Bisakah pakai 1 akun Instagram di 2 HP?

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Menurut WeAreSocial dan Hootsuite, Indonesia menempati urutan ketiga sebagai pengguna Instagram terbanyak di dunia, setelah AS dan Brasil di tahun 2018.

Ada beragam tujuan seseorang menggunakan Instagram sebagai platform media sosialnya – misalnya jualan online, jadi influencer, promosi brand, dll. Nah, untuk tujuan tersebut, banyak pengguna Instagram membuat beberapa akun.

Mengelola beberapa akun Instagram juga tidak sulit. Hanya perlu satu smartphone saja. Sebab, para pengguna Instagram bisa login dua akun Instagram (atau lebih) di satu perangkat.

Lalu bagaimana kalau sebaliknya? Bisa tidak kalau satu akun Instagram login di dua hp berbeda secara bersamaan? Jawabannya, bisa banget!

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan.

  • Pertama, kamu bisa login akun Instagram di dua smartphone dengan aplikasi official Instagram yang kamu unduh di PlayStore.
  • Kedua, kamu bisa login kedua akun Instagram di browser.
  • Ketiga, kamu bisa login 1 akun Instagram di browser, 1 lagi di aplikasi instagramnya.

Cara Login Akun Instagram Lewat Browser

Buka browser smartphone kamu. Disini aku pakai browser Chrome, tapi kamu bebas gunain browser apapun. Masuk ke website resmi IG di instagram.com.

Masukkan username, email, atau no telpon.

Isi detail login seperti biasa, lalu tap “login”

Kamu sudah masuk akun Instagram via browser.

Kamu sudah masuk deh di Instagram. FYI, kamu juga bisa melakukan login dengan langkah-langkah yang sama menggunakan browser apapun di perangkat apapun, termasuk komputer / PC.

Cara Login Akun Instagram Lewat Aplikasi

Disini kita pakai aplikasi resmi dari instagram. Aplikasi ini umumnya bisa digunakan di ponsel atau tablet. Bisa di download langsung dari playstore. Pertama, buka aplikasi Instagram kamu.

buka aplikasi IG dan masukkan username, no telpon, email, terus masukin password.

Isi detail login, laltu tap “Masuk”

Kamu sudah masuk akun IG kamu.

Sampai sini, kamu sudah masuk aplikasi Instagram Android. Mudah kan?

Cara login satu akun Instagram di dua hp

Terus bagaimana cara login satu akun Instagram di dua HP? Nah, kamu tinggal kombinasikan cara diatas sesuai kebutuhan.

Misalkan, kamu mau buka akun Instagram di dua HP lewat aplikasi official dan browser, ya kamu tinggal lakukan cara kedua di HP A dan cara pertama di HP B.

Oiya, aku sempat ambil screenshot, sebagai bukti kalau login satu akun IG bisa di dua HP. Dan aku coba posting satu objek dengan dua sudut pandang. Screenshot diambil dengan Redmi 5A dan Samsung SM-G7102.

Keuntungan Login Satu Akun Instagram di Dua HP / Perangkat

Sebenarnya kenapa sih repot-repot login Instagram di dua HP sekaligus? Sebenarnya kalau dibilang repot ya merepotkan, dan unfaedah kalau tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Tapi aku coba memposisikan diriku menjadi mereka yang melakukannya. Dari situ aku punya dugaan kuat soal keuntungan yang bisa didapatkan ketika pemilik akun membiarkan dua HP login di satu akun Instagram. Berikut ini dugaanku soal keuntungan yang bisa didapat.

  1. Memudahkan pengelolaan akun Instagram. Sebagaimana diketahui, saat ini akun Instagram telah difungsikan sebagai “mesin pencetak uang”. Akun-akun ini bisa mempekerjakan admin dengan sistem shift 3 kali sehari per 8 jam. Hal ini akan membuat akun Instagram yang digunakan untuk mencetak uang bisa terus hidup selama 24 jam. Para admin ini tidak perlu mengakses akun lewat satu perangkat saja, melainkan bisa mengaksesnya lewat perangkat sendiri dimanapun dan kapanpun.
  2. Bisa Memposting Konten Secara Bersamaan. Ketika pemilik akun Instagram membuka di dua smartphone secara bersamaan, maka pemilik akun bisa mengunggah konten secara bersamaan. Sehingga foto yang diunggah ke Instagram bisa menghasilkan beberapa sudut pandang sekaligus.
  3. Kamu juga bisa memantau akun Instagram pacar / pasangan kamu, karena tidak ketahuan (tidak ada informasi) kok kalau kamu sudah masuk ke akun dia. Asalkan kamu tahu password akunnya.

Kerugian Login Satu Akun Instagram di Dua HP / Perangkat

Temannya keuntungan adalah kerugian. Itulah kenapa aku juga memberikan informasi soal kerugian yang akan didapat oleh akun Instagram yang login di dua perangkat sekaligus. Nah apa saja kerugian yang akan didapatkan?

  1. Akun Instagram rentan dibajak. Well, kan aku bilang di poin keuntungan, akun Instagram bisa mudah dikelola para admin, jika dibuka lewat dua HP / perangkat. Tapi kan bisa saja para admin ini lagi resek, terus mengubah password akun Instagram kamu. Sehingga akun Instagram kamu diambil alih sepenuhnya oleh dia. Hal ini bahaya apalagi konten yang dia unggah nanti adalah konten-konten yang sensitif, misalnya.
  2. Ketika kamu masuk ke akun Instagram orang lain, misalnya pacarmu / pasanganmu, tanpa diketahui olehnya, maka itu masuk ke dalam kategori pelanggaran privasi.

Tampaknya itu saja yang bisa aku sampaikan.

Semoga cara login satu akun Instagram di dua smartphone yang aku share ini bermanfaat, dan tidak ditujukan untuk merugikan orang lain. Yang ujung-ujung merugikan kita semua, karena jika sampai Instagram menilai hal ini berpotensi melanggar bukan tidak mungkin akses ini akan ditutup. Ya tidak? Semoga bermanfaat!

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    Aku punya 2 akun ig dan ku buka secara beesamaan di 1 hp. Dengan email yang sama dengan fb yang sama.satu akun aku pakai fb pribadi satu akunnya lagi ditautkan ke fb page. Awalnya baik baik saja.. Tapi.. Sekarang satu akun instagramku gak bisa kebuka hilang..tiap kali login masuknya selalu ke akun ig yang satunya lagi.akun hilang itu followers terbanyakku 😭mohon bantuan kaka…

    1. Avatar

      hmm… aku belum pernah nemu yang sperti ini mba.. saat daftar apakah ga pake nomor telpon?

      udh coba lihat profil ignya, untuk lihat apakah akunnya masih bisa diakses, apakh akunnya dinonaktifkan atau sbagainya.. Aku rasa mba bisa coba pas ngereset sandi ignya, cari akun tsbt dengan username.. harusnya username bisa jadi pembeda sih… cmiiw..

Tinggalkan Balasan