Cara mengatasi “Kesalahan Jaringan yang tidak diketahui” di Instagram

Pernahkah, ketika kamu lagi asyik pansos (panjat sosial) di Instagram, tiba-tiba muncul notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui”? Kamu pun coba merefresh aplikasi dan logout, tapi pesan tersebut tetap muncul begitu kamu membuka aplikasi Instagram lagi. Kamu tentu bertanya-tanya: apa yang sedang terjadi?

Mengapa bisa muncul notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui” ?

Munculnya notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui” merupakan bagian dari error yang bisa terjadi pada aplikasi Android apapun, termasuk Instagram. Hal ini terjadi karena suatu kondisi, yaitu Hp kita tidak bisa menjangkau server Instagram dan sebaliknya. Ada tiga kondisi yang menyebabkannya. Apa saja itu?

  • Server Instagram down.
  • Koneksi internet error atau tidak stabil.
  • Pemerintah membatasi masyarakat mengakses akses ke aplikasi tsbt.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya!

A. Server Instagram down

Faktor pertama yang menjadi biang kerok penyebab munculnya notifkasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui” adalah server Instagram down. Ketika hal ini terjadi pengguna takkan bisa mengakses Instagram, baik dari aplikasi maupun websitenya langsung di browser.

Hal ini sempat terjadi beberapa waktu lalu, sekitar awal tahun, dimana tiga aplikasi besar (Facebook, WhatsApp, dan Instagram) mengalami down. Sebagian besar user IG di Indonesia tidak bisa mengakses Instagram.

Salah satu ciri Instagram error adalah kamu tidak bisa mengakses Instagram. Namun, tetap bisa mengakses aplikasi lainnya, seperti Youtube, browser, Twitter, dll.

Terus, bagaimana cara mengetahui Instagram sedang error? Coba periksa melalui tiga cara berikut ini!

Cek status server Instagram dengan situs independen

Kamu bisa memeriksa server Instagram down atau tidak di situs https://isitdownorjust.me. Caranya tinggal mengikuti langkah mudah berikut ini.

1. Buka browser apapun yang ada di Hp-mu.
2. Tulis URL https://isitdownorjust.me di kolom address.

Buka situs https://isitdownorjust.me

3. Ketika kamu sudah ada di beranda situs tersebut, tulis www.instagram.com di kolom pencariannya.

masukkan situs yang ingin diperiksa.

4. Sesudah itu, kamu klik check it!
5. Akan muncul informasi status yang berisi website yang kamu periksa itu sedang down atau tidak.

Notifikasi jika Instagram down atau tidak.

“Instagram.com seems to be working” ini artinya situs instagram bisa diakses normal oleh pihak mereka. Jadi jika kamu tiba-tiba tidak bisa akses instagram, sementara saat di cek ternyata instagram bekerja dengan normal, maka instagram tidak sedang down, tapi masalahnya ada di ponsel kamu.

Selain situs https://isitdownorjust.me, kamu juga bisa coba situs https://www.isitdownrightnow.com atau https://downdetector.co.uk. Ada banyak tool online untuk cek hal ini. Jadi jika kamu ragu, bisa coba beberapa tool detector sekaligus biar yakin.

Coba buka akun IG-mu di aplikasi atau hp lain

Untuk memastikan Instagram down atau tidak, kamu bisa buka memakai browser atau memakai Hp lain. Jika punya akun kedua, kamu juga bisa jajal untuk membukanya. Saat notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui” tetap muncul, maka besar kemungkinan Instagram error.

Bertanya pada orang lain

Kamu bisa menanyakan teman-temanmu untuk memastikan apa Instagram down atau tidak? Karena, jika suatu situs down, maka orang-orang juga takkan bisa mengaksesnya.

Setelah tahu Instagram error, apa solusinya yang bisa dilakukan? Jawabannya tidak ada. Keerroran sebuah situs tidak bisa diatasi siapapun, kecuali developer web itu sendiri. Instagram juga sama. Satu-satunya jalan, kamu tunggu sampai server Instagram normal kembali.

Admin: Kalau kamu nemu instagram error, silahkan browsing blog ini sambil menunggu instagram kembali bekerja normal. 🙂

B. Koneksi internet error atau tidak stabil

Koneksi internet tidak stabil juga bisa menyebabkan aplikasi Instagram tidak bisa diakses dari Hp kamu. Misalnya, jaringan internet dari operatormu sedang diperbaiki, dan menyebabkan sinyal internetnya lemot.

Jika itu masalahnya, kamu tinggal pindah tempat ke lokasi yang jaringan internetnya bagus. Namun, andai kata kamu enggan geser ke tempat lain, silakan utak-atik Hp sendiri seperti tertuang dalam artikel pada laman bantuan Instagram di https://help.instagram.com/370569449686414.

  1. Reboot/restart Hp.
  2. Mematikan data internet Hp, kemudian menghidupkannya kembali. Atau mengaktifkan mode pesawat, lalu menonaktifkannya kembali. Biasanya, ketika hal ini dilakukan, jaringan internet akan ngebut, meskipun beberapa waktu kemudian kembali normal.
  3. Tukar jaringan internet – syaratnya kedua kartu SIM-mu terisi kuota internet. Kamu bisa memakai SIM 1 menjadi SIM 2 atau SIM 2 menjadi SIM 1.

Jika ketiga hal diatas sudah kamu jajal, tapi notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui” tetap nongol, bisa jadi provider internet kartu SIM-mu sedang error.

Terus bagaimana solusinya? Ada dua hal yang bisa aku sodorkan: ganti kartu SIM atau cari WiFi yang mumpuni.

C. Pemerintah membatasi masyarakat mengakses aplikasi

Beberapa waktu lalu, sekitar tanggal 21-23 Mei 2019, aplikasi Instagram (Facebook dan WhatsApp) kembali sulit diakses penggunanya. Menurut informasi yang beredar, pemerintah Indonesia membatasi akses ke aplikasi-aplikasi tersebut untuk menekan berita hoaks, sebab ada kerusuhan terkait pemilu di Jakarta.

Bila hal itu yang terjadi, maka kamu bisa mengatasinya dengan aplikasi bernama VPN (Virtual Private Network) yang bisa diunduh dari Playstore. Apa itu VPN? Yaitu sebuah sistem yang memiliki kemampuan menghubungkan perangkat (smartphone, tablet, maupun komputer) ke komputer server VPN yang ada di suatu tempat dengan bantuan internet.

Hal itu membuat jaringan internet kita, yang awalnya menggunakan jaringan lokal, akan terbaca memakai jaringan sesuai komputer server VPN berada. Dengan begitu, kita bisa mengakses internet sesuai aturan di negara tempat komputer server VPN itu berada.

Lalu, bagaimana cara memasang VPN dan cara pakainya? SImak penjelasan dibawah ini.

Ada beragam jenis aplikasi VPN yang bisa digunakan, tapi aku memilih VPN Monster karena ukurannya kecil dan sama sekali tidak perlu login.

Admin: Untuk yang satu ini admin beda pendapat sedikit, admin sendiri pakai aplikasi 1.1.1.1 dari cloudflare untuk vpn. Alasannya panjang, tapi admin percaya sama cloudflare. Situs ini sendiri pakai tool (CDN) dari cloudflare dan bayar 20 USD tiap bulannya, jadi bisa dibilang admin percaya karena sudah pakai tool cloudflare sejak lama, bahkan sebelum aplikasi 1.1.1.1 di buat.

1. Buka aplikasi VPN Monster.
2. Tab tombol power, dan tunggu aplikasi mencari jaringan internet yang cocok buat kamu.

VPN belum aktif.

3. Dan selamat, VPN kamu telah aktif.

VPN sudah aktif.

Kamu bisa coba akses ke situs facebook atau instagram lagi. Biasanya blokir pemerintahpun akan tembus dengan hal ini.

Admin: Apakah aman pakai vpn? Jawabannya aman. Tapi akan lebih aman kalau pakai vendor vpn yang terpercaya. Aku sendiri pernah baca ada berita tentang vendor vpn yang menjual data penggunannya ke pihak lain. Selain itu ada tipe vpn yang saling berbagi resource saat diaktifkan. Jadi sebenarnya aman, asalkan yang dipilih benar-benar vendor yang baik. Menurutku begitu sih,


Itulah cara mengatasi error “terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui” pada Instagram. Semoga membantu, dan kamu bisa login Instagram tanpa masalah. Selamat mencoba!

Share woy :D

Tinggalkan Balasan