Apa itu foto profil NFT di Twitter dan bagaimana cara kerjanya

Hadirnya Twitter Blue membuat fitur Foto Profil NFT ini mencuat dan menjadi perbincangan pengguna Twitter. Pasalnya, fitur Foto Profil NFT ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang sudah berlangganan Twitter Blue.

Hadirnya fitur Foto Profil NFT bertujuan agar para penggiat NFT dapat merambah masuk ke Twitter. Sehingga Twitter dapat memperluas pangsa pasarnya.

Namun apa itu sebenarnya fitur Foto Profil NFT? Mari kita bahas

Apa itu foto profil NFT di Twitter?

Sebelum lebih jauh membahas foto profil NFT di Twitter, kamu harus tau dulu apa itu NFT. Pasti banyak yang belum paham kan, tentang NFT ini.

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token. NFT adalah sebuah asset digital, dimana seseorang dapat mewakili karya seni mereka dalam bentuk digital yang menggunakan teknologi blokchain. Karya seni yang dijadikan NFT akan memiliki sebuah token unik yang akan menjadi identitas NFT nya. Jadi meskipun ada banyak salinan, sebuah karya seni akan tetap terlacak siapa pemilik aslinya.

Nah, kemudian apa itu fitur Foto Profil NFT di Twitter? Jadi itu adalah sebuah fitur dimana kamu bisa memasang foto profil Twitter menggunakan NFT yang kamu miliki. Kalau kamu menjadi salah satu pelanggan Twitter Blue, kamu bisa memasang NFT yang kamu punya untuk dijadikan foto profil.

Bagi pengguna Twitter Blue, nantinya kamu akan mendapatkan foto profil berbentuk hexagonal yang menandakan kalau NFT kamu sudah ter-autentikasi pihak Twitter. Sehingga pihak Twitter dapat menjamin bahwa NFT yang dipasang oleh pengguna di Foto Profil mereka adalah pemilik resmi NFT tersebut.

Bagaimana cara kerja fitur foto profil NFT?

Jadi, sebelum memasang foto profil NFT di Twitter, kamu harus menghubungkan dan mem-verifikasi wallet kamu ke NFT.

Twitter mendukung hanya beberapa wallet saja untuk saat ini, diantaranya:

  1. Argent
  2. Metamask
  3. Coinbase wallet
  4. Ledger Live
  5. Rainbow
  6. Trust wallet

Jika wallet kamu sudah terhubung di Twitter, kamu baru bisa memilih foto NFT mana yang ingin kamu jadikan foto profil. Nantinya foto profil NFT kamu akan berbentuk hexagonal atau segi enam. Foto profil yang berbentuk hexagonal itu menunjukkan bahwa NFT kamu sudah terautentikasi oleh Twitter, karena banyak sekali di Twitter yang memasang foto NFT, tetapi banyak diantara mereka bukan pemilik aslinya dan tidak ter-autentikasi Twitter.

Bagaimana jika kamu ingin melihat NFT orang lain?

Bagaimana jika kamu ingin melihat NFT orang lain padahal kamu tidak bergabung di Twitter Blue? Tetap bisa kok. Nih, aku berikan contohnya.

Ketika kamu melihat akun Twitter seseorang yang sudah terpasang foto profil NFT, akan terlihat seperti pada gambar. Aku disini ambil contoh dari akun Twitter resminya milik Twitter Blue. Bisa dilihat pada bagian profilnya terlihat berbentuk hexagonal, bukan berbentuk bulat seperti biasanya. Itu menandakan bahwa akun tersebut sudah terpasang foto profil NFT dan ter-autentikasi. Apa yang terjadi ketika foto profil tersebut di klik? Coba silahkan di klik untuk melihatnya.

Nah, Ketika di klik akan muncul tampilan seperti pada gambar. Selanjutnya pilih “Lihat detail NFT” untuk melihat informasi lebih detail.

Nah, seperti inilah tampilannya. Kamu akan menemukan informasi yang lebih lengkap. Akan muncul sejumlah informasi seperti siapa pencipta NFT nya, siapa pemilik NFT saat ini, koleksi NFT lainnya yang dimiliki dan ringkasannya, detail NFT nya seperti alamat kontrak, Blokchain, ID token, standar token, dsb.

Ketika kamu scroll sampai paling bawah, kamu akan menemukan link seperti yang aku beri tanda panah pada gambar. Jika kamu klik “lainnya di opensea.io” maka kamu akan dibawa ke website opensea. Silahkan di klik link tersebut untuk melihatnya

Disini kamu akan melihat tampilan website opensea.io dimana kamu akan melihat koleksi NFT lain dari akun Twitter tersebut. Silahkan kamu scroll sendiri untuk melihat lebih lengkapnya.

Oiya, sebagai informasi tambahan, saat ini Twitter hanya mendukung NFT gambar statis dengan format JPEG atau PNG. Jadi diluar format tersebut, untuk saat ini tidak bisa.

Selain itu, fitur Foto Profil NFT ini masih terbatas hanya untuk Amerika Serikat, Australia, Kanada, Indonesia, dan Selandia Baru. Tapi meksipun begitu, seluruh pengguna masih dapat melihat foto profil NFT dari pengguna Twitter Blue kok.


Bagaimana? Sudah paham kan? Kalau kamu memiliki NFT dan memiliki Twitter, silahkan berlangganan Twitter Bule dan hubungkan wallet kamu ke Twitter agar kamu bisa memasang foto profil NFT milikmu sendiri.

Berdoa saja, semoga fitur ini akan segera hadir di negara-negara lain sehingga jangkauannya lebih luas. Supaya para pengguna Twitter di berbagai negara dapat menikmatinya juga.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *