Cara menerima dan mengirim sms lewat facebook messenger

Saat ini, fungsi SMS hampir sudah tergantikan dengan aplikasi-aplikasi Messenger yang beragam. Kamu bisa menggunakan Whatsapp, LINE, Telegram, hingga Facebook Messenger untuk berkirim pesan pada seseorang.

Kemudahan berkirim pesan melalui aplikasi chatting inilah yang menjadikan fungsi SMS semakin tergeser.

Meskipun demikian, saat ini masih ada beberapa orang yang menggunakan SMS sebagai sarana berkomunikasi yang utama. Terlebih bagi mereka yang menggunakan ponsel tanpa OS, tentunya tak akan dapat menikmati layanan Messenger. Sehingga sampai saat ini SMS masih digunakan oleh sebagian orang.

Saat menghubungi seseorang melalui SMS, kamu akan membutuhkan waktu untuk membuka aplikasi messaging terlebih dahulu. Begitu pula dengan aplikasi Messenger. Sehingga sangat tidak efektif apabila kamu kemudian bergonta-ganti membuka aplikasi messaging kemudian Messenger hanya untuk menguhubungi orang-orang. Namun tahukah kamu, bahwa saat ini Facebook Messenger sudah menjawab masalah ini dengan menambahkan fitur SMS di dalam aplikasinya?

Dengan fitur ini, kamu dapat mengirimkan pesan SMS ke teman dan kerabat kamu. Messenger akan menjadi sebuah “wadah” atau tempat untuk menerima dan mengirimkan pesan, sama halnya dengan aplikasi messaging pada umumnya. Pesan dari teman di facebook Messenger dan SMS akan tergabung menjadi satu. Sehingga kamu tak perlu berpindah aplikasi untuk mengirimkan SMS. Cukup gunakan Messenger saja.

Tapi bagaimana ya, cara mengaktifkan fitur SMS pada Messenger? Kemudian bagaimana pula cara mengirimkan SMS melalui Messenger? Lalu, apakah SMS pada Messenger dikenakan biaya? Kali ini Bukugue dot com akan membahas jawaban dari pertanyaan tadi satu per satu. Simak yuk penjelasan berikut.

Cara mengaktifkan fitur SMS pada Messenger

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menggunakan fitur SMS pada Messenger adalah dengan mengaktifkannya terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur SMS adalah sebagai berikut:

1. Pada halaman utama Messenger, tap foto profilmu pada ujung kiri atas untuk membuka menu Facebook Messenger.

tap foto profilmu untuk membuka menu messenger

2. Scroll layar ke bawah, kemudian tap pada menu SMS.

scroll layar kebawah, dan tap SMS

3. Untuk mengaktifkan fitur SMS, bisa langsung men-tap turn on. Atau kamu juga bisa menggeser slider ke arah kanan menjadi aktif, seperti pada gambar berikut. Setelah itu, akan muncul dialog box, tekan yes untuk mengganti aplikasi SMS.

4. Atur nomor ponselmu dengan menekan your phone number, setelah itu masukkan nomer ponselmu. Lalu tap OK.

Selain mengatur nomer ponsel, kamu juga dapat mengatur settingan SMS lainnya melalui halaman ini. Kamu dapat mengatur tanda khusus pada SMS, notifikasi preview, suara notifikasi, bahkan disini kamu juga dapat mengatur nomor-nomor yang diblokir sama halnya seperti aplikasi messaging

Cara membedakan pesan Messenger dan SMS

Dengan diaktifkannya fitur SMS pada Messenger, maka secara otomatis pesan pada Messenger dan SMS akan bercampur menjadi satu. Meskipun demikian kamu dapat mengetahui perbedaannya dengan melihat tanda khusus seperti pada gambar berikut.

Caranya, kamu hanya cukup menekan icon SMS pada kolom pencarian di halaman utama Messenger seperti diatas. Maka, secara otomatis Messenger hanya akan menampilkan pesan SMS saja. Sedangkan untuk mengembalikannya ke posisi semula, kamu cukup menekan tanda silang (x) pada icon SMS tadi. Dengan demikian, pesan Messenger akan kembali ditampilkan.

Cara mengirim SMS melalui Messenger

Untuk mengirimkan SMS melalui Messenger, caranya tidaklah berbeda jauh dengan cara mengirimkan SMS seperti biasa. Jika masih bingung bagaimana caranya, simak penjelasan sebagai berikut.

  1. Yang pertama kamu lakukan adalah menekan icon pensil pada Messenger untuk membuat pesan baru.
tap icon pensil untuk menulis pesan baru

2. Setelah itu kamu dapat mencari nama kontak dengan bantuan kolom pencarian. Tap nama kontak yang akan kamu kirimkan pesan SMS dengan Messenger.

tap orang yang ingin kamu kirimi pesan singkat

3. Tulis pesan seperti biasa pada kolom yang tersedia dan kirimkan pesan.

tulis pesan dan tap icon kirim

4. Akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut, tekan OK. Jika kamu tak ingin lagi pertanyaan yang sama muncul, tap centang pada don’t ask again lalu tap OK.

beri centang dan tap OK
beri centang dan tap OK

5. Jika muncul lagi notifikasi seperti berikut, tap centang pada remember my choice dan tap send untuk melanjutkan pengiriman pesan SMS.

beri tanda centang dan tap send
beri tanda centang dan tap send

Apakah mengirimkan SMS melalui Messenger akan dikenakan biaya?

Facebook Messenger pada dasarnya hanyalah menggantikan fungsi dari aplikasi messaging reguler. Jika fitur SMS dihidupkan, Messenger hanyalah menjadi wadah atau tempat berkirim SMS saja. Sedangkan untuk biayanya, kamu akan dikenakan sesuai dengan tarif SMS operator yang kamu gunakan, sama halnya jika kamu mengirimkan SMS melalui aplikasi messaging bawaan ponsel.

Oleh karena itu, jika ditanya, apakah mengirimkan SMS melalui Messenger akan dikenakan biaya? Jawabannya adalah, iya dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan operator yang digunakan.

Selain dapat mengirimkan pesan singkat melalui fitur SMS ini, kamu juga dapat menelpon seseorang dengan menekan icon telepon pada halaman percakapan. Nantinya, kamu akan langsung terhubung dengan aplikasi telepon (panggilan) bawaan ponsel. Jadi berbeda halnya dengan fitur sms, untuk fitur telepon, Messenger hanya menyediakan “tombol” saja. Messenger tidak memberikan “tempat khusus” untuk menelpon nomor seseorang. Begitu pula dengan biayanya, semua biaya panggilan tetap akan diberlakukan sesuai dengan ketentuan operator yang kamu gunakan.

Memakai aplikasi Messenger untuk menggantikan aplikasi SMS bawaan ponsel memang memberikan kemudahan untuk kita. Meskipun demikian, Facebook Messenger tidak secara cuma-cuma memberikan layanan untuk mengirimkan SMS secara gratis. Karena kamu tetap dikenakan biaya, maka dari itu, tetaplah sediakan pulsa lebih untuk mengirimkan SMS jika memang perlu.


Demikianlah itu tadi informasi mengenai cara mengirimkan SMS melalui aplikasi Facebook Messenger. Simak informasi menarik lainnya seputar media sosial, hanya di Bukugue dot com. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan