Apa itu Shadowban di Twitter?

Biar nggak penasaran, saya coba menjawab langsung pertanyaan di judul artikel ya.

Secara sederhana, shadowban itu pada dasarnya Twitter membatasi aktivitas pengguna yang menyalahi aturan dengan menyembunyikan aktivitas akun baik berupa tweet dan mention yang bersangkutan dengan akun tersebut. Oleh karena itu, followers tidak akan bisa melihat postingan akun, tidak bisa menandai maupun mencari akun tersebut dari kolom pencarian meskipun akun tersebut statusnya masih aktif.

Shadowbanning sendiri bukanlah fitur yang tersedia bagi pengguna. Istilah ini lebih seperti penalti yang diterapkan langsung oleh pihak Twitter kepada akun yang melanggar peraturan.

Dikenal juga dengan nama ghost banning atau stealth banning, algoritma yang sama juga sudah digunakan oleh berbagai platform media sosial untuk mengendalikan aktivitas pengguna agar selalu dalam batas yang sudah ditentukan.

Pihak Twitter sendiri tidak memberikan informasi yang jelas tentang bagaimana akun pengguna bisa dikenai penalti ini. Jadi secara tidak langsung, pengguna juga tidak tahu apakah akunnya terkena shadowban atau tidak.

Biasanya, akun yang terkena merupakan akun yang sudah lumayan besar dalam salah satu komunitas online dengan trafik yang cukup tinggi, anggap saja akun ini memiliki jumlah followers yang jauh lebih banyak dari pada jumlah akun yang di follownya.

Dalam beberapa kasus, aktivitas pengguna yang terkena shadowban tidak sepenuhnya dibatasi. Misalkan saja akun Twitter kamu terkena shadowban, maka kamu akan melihat bahwa hanya beberapa postingan tertentu saja yang menunjukkan adanya interaksi dengan pengguna lain. Hal ini karena hanya beberapa postingan itu yang bisa diliat oleh publik, sedangkan dalam postingan lainnya tidak bisa diliat oleh publik. Atau postinganmu yang menggunakan tanda tagar A masih bisa dilacak sedangkan yang menggunakan tanda tagar B tidak bisa ditayangkan.

Wikipedia : Shadow banning (also called stealth banning, ghost banning or comment ghosting) is the act of blocking a user or their content from an online community such that the user does not realize that they have been banned. By making a problem user’s contributions invisible or less prominent to other members of the service, the hope is that in the absence of reactions to their comments, the problematic user will become bored or frustrated and leave the site.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa akun kita terkena shadowban ?

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti karena Twitter tidak memberikan peraturan yang jelas, satu-satunya gejala yang bisa kita curigai adalah ketika bel notifikasi yang biasanya ramai tiba-tiba menjadi sepi. Apabila hal ini terjadi dan kamu merasa ada yang aneh, cobalah masuk ke Twitter tetapi menggunakan akun yang berbeda. Dengan akun yang baru, cari username akun Twitter kamu di kolom search, apabila username tersebut tidak ada, atau tidak semua postingan yang pernah kamu buat sebelumnya ditayangkan, maka sudah dapat dipastikan bahwa akun kamu terkena shadowban.

Ada pula beberapa situs yang menawarkan layanan pengecekan akun. Tanpa harus masuk menggunakan akun lain, situs ini akan menampilkan apakah post dan mention terbaru yang berkaitan dengan username tertentu dapat dideteksi oleh mesin pencari atau tidak. Apabila masih dapat ditemukan maka username tersebut tidak terkena shadowban.

Pertanyaan lain kembali muncul, apa sebab musabab akun kita bisa terkena penalti ini oleh Twitter?

Sekali lagi, tidak ada yang tahu karena tidak ada penjelasan langsung oleh pihak Twitter. Satu hal yang pasti adalah bahwa kita telah melakukan pelanggaran dari syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh Twitter. Namun, ada beberapa indikasi yang mungkin bisa kita jadikan renungan untuk menjawab pertanyaan ini.

Yang pertama, selalu ingat untuk menggunakan media sosial secara bijak dan hati-hati.

Yudha note : Barusan aku coba search di google mengenai shadowban, jujur aku sendiri baru kali pertama dengar istilah ini. Setelah baca2 di wikipedia, barulah tau, bahwa ternyata shadowban udah banyak dipakai di berbagai sosial media dan instant messenger, sejauh yang aku pahami, ini terjadi karna spamming and abusive behavior.  Kebanyakan nyepam, atau kelakuan yang menggangu pengguna lainnya, atau melakukan pelanggaran kebijakan situs sosial media tsbt, akhirnya kena shadowban.

Okay, kita semua pasti setuju dengan hal ini ‘kan?. Ada beberapa norma dalam berinteraksi secara virtual yang juga harus dibudayakan selayaknya apabila kita sedang bertatap muka dengan orang lain. Dalam komunitas online, postingan yang kita opinikan bisa mendatangkan kawan maupun lawan yang tidak dapat kita duga asal muasalnya.

Meskipun tidak berniat untuk menyakiti orang lain, terkadang hal yang kita suarakan melalui media sosial dapat menyinggung atau membuat tidak nyaman pengguna yang lain. Apalagi jika postingan kita sudah menyinggung SARA dan menyeret salah satu pihak tertentu. Bila hal ini terjadi, tidak jarang pengguna yang lain akan memanfaatkan fitur ‘mute’, ‘report’ maupun ‘block’ sebagai metode perlindungan diri virtual.

Hal inilah yang menyebabkan Twitter dan juga media sosial lain memberlakukan penalti ini kepada pengguna. Secara sederhana, banyak pengguna lain yang tidak ingin melihat postinganmu, membaca kicauanmu atau bahkan tidak suka melihat gambar thumbnailmu. oleh karena itu, Twitter mengambil tindakan yang lebih baik yaitu dengan menyembunyikannya saja.

Renungan yang kedua adalah jangan membuat postingan yang terlalu banyak dalam jangka waktu yang singkat.

Untuk kasus ini mari kita lihat fenomena demam Kpop sebagai contoh. Bagi komunitas kpoppers pasti sudah tidak asing dengan tradisi voting yang ramai-ramai dilakukan selama musim award shows (acara penganugerahan). Pada masa ini tidak jarang pengguna akun akan menggunakan satu template tertentu untuk kemudian diposting menjadi beberapa tweet secara berurutan dalam jangka waktu yang terpaut hanya beberapa detik saja. Nah,apabila hal ini terus dilakukan, maka Twitter akan mengira bahwa akun tersebut dikelola oleh bot atau program automatisasi sehingga perlu dikenai shadowban atau bahkan dinonaktifkan langsung oleh Twitter.

Sampai disini sudah lumayan bisa dimengerti ‘kan?

So, moral dari cerita ini adalah media sosial apapun yang kamu gunakan, usahakan agar selalu berada pada batas wajar dan benar sesuai yang sudah ditentukan oleh penyedia layanan.

Kebebasan berbicara itu bukan berarti kebebasan menghina dan sopan santun dalam menggunakan media sosial tidak perlu dituliskan oleh ‘syarat dan ketentuan’ tapi perlu dibudayakan oleh semua netizen. Kembali ke topik, mari kita lihat sisi positif dari kebijakan shadowban di Twitter ini. Berita baiknya adalah akun yang terkena pinalti ini masih tetap aktif, dengan kata lain penalti shadowban ini hanya bersifat sebagai hukuman sementara kepada pengguna yang nakal. Meskipun membutuhkan waktu beberapa lama tapi lama kelamaan akun akan dapat digunakan kembali seperti sebelumnya.

sumber gambar : https://nicebrains.com/twitter-shadowban-checker/ dan https://media.wired.com/photos/5932dc8958b0d64bb35d3bf5/master/pass/twitterbot.png

Share kalau merasa terbantu :)

april

april

I'm an ARMY, are you...?

19 Responses

  1. hob says:

    Kl ngembaliin acc ny biar ga shadowbanned bisa gaa?

    • april april says:

      Terima kasih atas pertanyaanya..
      Untuk caranya sebenarnya tidak ada karena memang tidak perlu..
      Lama-kelamaan akunmu bakal kembali aktif seperti semula.. asal postingan selanjutnya gk menyalahi aturan lagi..
      karena ‘kan kita gk tahu siapa yang ngelaporin akun kita, jadi hati2 aja.. takutnya malah kena suspend..

  2. Puspita says:

    Huooo army😆 saya juga kena shadowban gara2 ngespam voting, saya harap akunnya berjalan dengan baik lgi dan saya harus mengurangi batasan tweetnya😣

    • april april says:

      Waaaaah, ma fam..
      Iya nih, banyak yg kena shadowban bahkan bbrp masternim jg kena and sampe disuspend sama twitter.. mostly karena spam voting.. my advice, kasih jangka waktu, voting tiap 3-5 menit..
      kalo storming vote gitu takutnya malah gk keitung jg sama server voternya.. abis gitu kena shadowban..
      hehe.. spread the news, fams.. thanks for the comment..

  3. amy says:

    ahahahah aku juga kena. and welcome home armys 😂 jadi ini ceritanya gimana kak? akun nya harus dibiarin banget dulu apa kita tetep bisa cek2 tl apa gimana? 🙁

    • Ina kim says:

      Ahahhaha kebanyakan Yang Kena ARMY ya lagi rame”nya Ngevote ni. Tapi punyaku nggak Bisa kebuka sama sekali, jangan jagan kena suspend lagi !!!

    • april april says:

      Hello, amy…
      Maaf baru balas ya..
      it’s okay, check timeline and browsing through.. posting jg gpp, tapi jgn spamming..

  4. Wulandari says:

    Akun yang kena shadowbanned bakal balik lagi dalam berapa hari ya? Tolong bantu aku ya

  5. Inri says:

    Klo kena suspend itu lebih parah dari shadowbanned kah..?
    Bisa tau kita kena suspend itu gimana caranya..?
    Soalnya akunku juga kena shadowbanned 😭
    Thanks

    • april april says:

      Hi, Inri.
      Iya, kalo suspend berarti akun kita udah nggak bisa dipake, soalnya itu udah kyk di non-aktifkan sama twitter..

  6. Ina kim says:

    😣😣😣😣 semoga aja bisa Digunain Lagi ARMY punya ku juga Tiba tiba kaya begitu. Harus Lebih berhati hati lagi

  7. Efelinaputri says:

    Sumpah dah w kesel,mana mau vote juga bts gimana dong:”( nyesel malah spam tadi😭

  8. Virda says:

    Ahh aku kena. Kesel padahal lagi berapi-api nya

  9. Sarah says:

    Klo akun kita ke shadowbanned kita vote melalui website bkn tweet tetap ke hitung gk ada pengaruhnya kan???

  10. Vy says:

    Berapa lama shadowbanned y kak… Krn saya butuh vote BTS…

  11. Sarah says:

    Tangan saya udh gatel mao nge vote bts lgi arghhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *