Cara Mengatasi Gambar dan Video yang Pecah Saat di Upload ke Instagram Story

Pernah gak buat video keren di HP dengan kualitas yang High Definition (HD)  terus mau kamu upload untuk berbagi dengan teman kamu di Insta Story tapi hasilnya Ngeblur dan pecah ? Kesel Banget yak ? padahal sebelum di upload videonya kece abis …

Atau pernah ngalamin juga gak gambar yang udah kamu edit mati matian dan ngabisin banyak waktu, tiba tiba pecah saat di posting di Feed Instagram kamu? padahal saat selesai proses editing Fine fine aja malah bagus banget. kesel banget kan kalau gitu?

gambar pixelated
gambar pecah-pecah kualitas rendah by:pixabay

Jangan Khawatir gaes, Kali ini mimin mau kupas habis tentang cara mengatasi gambar dan video yang pecah saat di upload di Insta story

A. Upload-an Video pecah-pecah di IG story

Video instagram yang pecah merupakan hal teknis yang sering kali mengganggu para Instagramer. Bahkan banyak selebritis yang mengeluh pada akun media sosialnya karena kasus tersebut.

Instagram merupakan media sosial yang memiliki pengguna sangat banyak bahkan sampai milyaran jumlahnya. Pasti kamu tahu itu kan ?

Pernah nggak kamu kepikiran berapa duit aja yang dibutuhkan untuk membangun data center agar dapat menyimpan unggahan foto maupun video semua penggunanya ? gak kebayang kan ? bisa bego ntar kalo dipikir hehehe

Oleh karena itu, Instagram menerapkan sistem kompresi video pada saat kamu melakukan pengunggahan video di instagram. Kompresi ini berfungsi untuk menghemat bandwith dan space penyimpanan tersebut gaes.

Jadi kualitas Video yang tinggi akan di kompres oleh Instagram saat kamu mengupload nya. Tapi mimin punya kok solusinya agar video kamu tidak ngeblur parah.

Bagaimana cara mengatasinya

1. Ketahui dulu Kriteria Video yang bisa kamu upload ke Instagram

Sebelum kamu upload video kamu di Insta Story , ada baiknya kamu mengetahui dulu format dan spesifikasi videonya agar kualitasnya tetap baik. Format video instagram yang terbaik adalah format MP4 dan harus mencangkup spesifikasi teknis dibawah ini :

  • 264 Codec
  • AAC Audio
  • 500 kbps bitrate untuk video
  • Frame rate of 30 fps (frame per second)
  • Maximum ukuran file = 15 mb
  • Durasi Maksimum Video adalah 60 detik
  • Ukuran video : 4:5 , 864 px x 1080 px

Supaya video kamu sesuai dengan kriteria instagram , kamu dapat menyesuaikannya dengan mengedit video kamu melalui Laptop atau desktop kamu. Selain itu kamu juga dapat mengeditnya menggunakan aplikasi tambahan seperti Premiere, Vegas, atau FFmpeg dan masih banyak lagi.

2. Transfer atau Kirim terlebih dahulu Video kamu lewat Google Drive atau Apple Airdrop

Nah cara yang kedua sebelum kamu upload video kamu ke insta story, kamu

Dapat mengirim file video kamu lewat Google Drive atau Apple Airdrop agar resolusi video tidak pecah.

Ngak kaya di Whatsapp gaes, biasanya video yang kita kirim lewat whatsapp video nya otomatis langsung di kompres menjadi resolusi yang rendah. Sehingga video kamu terlihat blur atau pecah.

3. Buatlah (Rekam) Video Kamu menggunakan Kamera dengan Kualitas yang Bagus

Cara yang dapat kamu gunakan agar kualitas video kamu yang akan di upload di Instagram tidak pecah adalah dengan membuat rekaman video menggunakan kamera dengan kualitas yang HD atau bagus.

Dengan menggunakan kamera yang bagus akan meminimalisir video Instagram kamu pecah karena kualitasnya yang bagus dan memungkinkan gambar lebih jernih.

4. Setting setelan kamera kamu di HP

Selain menggunakan kamera dengan kualitas yang bagus, kamu dapat mengatur settingan kualitas kamera Handphone kamu menjadi resolui terbaik sehingga video yang akan kamu upload tidak terlalu pecah.

5. Periksa Koneksi Internet

Nah yang terakhir kamu dapat mengupload video instagram kamu melalui koneksi Wifi agar koneksi internet stabil dan mengurangi pecahnya kualitas video IG saat di upload.

Mengapa hasil video di iPhone bisa lebih bagus dari pada Android ?

Pernah liat postingan video teman kamu yang menggunakan iPhone lebih bagus kualitasnya di Intagram ?

Perbedaan tersebut karena settingan framerate pengambilan video di iphone dan Android berbeda sehingga video dari yang diposting melalui iPhone frameratenya cenderung stabil sedangkan di HP Android dapat berubah ubah sesuai dengan kondisi cuaca pada saat pengambilan video berlangsung.

Selain alasan diatas, IG di IOS tidak terlalu banyak barus Kode dibandingkan IG di android yang hampir 38 % lebih banyak barus kodenya. Sebagai informasi aja mimin jelasin alasan ini biar kamu bisa tahu mengapa iPhone bisa lebih bagus dari pada Android saat membuat postingan video di IG.

Nggak hanya itu, karena smartphone yang berbasis Android sangat banyak dan pabriknya juga banyak , Instagram sulit untuk menyesuaikan sistem operasinya. Sedangkan pada Smartphone yang berbasai IOS atau tipe Apple tipenya lebih sedikit sehingga penyesuaian sistemnya cenderung lebih stabil dan mudah.

B. Upload-an Photo pecah-pecah di IG story

Untuk mengatasi photo pecah-pecah atau kualitas photo yang jelek berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Mengetahui Kriteria Ukuran Gambar Instagram yang tepat agar Tidak Pecah saat di Upload

1.1 Ukuran Foto Profil Instagram Kamu

Kriteria ukuran gambar pada instagram sering menjadi masalah ketika kita akan memposting gambar ke Instagram. Ukuran gambar dapat mempengaruhi kualitas gambar yang akan di upload agar gambar tidak pecah. Dengan ukuran gambar yang tepat akan meminimalisir gambar yang kamu upload di Instagram menjadi pecah.

Nah , untuk ukuran foto profil instagram adalah 110 x 110 atau ukrannya bisa lebih diatasnya yang penting dengan rasio 1 : 1. Artinya kamu dapat menggunakan gambar yang akan di posting sebagai foto profil kalian dengan ukuran minimal 110 x 110. Sebagai referensi mimin kasih nih contoh ukurannya biar kalian gak bingung. Nih simak :

  • 128 x 128
  • 161 x 161
  • 256 x 256
  • 1024 x 1024
  • 1080 x 1080

1.2 Ukuran Foto Instagram Posts

Untuk ukuran foto Instagram yang akan di posting menjadi Feed di Instagram adalah 1080 x 1080. Ukuran ini merupakan ukuran yang paling pas agar tidak pecah. Ukuran tersebut memang ukuran gambar yang sangat besar memang …  namun dengan memposting gambar dengan panjang 1080pixel x 1080pixel (panjang x Lebar) maka gambar Instagram di Feed mu tidak akan pecah walaupun dibuka melalui PC atau Laptop yang menggunakan resolusi layar tinggi.

Setelah gambar kita posting di Feed Instagram kita, ukuran gambar 1080 x 1080 secara otomatis instagram akan mengompres menjadi 612 x 612 pixel. Kemudian secara default akan muncul pada feed instagram kamu atau timeline instagram dengan ukuran gambar 510 x 510 pixel.

Referensi lain selain ukuran gambar diatas yang bisa kamu gunakan untuk kamu posting di feed instagram yaitu menggunakan ukuran 1080 x 1350 ( Potrait) atau 1080 x 566 (Landscape)

1.3 Ukuran Foto Instagram Thumbnail

Nah yang terakhir ukuran thumbnail posting di instagram adalah 161 x 161 pixel.

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan untuk mengedit Gambar

Kalau kamu perhatikan, ukuran gambar di feed instagram adalah square atau sama besar dengan rasio 1 : 1. Agar resolusi gambar kamu tidak turun kamu dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk mengeditt gambar yang akan kamu posting di IG menjadi square. Atau bisa juga kamu naikkan resolusi gambarnya. Aplikasi tambahan tersebut seperti Instasquare , Photoshake, atau aplikasi edit gambar yang kamu suka.

3. Setting Kamera

Terakhir kamu dapat masuk ke menu SETTING – CAMERA – Nonaktifkan Use High- Quality Image Processing agar gambar kamu tidak pecah.

Kesimpulan

Nah dari beberapa cara diatas memang agak ribet ya gaes ? harus menyesuaikan ukuran video dan gambar yang akan kita posting. tapi gak papa gaes, hasilnya sebanding kok dengan usaha mu. unggahan gambar maupun video mu pasti tambah bagus dan keren.

Demikian artikel Cara Mengatasi Gambar dan Video yang Pecah Saat di Upload ke Instagram. cukup mudah bukan gaes caranya? selamat mencoba ya! semoga bermanfaat. selamat beraktivitas !

Terimakasih

Share woy :D

isah

Travelers, Coffe Lovers, Writer :)

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    bermanfaat bgt!👍

    1. Avatar

      sip deh….

Tinggalkan Balasan