Stiker suhu di instagram story hilang? Ini solusinya

Pernah suatu kali aku merasa iri dengan temanku. Sebenarnya, keirianku itu sangat sederhana. Aku tidak bisa memberi sticker suhu di Instastory Instagram, karena sticker suhunya tidak muncul sama sekali.

Nah, apakah kamu juga pernah mengalami apa yang kualami? Di mana kamu ingin menambahkan suhu di Instastory, tetapi fitur ini tidak muncul walaupun sudah dicari-cari dengan teliti.

Berikut ini pengalamanku dalam memecahkan masalah ini.

Percobaan I – Satu akun IG Login di Dua HP

Rasa penasaranku itu berujung pada percobaan sederhanaku beberapa hari ini. 

Aku menggunakan satu akun IG (@sinause.id, ini akun IG baru yang berumur sekitar 1 minggu) untuk dua HP.

  • HP pertama adalah Vivo Y53 dengan Operating System (OS) Android 6.0 (Marshmallow)
  • HP kedua adalah Samsung Duos SM-G130HN (Samsung Young 2) dengan OS Android 4.4 (Kitkat).

Selanjutnya, aku menginstall aplikasi Instagram di kedua HP percobaan ini. Sejauh ini masih tidak ada perbedaan, aku bisa menginstall, membuka aplikasi, dan login ke akunku dengan lancar. Selanjutnya, aku coba untuk membuat Instastory, sampai di langkah ini, masih tidak ada perbedaan, semua masih sama, tanpa kendala.

Ketika sudah memfoto objek yang ingin kujadikan percobaan, langkah selanjutnya aku coba tap di menu sticker.

Nah, di sini teman-teman bisa melihat ada perbedaan antara HP pertama dan HP kedua. Di HP dengan OS Marshmallow terdapat sticker memunculkan suhu, tetapi di HP dengan OS Kitkat tidak ada sticker suhu.

Sampai di sini, aku menduga-duga mungkin karena OS berbeda, maka versi Instagramnya juga berbeda, aku cek versi aplikasi Instagram ternyata sama (Instagram Versi 117.0.0.28.123). Artinya sampai di sini, OS tidak berpengaruh pada versi aplikasi Instagram terbaru.

Dugaan selanjutnya, mungkin karena OS berpengaruh pada kinerja Instagram, masuk akal, sih.

Nah, dengan modal nekat, aku coba upgrade OS HP Samsung karena fitur suhu tidak muncul di HP Samsung. Aku berhasil mengupgrade HP Samsung menggunakan Lineage OS dengan versi Android 6.0 (Marshmallow).

Setelah upgrade OS
Custom Rom (SAMSUNG YOUNG 2)

Kupikir dengan upgrade Custom Rom, dapat mengatasi fitur suhu Instagram yang tidak muncul ini, nyatanya, tetap sama saja. Dengan os Android 6.0 pun ternyata masih sama saja, atau masalah tidak teratasi.

Mungkin jika teman-teman mau testing, silahkan saja coba dengan HP teman-teman. Namun, aku tidak bertanggung jawab jika terjadi kegagalan ketika mencoba upgrade OS karena disini aku pake OS tidak resmi. Jika ingin uji coba, pastikan untuk paham betul prosesnya.

Yang jelas, aku coba menggunakan custom rom, hasilnya tetap sama saja, atau tidak mengatasi masalah.

Percobaan II – Dua Akun IG dalam Satu Aplikasi Instagram

Percobaan keduaku ini, kubalik dari percobaan pertama.

Aku coba menggunakan 2 akun Instagram, satu dengan username @aayogap (akun IG sudah lama, kira-kira berumur 1 tahun), satunya lagi dengan akun @sinause.id.

Aku coba login menggunakan akun @aayogap di HP Vivo Y53.

Di HP Vivo Y53, dengan akun @aayogap aku bisa menambahkan fitur suhu di Instagram. Namun, ternyata ketika aku login menggunakan akun @sinause.id tidak ada fitur menambahkan suhu di Instastory.

Simpulan dan Solusi

Nah, dari sini, aku menarik simpulan masalahnya bukan dari spesifikasi HP teman-teman yang kurang update, tetapi di akun Instagram teman-teman.

Seperti kasus @aayogap dan @sinause.id ini.

Aku juga menduga-duga, faktor usia akun Instagram  bisa jadi berpengaruh, bagi teman-teman yang baru saja daftar akun Instagram mungkin tidak otomatis mendapatkan fitur menampilkan suhu ini, tapi ini masih menduga-duga, untuk pastinya coba tanya ke Instagram langsung, ehehe.

Berdasarkan laman help instagram ini, sepertinya fitur sticker memang tidak merata. Artinya tidak semua orang punya akses ke semua sticker.

a. Solusi yang berhasil memunculkan suhu berdasarkan pengalamanku

1. Login dengan akun Instagram yang bisa menampilkan fitur suhu di Instastory, dan login juga dengan akun yang bermasalah (akun yang tidak bisa menampilkan fitur suhu di Instastory).

Intinya, login dua akun di satu HP.

Jika teman-teman hanya memiliki satu akun IG, coba minta tolong temanmu untuk login ke HPmu dengan akun yang bisa menambahkan suhu di Instastory, dan jangan lupa kamu juga login dengan akun bermasalah di HPmu.

2. Buat Instastory dengan akun yang bisa menampilkan suhu di Instastory, tap icon sticker, dan tap suhu, tidak perlu dipublikasikan, cukup edit letak dan ukuran suhunya.

3. Tap silang di pojok kiri atas, calon Instastory ini tidak perlu kamu simpan karena hanya percobaan, tetapi jika kamu ingin menyimpannya, tidak masalah.

Membuat Instastory

4. Jika sudah berada di beranda IG, ganti ke akun yang bermasalah, coba buat Instastory, jika ternyata masih belum ada sticker menambahkan suhu di Instastorymu, coba ulangi langkah no 2-4.

Suhu IG tidak muncul
Hasil dari Langkah no 2-4 menggunakan akun @sinause.id di VIVO Y53, terdapat fitur suhu

Aku mencoba cara ini ternyata berfungsi. Akun @sinause.id sekarang bisa menampilkan suhu.

Bahkan, setelah aku coba pindahkan ke HP Samsung Young 2, yang pada percobaan I tidak bisa menambahkan suhu di Instastory, setelah melakukan langkah diatas stiker suhunya tetap muncul.

b. Solusi dari admin

Aku ingin menambahkan penjelasan mas yoga disini, aku sendiri tadi waktu mereview tulisan ini, coba cek akun instagramku @themuhammadyudha, ternyata akun ini juga tidak ada fitur suhunya.

Aku tidak bisa testing seperti mas yoga, karena itu satu-satunya akun instagramku, dan aku tidak punya (ehm) teman yang bisa dipinjam akun ignya. Aku sendiri sadar, kalau tiba-tiba ada yang pinjam akun fb ku, aku bisa mikir berkali-kali untuk mau kasih akses ke akunku. Jadi memang dari awal, aku tidak kepikiran sama sekali untuk minjam akun teman/keluarga.

Aku sempat cari informasi diblog luar, dan testing berdasarkan saran/solusi mereka, dan disatu titik stiker suhunya muncul. Tapi sayangnya aku tidak bisa memastikan langkah mana yang ampuh, karena aku coba banyak hal. Jadi disini aku akan list semua langkah yang aku coba, teman-teman bisa coba sendiri.

  1. Pertama, aku buka instagram, masuk ke menu pembuatan story, masuk ke bagian sticker, dan tidak ada muncul sticker. Aku coba cari dikolom pencarian dengan keyword “temp”, “temperature”, “suhu”, tidak muncul sama sekali.
  2. Aku lalu lanjutkan ikuti tutorial, disana aku diminta mengaktifkan GPS untuk melacak lokasi, dan memastikan bahwa instagram boleh mengambil informasi lokasi dari GPSku.
  3. Aku buka lagi instagram, coba lagi, dan masih tidak ada stiker suhunya. Aku coba cari lagi dengan keyword2 tadi, masih tidak ada.
  4. Aku keluar instagram, force close aplikasi instagram
  5. Masuk lagi ke instagram, cek instagram story masih belum ada stikernya.
  6. Disini aku masuk ke setting di story, untuk lihat apakah ada setting yang terlewat, ternyata tidak ada, aku balik lagi ke pembuatan story, aku testing fitur face app, test mebuat stiker lokasi, test membuat stiker polling, test membuat quiz, dan pas mau test stiker lain, stiker suhunya sudah ada.
  7. Yup, aku tidak yakin langkah bagian mana yang solusinya.

UPDATE: Barusan aku testing matikan GPS, dan stiker suhunya HILANG. Jadi sepertinya erat kaitan GPS dengan sticker ini. Jadi disini solusiku agak beda dari mas yoga, yang harus kalian lakukan adalah menghidupkan GPS, lalu restart ponsel kalian, buka aplikasi instagram, lalu tunggu sekitar semenit sambil lihat-lihat stiker lain, dan tiba-tiba akan muncul stiker suhunya. Aku udah testing 2 kali, dan berhasil dua kali juga dengan cara ini.


Nah, gimana? Udah nyoba langkah-langkah di atas? Apakah berhasil? Jika kamu menemukan solusi yang lain, coba tuliskan di kolom komentar, ya!

Andreas Aditya Yoga Prasasta

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

Tinggalkan Balasan