Cara mengatasi shadowban instagram

Merasa terjadi penurunan performa pada akun Instagram kamu? Konten yang kamu unggah tidak mendapat engagement (interaksi sosial: like atau komen) dari pengguna IG seperti biasa, karena konten tidak muncul di hashtag feed?

Penurunan performa tak kunjung mereda setelah beberapa hari? Ada kemungkinan akun IG kamu terkena shadowban.

Ilustrasi konten IG yang tidak muncul di hashtag feeds.

Apa Itu Shadowban Intagram?

Pihak Instagram tidak mengeluarkan pernyataan resmi di laman FAQ-nya soal shadowban Instagram ini. Mereka hanya menyebutkan keberadaan shadowban ini secara implisit di halaman Facebooknya.

Jadi apa itu shadowban instagram? Shadowban instagram adalah keadaan dimana hashtag kamu tidak bisa ditemukan oleh pengguna instagram lain. Hanya follower saja yang bisa melihat feed kamu, sedangkan non-follower tidak. Shadowban ini terjadi ketika kamu melanggar ketentuan instagram dan kamu harus memperbaiki konten/hal yang melanggar tersebut supaya lepas dari shadowban.

Sebenarnya, shadowban bukan lah istilah baru, tapi sudah ada sejak lama sejak jaman twitter baru-baru dikenal. Dan shadowban sendiri sebenarnya bukan fitur, tapi lebih ke algoritma di sosial media, yang mengurangi bahkan menghilangkan reach seorang pengguna yang dianggap melanggar.

Tujuannya agar komunitas dan kenyamanan pengguna terjaga.

Bayangkan kalau tidak ada shadowban, pengguna yang pakai bot bisa bikin interaksi antar pengguna instagram tidak lagi real dan menyenangkan, karena adanya manipulasi dan automatisasi.

Dan pengurangan reach atau bahkan hilang sama sekali dari feed adalah cara instagram menangkal pengguna-pengguna yang nakal tersebut.

Mengutip dari laman Plannthat, Instagram memang mengakui adanya masalah dalam pencarian hashtag. Tapi pihak Instagram sama sekali tidak memberikan solusi apapun, melainkan hanya meminta para pengguna fokus terhadap konten kreatif demi mendapatkan engagement yang lebih banyak dan besar.

Fakta bahwa konten beberapa akun Instagram hilang dari hashtag feeds adalah nyata. Hal ini dikarenakan terdapat perubahan pada algoritma IG, yang bisa mengatur seberapa pantaskah sebuah konten bisa masuk hashtag tertentu berdasarkan engagementnya. Ketika konten tidak bisa masuk hashtag, secara otomatis konten pemilik akun Instagram itu takkan bisa dilihat seseorang yang tidak memfollownya.

Para pengguna mendefinisikan fenomena ini dengan istilah shadowban.

Alasan Akun IG Kena Shadowban

Kenapa Instagram memberlakukan shadowban terhadap akun pengguna?Jawabannya: kontrol terhadap akun yang dinilai melanggar persyaratan layanan Instagram.

Biar bagaimanapun Instagram itu perusahaan periklanan. Mereka pasti berpikir untuk membuat kamu betah berada didalamnya, sebab itu berarti uang buat mereka. Salah satu cara bagi pihak IG membuat kamu betah adalah menciptakan habit/nuansa yang baik di instagram.

Coba bayangkan, berapa banyak pemilik akun memanfaatkan hashtag demi menjaring pemirsa hanya karena hashtag tersebut populer. Sementara konten yang diunggah tidak berkaitan secara langsung pada hashtag tersebut. Ini kan ngotor-ngotorin hashtag feeds!

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang turut menyumbang akun Instagram terkena shadowban.

  • Akun kamu dianggap sebagai akun BOT oleh Instagram, soalnya kamu mengunggah konten melalui layanan update otomatis/terjadwal. Tampaknya perbedaan IP address yang kamu gunakan dan layanan unggah konten ini berbeda. Misal, IP kamu berasal dari Indonesia, sedangkan layanan unggah konten otomatis ini IP-nya dari Amerika. Lebih sialnya lagi, layanan unggah konten ini sudah masuk blacklist Instagram.
  • Penyalahgunaan batasan harian dan jam Instagram juga turut andil membuat akun Instagram-mu terkena shadowban. Menurut informasi yang tersebar, kamu hanya diizinkan oleh Instagram untuk memberi 150 likes, 60 komentar, serta 60 follow/unfollow per jamnya. Sebab itu rata-rata yang bisa dilakukan oleh manusia. Lebih dari itu, mereka akan menganggap akun kamu sebagai akun BOT.
  • ‌Mengalami pelaporan terus-menerus dari pemilik akun lain yang merasa tidak menyukai konten kamu.

Cara Mengetahui Akun Instagram Terkena Shadowban

Bagaimana cara mengetahui kalau akun Instagram kamu terkena shadowban atau tidak? Kamu bisa mengetahuinya dengan cara manual dan cara otomatis.

Untuk cara manual

Kamu bisa unggah konten disertai hashtag yang tidak populer. Terus gunakan akun IG yang tidak following akun IG itu, dan cari hashtag yang kamu gunakan itu. Apakah ada konten kamu? Jika tidak ada kemungkinan kamu terkena shadowban.

Untuk cara otomatis

Kamu bisa coba masuk ke website analyzer untuk memeriksan status akun IG kamu disana.

Situs yang aku rekomendasikan untuk periksa shadowban akun Instagram kamu adalah Triberr. Situs ini praktis banget dan gratis. Untuk memeriksa akun, aku sampaikan saja langkah-langkahnya.

Kamu buka browser apapun di HP. Aku pakai Chrome. Terus kamu masuk ke 
https://triberr.com/instagram-shadowban-tester

Masuk ke situs Triberr, dan masukkan akun Instagram kamu.

Kamu cukup memasukkan akun dan klik Analyze, dan situs akan memeriksa performa secara otomatis. Aku pakai contoh akun IG kenamaan tanah air: @lambe_turah.

Dan… survei membuktikan, akun @lambe_turah aman dari shadowban Instagram. Hasilnya ceklis hijau. Kalau ceklis merah, itu artinya kena shadowban.

Triberr membuktikan akun @lambe_turah aman dari Shadowban Instagram.
Triberr membuktikan akun @lambe_turah aman dari Shadowban Instagram.

Hal yang sama juga aku lakuin untuk cek akun IG sendiri.

Akun IG aku juga aman dari shadowban Instagram.
Akun IG aku juga dinyatakan aman dari shadowban Instagram.

Cara mengatasi akun yang terkena Shadowban Instagram

Bagian ini pasti dicari oleh orang-orang yang akunnya terkena shadowban oleh Instagram. Bagaimana cara mengatasinya?

  • Hindari memakai bot dan autoposting. Poin ini kita sudah bahas diatas.
  • Hindari memakai “hashtag terlarang”. Memang agak susah mengetahui apakah sebuah hashtag itu terlarang atau tidak. Sebab, bisa saja, kamu menggunakan hashtag yang tidak terlarang hari ini, tapi besok hashtag tersebut menjadi terlarang. Solusinya, hindari penggunaan hashtag tertentu secara berkesinambungan, dan paling penting adalah gunakan hashtag yang relevan dengan konten yang kamu buat.
  • Istirahat sejenak dari Instagram. Menurut orang-orang, salah satu solusi menghilangkan shadowban adalah keluar dari akun Instagram dan terbebas darinya selama beberapa hari.
  • Melaporkan status shadowban Anda ke Instagram. Jika semua jalan yang kamu tempuh tidak berhasil, maka kamu sebaiknya menghubungi pihak Instagram.

Namun, cara mengatasi akun IG yang sudah terkena shadowban ini belum tentu sama untuk semua orang ya. Jadi, persiapkan diri kamu untuk kemungkinan terburuk!

Istilah mencegah itu lebih baik daripada mengobati tampaknya relevan untuk aturan shadowban Instagram ini. Itu artinya, kamu harus membuat akun Instagram secara lebih natural lagi. Dengan begitu, akun kamu bisa lebih aman.

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

This Post Has 6 Comments

  1. Avatar

    Dear Yudha,
    Saya vian, saya mau nanya aku sudah memakai triberr kamu untuk mencari akun aku apa terkena shadowban atau tidak. Akun aku ceklis hijau. Tapi foto aku tidak muncul di setiap hashtag. Aku ada hashtag pribadi, jadi lebih gampang untuk mengecheck nya ada foto atau tidaknya. Itu akun jualan aku, memang setiap aku post aku memakai hashtag hampir 30. Karena aku tau bagas hashtag bisa paling banyak itu sampai 30. Kejadian foto aku tidak muncul di hashtag Sudah berlangsung seminggu. Dan aku baru mencoba 2hari tidak aktif ig itu. Dan pakai akun lain utk search hashtag itu, dan masih belum bisa di lihat foto2nya. Dan tulisan yang ada di hashtag pribadi aku dari pihak ig tls (posting terbaru dari # saat ini disembunyikan karena komunitas telah melaporkan beberapa konten yang mungkin tidak memenuhi pedoman komunitas Instagram)
    Langkah selanjutnya apa yang harus aku lakukan ya mas yudha? Mohon bantuannya mas 🙏🏻
    Terimakasih sebleumnya.

    1. Avatar

      itu yang dishare foto apa, bisa sampai di laporkan oleh pengguna lain? nyepam kali mas ya?

      Aku sendiri belum pernah rasanya bahas ttg ini di blog ini, jadi detailnya aku kurang tau… cuma kalau ada pemberitahuan jelas dari instagram seperti diatas, saranku ya stop untuk lakukan pelanggarannya… dari yang aku baca, biasanya ban itu bertahan 24-48 jam… dan bisa lebih panjang jika terus2an melanggar ketentuan ig…

  2. Avatar

    Saya sudah tes IG saya di https://triberr.com dan hasilnya aman,
    tapi kok foto saya masih belum keluar di Hastag ya ?

    1. Avatar

      aku kurang tau sih mas.. biasanya situs nya bener kok analisisnya..

      tapi bisa jadi mereka ga bisa nebak 100% akurat.. aku ga terlalu yakin..

      udah coba ulang cek dan pastikan koneksi internet lancar?

      kalau di shadowban, biasanya pun ga lama, asalkan tidak melakukan pelanggaran, jadi tunggu aja sih kalau memang kena shadowban..

  3. Avatar

    Saya cek centang hijau.. Tpi kenapa msih hk kelihatan di hastagnya

    1. Avatar

      bisa jadi akurasi toolnya di pertanyakan mas… wallahualam.. yang jelas kalau merasa melakukan pelanggaran, kurang2in aja, biar shadowbanned nya cepat di angkat..

Tinggalkan Balasan