Trik tersembunyi Instagram Story yang jarang diketahui

Fitur instagram story atau biasa disingkat sebagai insta story merupakan salah satu fitur favorit dari para pengguna instagram di seluruh dunia.  Selain itu pengguna instagram juga sering menyebut insta story sebagai snapgram. Ini dikarenakan dengan mengupdate story, kita bisa membagikan foto, video, maupun teks seperti halnya pada snapchat.

Kamu juga dapat menambahkan fitur sticker dan tulisan artistik lainnya untuk memperindah tampilan storymu.

Selain memiliki fitur sticker, instagram story juga memungkinkanmu membuat video boomerang. Ya, video boomerang beberapa waktu terakhir ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan orang pengguna instagram. Video loop ini merupakan salah satu dari sekian fitur instagran story yang bisa kamu gunakan.

Selain fitur-fitur tadi instagran story juga menyediakan fitur “tersembunyi” atau “rahasia” yang tidak banyak orang mengetahuinya.

Penasaran apa saja fitur tersebut? Lihat yuk informasi berikut ini.

1. Kamu bisa mengubah warna tulisan sesuai warna yang ada digambar

Lupakanlah cara lama yang menggunakan pilihan warna terbatas. Dengan sedikit trik kamu dapat mengganti warna tulisan sesukamu, dan kamu bisa menggantinya dari sampel warna dari gambar yang kamu ambil atau kamu upload. Menarik bukan?

Kali ini kami akan mencoba mengupload sebuah foto dengan latar tempat stasiun kereta api. Disini kami akan coba mengganti warna tulisan seragam dengan warna garis orange pada lantai stasiun ini.

Kamu cukup menuliskan kata yang ingin kamu sampaikan. Setelah itu tap icon dropper (ikon dipaling kiri, disebelah warna putih).

Pilihlah sample warna yang kamu inginkan. Karena kami ingin mengubah warnanya sama dengan garis kuning ini, maka tap sampel warna pada garis kuning. Dan tada! Kini warna tulisan di storymu sudah seragam dengan gambar yang kamu upload.

2. Kamu dapat menutup gambar dengan warna yang polos.

Kamu bisa menempatkan gambar dibelakang warna polos. Tujuannya apa? Kalau kamu baca tulisan ini sampai selesai, kamu akan paham.

Untuk melampisi gambar dengan warna polos, yang perlu kamu lakukan adalah meng-capture foto atau menguploadnya dari ponselmu ke story seperti biasa. Lalu tap ikon doodle (ikon disebelah ikon Aa).

tap icon pulpen pada story

Kemudian setelah itu kamu akan berada di tempat menambahkan doodle. Disini pilih ikon pulpen. Pilih warna dibagian bawah layar. Lalu tekan dan tahan dibagian gambar selama 3 detik, lalu lepas. Maka gambar akan tertutupi dengan warna seperit gambar dibawah.

pilih warna, tap dan tahan selama 3 detik

Gambar ini dapat kamu gunakan sebagai latar belakang tulisan atau kamu juga bisa memanfaatkan fitur eraser untuk menghapus sebagian gambar seperti pada foto ini.

hapus warna dengan eraser dan foto dibelakang akan kembali terlihat
hapus warna dengan eraser dan foto dibelakang akan kembali terlihat

Oh iya, selain dapat menutupi gambar dengan warna yang solid, kamu juga dapat menutupi gambar di insta story dengan warna yang transparan.

Caranya tidak jauh berbeda dengan trik diatas. Perbedaannya hanyalah pemilihan jenis pen. Jika ingin membuat gambarmu tertutup oleh warna yang transparan, kamu dapat mengklik icon stabilo dan pilih warna yang kamu sukai. Setelah itu tap dan tahan selama 3 detik (seperti cara sebelumnya) dan gambarmu akan tertutupi oleh warna transparan.

Admin: Aku yang tidak aktif di instagram memang agak lama paham bagian ini. 😀

3. Kamu dapat membuat tulisan dengan efek warna gradasi.

Selain dapat memilih warna sesuai keinginan dari sampel warna pada gambar, kamu juga dapat membuat tulisan dengan efek gradasi warna.

Caranya pun cukup mudah. Kamu cukup tambahkan tulisan digambar, lalu blok tulisan yang ingin kamu ubah efek warnanya.

Setelah itu gunakan dengan dua jari, satu jari di atas untuk menggeser kursor pada tulisan, sedangkan jari yang kedua di bawah untuk memilih warna pada palet. Warna yang dihasilkan terlihat pada gambar berikut.

Admin: Bagian ini aku juga sulit mengerti, memang agak sulit dijelaskan. Disini kamu pakai 2 jari, 1 jari menggeser posisi blok tulisan, satu lagi menggeser posisi warna. Jadi bloknya dilepas sedikit2 sambil warnanya diubah. Mungkin kalau ada yang ga ngerti, aku bisa tambahkan video untuk ini.

Atau kamu juga bisa mendesain tulisan sesuai keinginanmu seperti gambar berikut.

contoh gradasi warna pada teks di insta story
contoh gradasi warna pada teks di insta story

4. Kamu dapat membalikkan kamera saat membuat boomerang.

Tahukah kamu bahwa kita bisa membalikkan kamera saat kita membuat story melalui boomerang? Jika kamu membuat boomerang dengan mengetuk tombol shutter sebanyak 3 (tiga) kali, maka secara otomatis kita akan dapat membalikkan kamera.

Meskipun video yang dihasilkan kurang halus saat kami mencobanya, akan tetapi ini bisa jadi pilihan untukmu jika kamu merasa bosan dengan insta story yang itu-itu saja.


Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah trik-trik yang telah kami bagikan tadi mengharuskan kamu untuk menginstall aplikasi tambahan? Jawabannya, tentu saja tidak. Semua pengguna instagram dapat melakukan trik tadi tanpa harus menginstall aplikasi tambahan tertentu.

Instagram pada dasarnya sudah menyediakan fitur-fitur tadi. Meskipun demikian tidak banyak orang mengetahuinya.

Kamu dapat membebaskan kreativitasmu sendiri melalui sticker, emoji, dan pooling interaktif. Selain itu, saat ini kita juga dapat dengan bebas memilih efek story yang cukup beragam. Semakin berjalannya waktu, Instagram semakin membebaskan penggunanya untuk berkreasi, termasuk di dalamnya melalui insta story.

Jadi bagaimana, tertarik untuk mencoba trik-trik diatas?

Semoga dengan tips ini para pembaca Bukugue dot com dapat memahami trik rahasia untuk memaksimalkan tampilan insta story ini ya.

Ikuti terus informasi menarik lainnya seputar media sosial. Informasi terupdate seputar media sosial hanya di Bukugue dot com.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan