Apa Itu Shared List di Instagram dan Cara Membuatnya (+ Screenshot Fiturnya)

Terbit

Diperbarui

Instagram baru-baru ini mengeluarkan fitur yang bernama ‘Shared List’. Disini akan dibahas terkait apa sebenarnya fitur tsbt dan bagaimana cara menggunakannya.

Langsung saja.

Sekilas mengenai fitur ‘Shared list’ Instagram

‘Shared list’ atau ‘Daftar berbagi’ adalah cara terbaru dalam membagikan story di Instagram, dimana disini kamu bisa membagikan story kamu ke sekelompok orang dalam sebuah daftar berbagi tadi.

Pada Jumat, 10 November 2023, fitur ‘Share List’ untuk Instagram Stories sudah dapat dicoba oleh pengguna aplikasi Instagram versi 308.0.0.36.109 di ponsel Android dan versi 308.0.2.18.106 untuk ponsel iOS.

Namun, fitur ini tampaknya masih digulirkan secara bertahap dikarenakan belum merata tersedia untuk seluruh pengguna Instagram.

Sekilas fitur ini mirip dengan fitur ‘Close friend’, dimana kita bisa membagikan story ke sekelompok teman dekat yang sudah kita atur sebelumnya, namun ada sedikit perbedaan ya disini.

Berikut perbedaan antara fitur ‘Shared list’ dan ‘Close friend’.

  • Fitur ‘Closed friend’ membolehkan kamu membuat sebuah daftar saja, sedangkan fitur ‘Shared list’ membolehkan kamu membuat beberapa list atau daftar yang berisi anggota yang berbeda. Misalnya, kamu bisa membuat shared list ‘Gourmet’ untuk circle pertemanan yang sama-sama pencinta makanan, ‘Pendaki’ untuk circle pertemanan sesama pendaki gunung, ‘Drama Korea’ untuk circle pecinta K-drama, dan daftar lainnya sesuai kebutuhanmu.
  • Perbedaan yang lain adalah tentang transparansi anggota dalam list. Seluruh pengguna yang dimasukkan kedalam ‘Share List’ bisa melihat anggota lain. Sedangkan untuk ‘Closed friend’, hanya kamu sendiri yang tau siapa saja pengguna yang masuk ke ‘Closed friend’ kamu.
  • Di fitur ‘Shared list’, anggota dapat menambahkan pengguna lain untuk masuk kedalam ‘Share List’ tsbt. Berbeda dengan ‘Close Friends’ hanya kamu sendiri yang bisa menambahkan pengguna kesana.
  • Warna bendera Stories Instagramnya pun berbeda-beda. Untuk konten ‘Shared List’ memiliki warna ungu. Sedangkan , untuk ‘Close Friends’ berwarna hijau.

Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Fitur ‘Shared List’

  • Ketika berbagi story ke Share List, hanya orang didaftar yang dapat melihat Stories Instagram kalian.
  • Fitur Shared List bukan milih pribadi, siapa pun yang berada di daftar dapat menambahkan lebih banyak anggota kedalamnya.
  • Cerita disembunyikan dari pengguna yang tidak ada didalam daftar.
  • Pengguna dapat menghapus diri sendiri kapan pun.

Cara Membuat ‘Shared List’ Dan Membagikan Story Kamu ke Daftar tsbt

  1. Mulai membuat story seperti biasa.
  2. Ketika akan membagikan, tap ikon ‘Shared list’.
  3. Tap tombol ‘Buat’ untuk mulai membuat daftar.
  4. Tulis nama untuk daftar tsbt.
  5. Pilih beberapa teman untuk jadi anggota, lalu tap tombol ‘Buat daftar berbagi’.
  6. Selanjutnya pilih daftar yang sudah dibuat tadi, lanjutkan dengan tap ‘Bagikan’.
  7. Story sebelumnya berhasil diunggah dan dibagikan hanya untuk pengguna di daftar berbagi (shared list) tadi.

Setiap konten yang dibagikan melalui ‘shared list’ akan memiliki penanda bendera berwarna dengan nama daftar di pojok kanan atas.

Ketika ditekan, pengguna dapat melihat Instagram Stories dari para pengguna lain yang dibagikan khusus untuk ‘Shared List’ tersebut.


Mungkin sampai disini dulu tulisan kali ini. Semoga bermanfaat dan menjawab rasa penasaran kamu terkait fitur terbaru Instagram ini. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *