Cara me-mute postingan, story, dan DM di Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak dipakai oleh seseorang untuk membagikan aktivitasnya kepada khalayak umum. Ada yang memposting gambar maupun video di instagram untuk keperluan pekerjaan. Ada pula yang memposting sesuatu yang sudah menjadi hobi atau kesukaan. Bahkan ada juga yang memposting foto ataupun video hanya untuk keperluan pribadi saja.

Mungkin ada beberapa pengguna instagram yang memposting terlalu sering sehingga memenuhi timeline. Jika pengguna instagram yang kita ikuti memposting sesuatu yang memang bermanfaat menurut kita, tentunya tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi bagaimana jika akun yang kita ikuti tersebut sering memposting hal yang kurang penting dalam waktu yang relatif sering? Bukankah hal tersebut akan mengganggu?

Online shop atau olshop misalnya. Beberapa olshop biasanya sering memposting gambar maupun video mengenai informasi produk atau barang yang dijual, sehingga akan memenuhi timeline. Terlebih jika akun tersebut di-private, atau hanya pengikutnya saja yang dapat melihat postingannya. Jika akun tersebut di-follow, timeline-mu akan dipenuhi oleh postingan akun olshop tersebut. Namun jika tidak di-follow, kamu tak bisa melihat postingannya. Jadi serba salah kan?

Ada kalanya juga kita tak ingin melihat postingan beberapa orang atau orang tertentu yang kita kenal. Atau dalam lain cerita, kamu merasa terganggu dengan pesan dari seseorang di instagram. Pernah mengalami?

Keputusan yang sering diambil oleh sebagian dari kita adalah meng-unfollow orang tersebut. Bahkan beberapa pengguna instagram justru bisa sampai memblokir pengguna lainnya, karena tidak mau melihat postingan atau tidak mau terganggu dengan pesan dari orang tersebut.

Meskipun demikian, kamu tak mau kan, ketahuan telah meng-unfollow orang tersebut?

Karena ternyata ada beberapa trik untuk mengetahui siapa saja yang telah meng-unfollow kita di instagram lho. Sehingga bukan tidak mungkin, jika sewaktu-waktu kamu akan ketahuan telah meng-unfollow orang tersebut.

“Fitur mute” adalah alternatif untuk yang tidak bisa unfollow

Karena unfollowers list bisa dengan mudah diketahui atau karena alasan lainnya, kamu mungkin memerlukan pilihan selain meng-unfollow orang tersebut. Adapun alternatif lainnya, kamu bisa me-mute atau membungkam seseorang di instagram.

Di instagram, kita dapat membungkam post, pesan (DM), maupun story seseorang. Kamu dapat melakukan salah satunya, dua, atau ketiganya sekaligus. Tinggal pilih, kamu dapat melakukannya sesuai dengan kebutuhanmu sendiri.

Dengan mute post, kamu akan membungkam postingan dari orang tersebut di timeline instagram. Lalu untuk mute story, kamu tidak akan melihat story orang tersebut melalui halaman utama instagram. Sedangkan dengan melakukan mute messages (pesan), kamu tidak akan menerima notifikasi pesan dari orang yang kamu mute tadi.

Kamu tetap menjadi followers atau pengikut akun orang tersebut. Kamu dapat sewaktu-waktu membuka halaman profilnya untuk dapat melihat postingan yang telah dibagikan oleh orang tersebut. Intinya, kamu hanya “menyembunyikan” postingan, story, dan pesan dari orang tersebut.

Apakah instagram memberikan notifikasi kepada yang di “mute”?

Instagram tidak akan memberikan notifikasi bahwa kamu telah membungkam orang tersebut. Seperti yang telah dijelaskan tadi, mute pada dasarnya hanya “menyembunyikan”  postingan, story, dan DM dari orang tersebut.

Bahkan sampai saat ini belum ada indikasi tertentu yang bisa menunjukkan siapa-siapa saja yang telah me-mute postingan dan pesanmu di instagram. Hanya saja kamu mungkin akan lebih jarang menyukai dan memberikan komentar pada foto, video, dan story yang diupload. Atau kamu jadi lebih jarang membaca dan membalas pesan dari orang tersebut.

Tanda-tanda tadi bukan merupakan indikasi yang kuat. Sehingga kamu tak perlu khawatir ketahuan telah me-mute orang tersebut.

Cara mute dan unmute akun seseorang di instagram

Tertarik untuk mengetahui cara mute seseorang di instagram? Yuk, lanjut!

A.1 Cara mute postingan seseorang di instagram

Untuk dapat membungkam postingan seseorang di instagram, kamu dapat melakukan dengan dua cara. Cara pertama yaitu dengan melakukannya langsung dari timeline instagram. Sedangkan cara yang kedua yaitu melalui halaman profil orang tersebut.

#Cara 1: Langsung dari timeline instagram

  1. Pertama, tentukan target orang atau akun yang ingin kamu mute terlebih dahulu. Kali ini aku akan coba me-mute postingan dari seorang teman pada timeline. 
  2. Jika sudah menemukan, tap icon titik tiga di samping kanan atas postingannya. Setelah itu pilih mute.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa opsi seperti pada gambar berikut. Jika kamu hanya me-mute postingannya saja, silahkan tap mute posts. Sedangkan jika kamu ingin membungkam story-nya juga, silahkan tap mute posts and story. Tentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri, apakah kamu merasa terganggu dengan postingannya saja, atau dengan story-nya juga. Disini aku akan memilih untuk membungkam post-nya saja. Maka disini aku akan pilih mute posts.

    pilih “mute posts” atau “mute posts and story”

  4. Kini kamu telah berhasil membungkam postingan seseorang di instagram. Timeline-mu tidak akan lagi dipenuhi oleh postingan dari orang yang telah kamu mute.

#Cara 2: Dari halaman profil orang tersebut

  1. Pertama, cari dan kunjungi profil orang yang ingin kamu mute.
  2. Setelah kamu membuka halaman profilnya, tap following. Setelah itu, tap mute.
  3. Akan muncul opsi tindakan seperti pada gambar berikut. Geser slider ke kanan pada posts, jika kamu hanya ingin membungkam postingannya saja. Atau geser kedua slider ke arah kanan, jika ingin membungkam postingan beserta story-nya. Kali ini aku akan coba untuk membungkam postingannya saja, sedangkan tidak dengan story-nya. Oleh karena itu, aku akan geser slider ke arah kanan pada posts.

    geser tombol slider pada “posts” ke arah kanan

  4. Selesai deh. Kini kamu tak akan lagi terganggu oleh postingan dari orang yang telah kamu mute

A.2 Cara unmute postingan seseorang di instagram

Jika sebelumnya kamu telah mengetahui cara-cara membungkam seseorang di instagram, kali ini Bukugue dot com akan menjelaskan bagaimana cara membatalkannya. Kamu dapat menyebutnya sebagai unmute post di instagram. Yuk langsung saja kita simak caranya.

  1. Yang pertama, kamu perlu mengunjungi halaman profil orang yang telah kamu mute. 
  2. Lalu, setelah kamu mengunjungi profilnya, tap following pada halaman profil orang tersebut, tap mute untuk dapat membatalkan pembungkaman postingan.
  3. Karena sebelumnya disini aku hanya membungkam postingannya saja sedangkan story-nya tidak, maka disini aku akan geser slider post ke arah kiri menjadi nonaktif atau mati.

    geser slider “posts” ke arah kiri

  4. Selesai deh. Kini kamu dapat kembali melihat postingan-postingan dari akun tersebut melalui timeline instagram-mu.

B. Cara menyembunyikan (mute) Instastory seseorang di instagram

Pada dasarnya, untuk melakukan mute story ini dapat dilakukan dengan dua cara, sama halnya dengan cara untuk membungkam postingan seseorang di instagram. Yang pertama, kamu dapat melakukannya langsung dari halaman utama instagram, sementara yang kedua kamu dapat melakukannya melalui halaman profil orang yang ingin kamu bungkam story-nya.

Disini kita akan bahas salah satu saja.

  1. Kunjungi halaman profil orang yang ingin kamu bungkam story-nya.
  2. Tap following pada halaman profil, akan muncul opsi tindakan seperti gambar berikut. Tap mute untuk melakukan pembungkaman.
  3. Untuk dapat melakukan mute story, silahkan geser slider ke arah kanan pada stories. Kamu juga dapat sekaligus melakukan pembungkaman post disini dengan menggeser ke arah kanan pada posts.

    geser slider “stories” ke arah kanan menjadi aktif

  4. Selesai

C. Cara mute DM dari seseorang di instagram

Kamu dapat membungkam pesan dari seseorang di instagram melalui dua cara. Langsung saja, untuk penjelasan lebih lanjutnya kamu dapat melihat tutorial sebagai berikut:

#Cara 1: Langsung dari menu direct messages

  1. Pertama, silahkan buka menu direct messages pada aplikasi instagram-mu. Setelah itu cari pesan dari seseorang yang ingin kamu bungkam. Kamu dapat memanfaatkan kolom pencarian yang telah disediakan.

    buka direct messages

  2. Setelah ketemu, tap dan tahan sebentar pada pesan dari orang yang akan kamu bungkam. Akan muncul beberapa opsi tindakan.

    cari pesan dari orang yang ingin kamu mute, lalu tap dan tahan sebentar

  3. Tap mute messages untuk membungkam pesan dari orang tersebut.

    tap “mute messages”

  4. Kini kamu tak akan lagi merasa terganggu pesan dari orang tersebut.

#Cara 2: Melalui halaman percakapan

  1. Buka menu direct messages pada aplikasi instagram kamu. Cari orang yang akan kamu bungkam pesannya. Kamu dapat memanfaatkan kolom pencarian disini.

    buka direct messages

  2. Setelah ketemu, buka halaman percakapan dengan mengklik pesannya.

    cari pesan dari orang yang ingin kamu mute, dan tap pesannya

  3. Setelah halaman percakapan terbuka, silahkan tap icon huruf i pada ujung kanan atas seperti pada gambar berikut.

    buka percakapan dan tap icon huruf i

  4. Akan ada pilihan untuk membungkam pesan dan video chats. Kamu dapat memilih salah satu diantaranya, maupun keduanya. Disini aku akan coba untuk membungkam pesannya saja, sedangkan tidak untuk video chats. Geser slider ke arah kanan pada mute messages.

    geser slider "mute messages" ke arah kanan menjadi aktif
    geser slider “mute messages” ke arah kanan menjadi aktif

  5. Selesai. Kini kamu tak akan terganggu pesan dari orang tersebut.

C.2 Cara unmute pesan dari seseorang di instagram

  1. Buka halaman percakapan dari seseorang yang telah kamu bungkam pesannya sebelumnya.
  2. Tap icon huruf i pada ujung kanan atas halaman percakapan.

    buka percakapan dan tap icon huruf i

  3. Geser slider ke arah kiri pada mute messages menjadi nonaktif atau mati untuk membatalkan pembungkaman.

    geser slider “mute messages” ke arah kiri menjadi nonaktif

  4. Selesai.

Itu tadi guys, cara membungkam atau me-mute seseorang di instagram. Cukup mudah kan caranya? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Update terus info menarik lainnya di Bukugue dot com ya!

See you, guys!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan