Urutan like di Instagram berdasarkan apa?

Pernah tidak, kamu perhatikan urutan like di Instagram? Urutan like Instagram yang baru memang bisa menimbulkan pertanyaan bagi penggunanya. Ini dikarenakan, urutan yang dimunculkan terkesan acak. Namun seringkali orang-orang yang kamu kenal menjadi urutan teratas dalam list ini.

Banyak yang mengira bahwa orang-orang yang menempati urutan teratas pada daftar tadi merupakan orang yang gemar stalking isi Instagram-mu. Apakah benar demikian?

Nah kali ini kami akan berusaha menjelaskan urutan like di Instagram berdasarkan apa. Selain itu urutan like di Instagram juga seringkali mengalami perubahan. Apa yang menyebabkan urutan like Instagram berubah? Apakah ada “arti” tersendiri dari urutan like tsbt? Silahkan simak informasi berikut ini.

A. Urutan like Instagram berdasarkan apa?

Pada awalnya, Instagram mengurutkan peringkat likers berdasarkan kronologi waktu.

Urutan teratas merupakan recent likers atau orang yang baru saja menyukai postinganmu. Namun kini Instagram sudah tak lagi menyusun urutan like di Instagram berdasarkan waktu, melainkan algoritma tertentu.

Algoritma Instagram ini lebih sulit dipahami secara pasti apa yang menjadi faktor-faktornya. Akan tetapi kami akan memberikan gambaran kemungkinan faktor apa saja yang berpengaruh terhadap urutan ini. Apa saja hal yang menentukan tersebut?

1. Likes sebelumnya

Kita akan mulai pada hal yang dasar terlebih dahulu, yaitu likes. Selama ini kamu mungkin berasumsi bahwa urutan likers dapat ditentukan dari seberapa sering mereka menyukai postinganmu. Ya, orang yang banyak menyukai postinganmu sebelumnya dapat muncul pada urutan like teratas di Instagram.

Nah sekarang supaya tidak penasaran, coba deh cek pada urutan likers di postingan-postinganmu. Apakah orang yang menjadi urutan teratas pada list ini sering menyukai postinganmu?

Meskipun demikian, menyukai postingan sangat gampang dilakukan dan banyak orang yang dapat melakukan ini. Sehingga seringkali hal ini menjadi bias. Jika seseorang menyukai postinganmu kemudian meninggalkan komentar, mungkin dia dapat menaikkan urutannya pada daftar likers.

2. Mutual engagement

Hubungan timbal balik melalui media sosial Instagram akan menentukan urutan like di Instagram. Engagement yang dimaksud adalah seberapa sering kamu saling berhubungan dengan para likers. Aktivitas seperti berkirim DM, menyukai, dan berkomentar pada postingan akan berpengaruh besar terhadap urutan like di Instagram. Semakin sering kamu berinteraksi dengan temanmu, maka dia bisa jadi akan menjadi urutan like teratas di Instagram.

Meskipun demikian, dari pengalaman penulis mutual engagement tidak serta merta berdiri sendiri sebagai penentu urutan like di Instagram. Bahkan pada beberapa postingan, ada pula orang-orang yang jarang berinteraksi dengan penulis namun menempati posisi teratas pada urutan like.

3. Aktivitas terkini

Selain faktor tadi, aktivitas terkini seperti komentar, like, maupun share juga dapat mempengaruhi urutan likers. Jika seseorang baru saja meninggalkan komentar, maka posisi orang tersebut pada daftar bisa saja naik. Meskipun naik, namun ini juga tidak menjamin orang tersebut dapat terus menjadi urutan teratas pada list. Faktor lain yang juga mempengaruhinya mungkin akan membuat orang tadi bergeser urutannya.

4. Jumlah followers

Jumlah pengikut dari orang yang menyukai postinganmu juga bisa turut mempengaruhi urutan like di Instagram. Jika mereka memiliki pengikut dan audience yang banyak, maka mereka juga dapat menempati posisi teratas pada urutan like. Namun ini bukan berarti dapat berlaku sebaliknya. Urutan terbawah tidak diisi oleh mereka yang followersnya sedikit.

5. Verified account

Hal yang cukup mengejutkan adalah akun yang terverifikasi dapat dengan cepat melesatkan posisinya pada urutan like di Instagram. Centang biru juga akan menjadi hal yang cukup berpengaruh dalam perhitungan algoritma Instagram.

Apakah realitanya benar demikian? Penulis sendiri belum pernah membuktikannya secara langsung sih. Akan tetapi ini cukup logis mengingat impact dari akun terverifikasi yang cukup besar. Belum lagi privilege atau hak istimewa pemegang centang biru juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Selain karena akun resmi itu sendiri, bisa jadi ini masih berkaitan dengan jumlah followers. Ini mengingat untuk mendapatkan akun centang biru, maka ada syarat seperti jumlah followers minimal yang harus dipenuhi.

6. Tagging

Hal lainnya yang dapat menjadi penentu urutan like adalah tagging. Jika kamu telah memberikan tag kepada temanmu di sebuah postingan, maka temanmu tadi bisa jadi akan menempati urutan teratas pada daftar likers. Begitu pula jika kamu diberi tagging oleh temanmu, maka urutan temanmu pada daftar likers juga dapat naik. Namun seperti yang lain, posisi tadi juga masih dapat tergeser dengan akun-akun lain yang juga berkaitan dengan faktor lainnya.

7. Hashtag

Satu lagi hal yang dapat menentukan urutan like di Instagram adalah hashtag. Instagram juga dapat mencocokkan hashtag apa saja yang sering digunakan likers. Jika hashtag yang kamu gunakan pada postinganmu cocok dengan hashtag yang sering digunakan oleh temanmu, maka mereka dapat menjadi urutan teratas pada daftar.

B. Urutan like Instagram terbawah

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi faktor penentu seseorang dapat menjadi urutan teratas dalam daftar tadi, bagaimana dengan urutan terbawah? Apakah algoritma Instagram masih berlaku disini?

Jawabannya, algoritma Instagram mungkin masih berlaku. Meskipun demikian, urutan paling bawah dalam list ini adalah mereka yang tidak kita ikuti balik. Jadi walaupun kamu pernah melakukan kontak dengan seseorang yang tidak kita ikuti akunnya, tetap saja orang tersebut akan berada pada urutan terbawah dalam daftar.

C. Bagaimana dengan likes yang hanya berupa angka saja?

Ada pula postingan dengan likes yang hanya berisi angka saja, tanpa menyebutkan username seseorang. Jika muncul likes yang seperti ini, itu artinya tidak ada orang yang sesuai dengan kriteria tadi.

likes yang hanya berupa angka saja

Orang-orang yang menyukai postingan ini bisa jadi sama sekali tidak pernah berinteraksi, maupun saling follow denganmu. Urutan yang ada pun tidak diperhitungkan berdasarkan kronologi. Ini sebabnya daftar yang ditampilkan pun menjadi acak.

D. Mengapa urutan like di Instagram berubah?

Urutan like di Instagram terkadang juga dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi terkini. Orang yang menempati posisi teratas pada urutan like di Instagram belum tentu akan kembali menempati urutan teratas kembali. Bahkan pada satu postingan sekalipun urutan dapat berubah sesuai dengan algoritma.

Perlu dicatat bahwa urutan yang terbentuk bukan hanya berdasar pada 1 faktor saja. Semua penentu tadi turut menjadi hal yang diperhitungkan algoritma Instagram. Ini sebabnya urutan like di Instagram seringkali terlihat acak.

Nah bagaimana, apakah kini kamu sudah mengerti urutan like di Instagram berdasarkan apa? Meskipun cukup kompleks, akan tetapi setidaknya kini kamu sudah tahu kan apa saja hal-hal yang dapat menentukan urutan tadi?


Sekian dulu pembahasan kali ini. Ikuti terus informasi seputar sosial media terupdate hanya di bukugue.com.

Sumber:

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan