk mengirim pesan di Instagram”, tap menu “Perbaharui”.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Vanish Mode Instagram 11

Setelah berhasil di perbaharui, kamu akan dapat fitur-fitur terkait mulai dari mode vanish, hingga fitur terkait efek pesan yang kita bahas sebelumnya diatas.


Itulah cara untuk menambahkan efek khusus ke pesan yang kamu kirim di Direct Message Instagram. Gampang bukan? Semoga informasi yang saya tampilkan di artikel ini berguna untuk kamu yang ingin mencoba fitur tersebut.

Oh iya, setelah pesan dikirim, coba tap pesan tersebut. Nanti ada efek animasi tambahan seperti api yang membesar, hati yang berterbangan dan kado yang terbuka.

Sekian untuk artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.