Memahami Pengaturan Notifikasi Twitter di Android

Notifikasi Twitter hampir sama dengan yang ada di platform media sosial lainnya. Namun, masih banyak yang belum mengerti dan kebingungan, terutama para pengguna baru.

Setiap perangkat seluler pasti dilengkapi dengan fitur notifikasi yang dimaksudkan untuk sebagai pemberitahuan atau peringatan tentang adanya informasi baru (updates). Dengan semakin majunya teknologi yang juga semakin memudahkan kehidupan kita, semua informasi baru yang kita perlukan akan sampai dan dapat kita nikmati dalam waktu yang sangat singkat.

Tentunya Twitter juga memiliki fitur ini, sehingga pengguna dapat menerima pemberitahuan tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

Pengguna dapat memilih dari berbagai jenis notifikasi yang ingin didapatkan ketika ada informasi baru. Beberapa jenis notifikasi yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna diantaranya yaitu Mentions, Replies, Retweets dari tweets yang kamu posting, Likes, Follower baru, Direct messages dan lain sebagainya.

Untuk melakukan pengaturan notifikasi, pertama-tama buka menu navigasi yang dapat disimbolkan oleh tiga garis horizontal atau ikon profilmu. Tap pada bagian tersebut sampai keluar berbagai pilihan selanjutnya, pilih Setting and Privacy kemudian “Notifications”.

Pada bagian paling atas layar pada halaman “Push notifications”, nyalakan notifikasi dengan menggeser tombol dari ‘OFF’ ke ‘ON’. Setelah ini semua notifikasi yang sesuai dengan pengaturan yang akan kamu lakukan pada pilihan – pilihan yang ada pada halaman tersebut akan dikirimkan ke smartphone kamu.

Secara sederhana, oleh Twitter bagian notifikasi dibagi menjadi 8 kategori.

Mari kita bahas satu persatu menurut kategori-kategori tersebut.

1. Tweets dari orang yang kamu ikuti

Ketika kamu mengikuti / follow suatu akun maka kamu dapat mengaktifkan notifikasi khusus dari orang / akun tersebut, dengan begitu kamu akan mendapatkan update secepat mungkin dengan menerima notifikasi ketika akun tersebut memposting. Fitur ini dapat kamu aktifkan dengan mengunjungi halaman profil dari akun yang ingin kamu aktifkan notifikasinya.

Misalnya saja, kamu baru mengikuti akun @BTS_twt dan ingin mengaktifkan notifikasi khusus agar ketika mereka memposting tweet, kamu akan bisa tahu secepat mungkin. Pertama, kunjungi halaman profil mereka, pada sebelah kanan halaman terdapat simbol lonceng yang merepresentasikan fitur notifikasi. Tap pada simbol lonceng tersebut dan kamu akan diarahkan ke pilihan selanjutnya. Ada tiga pilihan yaitu all tweet, only live video dan off. Untuk mengaktifkan notifikasi semua aktifitas maka pilih ‘all tweet’, namun jika kamu hanya ingin mendapatkan notfikasi ketika mereka live di twtter maka pilih ‘only live video’. Sedangkan jika di kemudian hari kamu merasa terganggu atau tidak perlu lagi mendapatkan notifikasi dari akun tersebut kamu dapat memilih ‘off’

2. Notifikasi yang berkaitan dengan aktivitasmu di twitter

Terdapat lima jenis notifikasi pada bagian ini, penjelasan singkatnya sebagai berikut:

a. Mentions and replies. Mentions adalah ketika akun lain menyebutkan nama akun twittermu di postingannya, bisa di tweet bisa juga melalui group chat di direct message. Replies adalah ketika akun lain membalas tweet yang kamu posting.

b. Retweet adalah ketika akun lain memposting ulang tweet yang kamu posting

c. Likes adalah ketika akun lain menyukai postinganmu, baik yang berupa tweet ataupun retweet.

Dari tiga jenis notifikasi diatas kamu akand disuguhkan tiga pilihan yaitu anyone, tailored for you dan off. Pilih ‘anyone’ jika kamu ingin mendapatkan notifikasi dari siapapun, baik yang kamu follow/follower maupun yang tidak, ketika mereka melakukan tiga aktifitas diatas. Pilihan ‘tailored for you’ dimaksudkan untuk mengaktifkan notifikasi apabila ketiga aktifitas tersebut dilakukan oleh akun yang berkaitan denganmu. Dan pilih ‘off’ jika kamu merasa tidak perlu menerima notifikasi apapun dari ketiga aktifitas diatas.

d. Photo tags. Yap, twitter juga mempunyai fitur untuk menandai seseorang dalam sebuah foto, sama halnya dengan mentions ketika seseorang menandai kamu di foto maka twitter akan mengirimkan notifikasi ke kamu. Jika pilihan pengaturan ini diaktifkan, siapapun bisa menandai kamu di foto, baik akun yang sudah jadi follower/following maupun yang belum.

e. Moments. Notifikasi ini khusus yang berhubungan dengan fitur moment. Jika diaktifkan ada beberapa jenis notifikasi tentang moment yang dapat kamu terima, seperti moment yang kamu bikin disukai atau diikuti oleh orang lain atau bisa juga tweets yang kamu posting dimasukkan ke dalam moment yang dibikin oleh orang lain.

3. Notifikasi dari orang yang mengikutimu.

Bagian ini agak ambigu judul sebenarnya, karena tidak ada pilihan tentang pengaturan notifikasi follower yang sudah jadi follower lama. Ada dua jenis pengaturan notifikasi yaitu:

– New Follower, yaitu mengaktifkan notifikasi ketika ada akun yang menjadi follower baru akunmu.
– Contact joins twitter. Ketika pertama kali menginstall twitter di smartphone, pengguna akan diberitahu bahwa aplikasi ini akan dapat mengakses semua contact yang ada di phonebook kamu, yaitu bisa dari nomor telepon atau email yang digunakan untuk mendaftar twitter akun barunya. Dengan begitu tidak heran ketika pengguna disuguhi fitur ini di pilihan notifikasi. Jika diaktifkan maka twitter akan segera memberitahumu ketika seseorang dari contact di phonebookmu baru saja membuka akun twitter.

4. Direct message

Meskipun melalukan balas-balasan tweet di timeline sudah seperti chatting, namun twitter juga menyediakan fitur messenger supaya pengguna bisa berkomunikasi secara private. Jika diaktifkan maka kamu akan mendapatkan notifikasi untuk setiap pesan yang kamu terima melalui direct message. Tidak hanya message pribadi antara dua akun, tetapi kamu juga bisa bergabung dalam group chat. Nah, mungkin notifikasi dari grup chat inilah yang akan lumayan membuat ribut hapemu. Tapi jangan takut, di setiap chat yang kamu lakukan dengan pengguna lain, baik yang pribadi maupun yang dalam grup, ada pengaturannya masing-masing. Bisa saja kamu menonaktifkan chat yang satu tapi mengaktifkan notifikasi untuk chat yang lain.

5. Rekomendasi dari Twitter

Hampir semua platform social media kini menerapkan algoritma yang bisa mengetahui minat dari pengguna dengan memantau aktifitasnya di platform tersebut. Dengan begitu, mereka dapat menyuguhi pengguna dengan konten – konten yang sesuai dan disukainya. Ada dua jenis notifikasi yang bisa kamu aktifkan pada bagian ini, yaitu :

– Popular in your network. Ini adalah fitur yang disiapkan oleh twitter dengan mempertimbangkan topik – topic favorit yang kamu sukai. Dengan mengaktifkannya berarti twitter akan memberikan kamu notifikasi jika terdapat topic popular yang paling baru.

– Highlights. Hampir sama dengan popular topik, highlight juga merupakan topik yang paling ramai yang sedang dibicarakan oleh orang – orang di network kamu, yaitu yang kamu ikuti maupun yang mengikutimu. Misalnya saja beberapa orang di networkmu me- retweets postingan seseorang, maka twitter akan memberi notifikasi kepadamu. Dengan begitu kamu tidak akan tertinggal dari topik yang paling panas, meskipun kamu sedang tidak punya waktu untuk scrolling di twitter.

6. Berita dari Twitter / News from Twitter.

Tidak salah koq, Twitter memang tempatnya berita tersebar dan berubah dengan cepat. Ada dua jenis notofikasi pada bagian ini, yaitu:

– News. Yang pertama tentunya yang berhubungan dengan berita paling heboh dan paling panas yang sedang dibicarakan banyak orang atau yang sedang trending. Centang pada kolom disebelahnya agar kamu bisa selalu update berita terkini.

– First look at new features. Untuk yang sudah terbiasa menggunakan twitter, pasti ingin selalu mengetahui pengembangan atau perbaikan apa lagi yang dilakukan oleh tim developer. Oleh karena itu, kamu bisa mengaktifkan notifikasi ini untuk mengetahui dan segera mencoba fitur paling terbaru yang disediakan oleh twitter.

7. Emergency alerts

Twitter alerts merupakan tweets yang diposting oleh lembaga public dan organisasi darurat yang sudah terpilih selama terjadinya keadaan darurat. Tweets yang diposting merupakan informasi paling baru mengenai keadaan darurat tersebut. Bisa saja berupa peringatan publik atau instruksi evakuasi. Sayangnya, fitur ini belum berlaku untuk pengguna di Indonesia. Untuk lembaga darurat yang terdaftar bekerja sama dengan Twitter saat ini hanyalah FEMA, yang merupakan lembaga darurat untuk warga Amerika Serikat.

Untuk sementara, bagi kita para pengguna di tanah air, kita bisa mengikuti akun Twitter resmi lembaga publik seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di @infoBMKG dan mengaktifkan notifikasi untuk akun tersebut.

8. Notification styles

Untuk pengaturan yang terakhir ini lebih untuk meimilih bagaimana kamu ingin mendapatkan semua notifikasi twitter tersebut ke smartphone kamu.

– Vibrate untuk pilihan getar.
– Ringtone untuk memilih suara yang kamu inginkan
– Notifications light untuk memilih warna lampu yang kamu inginkan.

Ketiga pilihan diatas tergantung dari device smartphone yang kamu gunakan tentunya, beda smartphone akan berbeda pilihan yang didapatkan.

Sekian penjelasan yang bisa saja jabarkan, jika ada yang masih belum dimengerti dapat ditanyakan pada kolom komentar. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar