Bahasan seputar akun Base dan Menfess di Twitter

Salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna adalah Twitter. Aplikasi ini menjadi tempat berkumpulnya pengguna dengan konsep postingan berupa kata yang terbatas, berbeda dengan Instagram yang memiliki konsep postingan gambar atau foto.

Namun itu juga jadi salah satu keunggulannya, pengguna Twitter dituntut berkreasi dengan kata untuk menyampaikan tujuannya dalam satu twit yang terbatas. Jika tidak bisa, ada fitur thread untuk memuat tulisan agar lebih panjang dan lengkap.

Selain itu, kelebihan twitter adalah menjadi tempat yang memudahkan berbagai pihak mengomentari sesuatau atau bahkan berinteraksi. Misalnya publik figur, politisi, dan orang-orang terkenal lainnya biasanya menggunakan twitter untuk menyampaikan gagasannya dan berinteraksi dengan orang lain.

Nah, kemudian satu lagi keunggulan Twitter dibanding aplikasi lain adalah keberadaan base dan menfess.

Jadi, apa itu base dan menfess di twitter?

Base merupakan sebuah akun tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki minat sama untuk kemudian memberikan informasi atau mengirim pesan.

Sedangkan istilah “Mention Confess” atau disingkat “menfess” adalah pesan-pesan yang dikirim ke akun base melalui fitur direct messages, yang kemudian akan diposting oleh pemilik akun base dan dibaca oleh pengikut akun base.

Hal ini berguna karena tidak semua orang memiliki followers banyak dan bisa menanggapi hal yang disampaikan, namun melalui base kita bisa menjangkau orang-orang yang berada di luar jangkauan kita untuk memberikan pendapatnya.

Kelebihan lainnya, mengirim menfess dapat menjaga anonimitas pengguna sehingga orang lain tidak akan tahu siapa yang mengirim menfess itu. Namun hal ini juga jadi keburukan, karena biasanya dengan anonimitas, orang bebas memberikan menfess yang bahkan kadang menyinggung banyak pihak.

contoh akun base

Menfess, awalnya dikenal dari lingkup role player. Role player atau RP ini merupakan kegiatan dimana seseorang memainkan peran menjadi suatu tokoh lain, biasanya tokoh idola. Nah, dari kegiatan role player inilah istilah menfess mulai dikenal, dimana satu akun mengirim pernyataan melalui akun confess terhadap seseorang.

Ya, kalau ditarik lebih jauh sebenarnya di dunia nyata juga kita sudah mengaplikasikan menfess ini, namun dengan penyebutan yang berbeda. Di radio misalnya, radio menjadi perantara menyampaikan pesan dari seseorang untuk orang lainnya.

Perubahan akun base ke auto base

Awalnya, sebuah akun base mengirim menfess pengikutnya secara manual. Orang mengirim menfess di jam yang sudah ditentukan admin, lalu admin menerima pesan dan mempostingnya. Dengan cara ini, keuntungannya admin bisa memilah mana menfess yang layak naik dan mana yang bakal menimbulkan kegaduhan sehingga tidak perlu naik.

Setiap akun memiliki aturan yang berbeda, namun akun manual base ini memiliki kelemahan dari segi pengelolaan waktu dan tenaga. Dimana followers harus menunggu admin membuka sesi menfess yang berarti tidak open 24 jam, kemudian admin harus sabar mengecek semua menfess yang masuk dan mempostingnya.

Setelah itu, seiring dengan kemajuan, mulai muncul pihak-pihak penyedia bot untuk otomatisasi terkait hal ini. Salah satu kegunaan bot yakni melakukan cuitan otomatis, bisa juga mengunggah cuitan dari pesan di direct messages.

Dari sinilah muncul akun auto-base atau auto-menfess.

Bot yang pertama kali digunakan oleh akun-akun auto-base adalah IFTTT (If This Then That). Cara pengoperasiannya cukup mudah dan gratis.

Selain IFTTT, penyedia bot untuk auto menfess lainnya adalah biol.be yang memiliki cara kerja hampir sama namun berbayar. Saat ini banyak akun base yang menggunakan biol.be.

Beberapa akun base yang bisa kamu follow

Seiring perubahan dari manual menfess ke auto menfess, interaksi penggunapun ikut berubah. Misal dulu hanya digunakan untuk menyampaikan isi hati pengagum rahasia, sekarang lebih ke arah platform diskusi dan sharing.

Sebagai contoh, jika kamu ingin berbagi hal atau mencari informasi serta berdiskusi dengan pecinta film, kamu perlu mengikuti @moviemnfs. Untuk seputar dunia masakan dan makanan ada @foodfess2.

Seputar mahasiswa dan perkuliahan ada @collegemenfess. Seputar buku, karya sastra, dan literasi ada @literarybase. Dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mengirim menfess ke akun base?

Pertama, kamu buka akun Twitter dan pergi mengunjungi akun base yang ingin dititipkan pesan. Lalu ketuk logo pesan di bionya.

Sedikit informasi, tiap base memiliki aturan berbeda. Ada yang membuka fitur direct messagesnya untuk siapa saja, sehingga semua orang bisa bebas mengirim menfess. Tapi rata-rata fitur DM hanya bisa digunakan untuk yang sudah di followback oleh base, jadi tunggu saja sesi open follback ya.

Kedua, kirim pesan ke base dengan kode triggerednya. Tiap akun memiliki kode triggered yang berbeda, misal, literary base memiliki kode /lt, movie menfess kodenya /mvs, dan lain-lain.

Terakhir, tinggal tunggu saja selama beberapa waktu maka menfess kamu akan diposting oleh base.


Nah, itu dia beberapa informasi seputar base, menfess, dan bagaimana cara kerjanya. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Salam.

Tinggalkan Balasan