Aplikasi alternatif untuk akses Facebook (ringan dan banyak fiturnya)

Tidak salah jika dikatakan Facebook merupakan jejaring media sosial terbesar di seluruh dunia. Bagaimana tidak, setelah belasan tahun dirilis, Facebook masih punya banyak pengguna dan bahkan semakin bertambah. Seiring berjalannya waktu, Facebook bahkan terus berkembang dan terus menambah fitur-fitur yang memuaskan penggunanya.

Akan tetapi, aplikasi Facebook semakin lama semakin terasa boros memori. Terlebih saat ini Facebook juga mengharuskan kita mendownload aplikasi messenger hanya untuk membuka pesan.

Belum lagi kalau kamu seorang yang sangat aktif di “banyak” sosial media. Menginstall Facebook, Messenger, dan masih harus ditambah aplikasi medsos lain yang lainnya bikin memorimu makin sempit. Belum lagi bikin hp kamu lelet/lemot.

Mungkin kamu pernah kepikiran, ada gak sih aplikasi yang bisa dipakai untuk facebook, yang ringan, simple, fitur nya lengkap, bisa multi akun, bahkan bisa gabung sama beberapa sosial media lainnya, ya gak guys? Tapi kira-kira ada gak ya, aplikasi yang seperti itu?

Well. Jawabannya ada.

Ada banyak banget pengembang aplikasi yang memang menyediakan aplikasi untuk hal ini. Dan ada banyak banget pilihannya.

Berikut ini ku kasih rekomendasi aplikasi alternatif untuk Facebook yang sudah aku coba sendiri. Aku juga jelasin mana pilihan favoritku di akhir tulisan.

Disini, aku pakai smartphone android, jadi aplikasinya bisa kamu search di google play, dan kalau yang pakai ios ataupun windows phone, bisa coba search di storenya masing-masing.

Aplikasi Facebook Official

Sebelum aku jelasin ke aplikasi yang non official, aku mau jelasin dulu kalau sebenarnya Facebook sudah menyediakan 2 aplikasi versi mini/lite yang bisa kamu gunakan jika tujuan kamu cuma pengen ngirit memori. Namun aku gak akan jelasin lebih jauh karena tujuanku disini cuma biar kalian tahu, secara umum bedanya aplikasi official dan non official itu apa aja.

  1. Facebook Lite. Kamu-kamu pasti suka dengan aplikasi ini karena meringkas semua fitur Facebook full version dengan messenger. Namun disini gak akan aku jelasin lebih detail karena sudah dibahas disini.
  2. Messenger Lite. Kalau kamu pakai Facebook cuma buat chatting sama teman-teman, kamu bisa pakai Messenger versi mini ini. Kelebihannya yang pasti gak bakal makan banyak memori di handphone kamu. Selain itu messenger lite ini juga support stiker lucu-lucu yang bisa kamu kirimkan ke teman-teman. Yang jelas, mau personal chat ataupun grup chat, pakai messenger lite ini enak dan ringan.

Aplikasi Non Official

Kalau kamu pecinta semua sosmed dan mulai ngerasa, “kok memoriku penuh banget ya sama aplikasi sosmed?”. Atau “kok bosen ya sama tampilan facebook yang gini-gini aja”. Kalau kamu ngerasa facebook official gak bisa muasin kebutuhan dan keinginanmu, gak ada salahnya kamu mencoba mendownload aplikasi non official ini. Apa aja aplikasinya? Check this out!

1. Metal for facebook

Aplikasi ini menawarkan fitur yang menarik diantaranya adalah adanya tampilan dark mode yang bisa menghemat pemakaian baterai.

Selain itu Metal juga mendukung notifikasi pada Facebook yang bisa kamu atur. Kamu juga bisa men-set password agar setiap aplikasi tidak aktif selama 5 menit, kita diharuskan memasukkan password untuk masuk lagi.

Gak mau kan, Facebookmu dibajak temenmu yang iseng? Dengan Metal for Facebook, kamu aman.

Metal juga menyediakan fitur metal bar yang dapat kita manfaatkan saat sedang tidak membuka aplikasinya. Oh ya, untuk kamu yang suka membuat cuitan di twitter, aplikasi ini juga mendukung kamu untuk bisa login ke akun twittermu lho. Lalu ukuran aplikasi ini apakah berat? Jawabannya tidak dong, cuma 4,7 MB saja.

2. Maki: Facebook and Messenger in one awesome app

Hanya dengan 5,8 MB saja, kamu bisa mendapatkan aplikasi yang dapat mengakses berbagai akun media sosial ini.

Ibarat Maki adalah bumbu masakan, dia adalah all in one purpose seasoning, semua makanan bisa masuk rasanya kalau dimasukin bumbu ini. Bagaimana tidak, hampir semua sosial media dia embat dalam satu aplikasi.

Tapi, sayang beribu sayang, yang namanya aplikasi gak selamanya sempurna sama halnya dengan manusia. Meskipun aplikasinya memiliki fitur yang banyak, tapi aplikasi ini lebih banyak fitur berbayarnya. Jadi harus keluar uang untuk bisa menikmati seluruh fitur nya.

3. Simple free for Facebook & more

Dari namanya saja sudah ketahuan jika aplikasi ini mengedepankan aspek kepraktisan atau simpel digunakan. Bahkan terlihat dari halaman beranda facebooknya, meskipun berbeda dengan tampilan default Facebook selular, aplikasi ini mudah untuk digunakan.

Sama seperti aplikasi lainnya, Simple juga men-support switch account yang artinya kamu bisa login 2 akun facebook sekaligus.

Selain itu Simple juga mendukung aplikasi sosial media yang lainnya (instagram dan twitter). Lalu untuk fitur lainnya, kamu juga bisa menyembunyikan story dari beranda, sehingga tampilan beranda facebook-mu jadi semakin simpel.

Selain itu untuk para kaum irit kuota (kayak penulisnya), kamu juga men-disable gambar seperti jika kita menggunakan zero facebook atau facebook gratis.

4. Lite for facebook

Hanya berukuran 4,8 MB saja, dengan aplikasi ini anda sudah bisa mendapatkan Facebook, Instagram, dan Twitter dalam satu aplikasi.

Meskipun demikian secara umum tampilan facebook dari aplikasi ini sebenarnya hampir sama seperti saat kita mengakses facebook melalui browser ponsel.

Selain itu, yang agak disayangkan juga dari aplikasi ini adalah adanya iklan yang sedikit mengganggu untuk versi gratisnya. Yaaa, memang kalau mau yang enak, gak bisa gratis ya.

5. Friendly

Sama dengan namanya yang jika di-bahasa-indonesia-kan artinya ramah. Friendly ini cukup banyak fitur gratisan yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari messenger (lite), sampai dengan fitur-fitur yang tak disediakan oleh aplikasi lainnya.

Bahkan kamu bisa mengubah tampilan sesuai dengan warna kesukaan kamu. Berhubung aku cewek dan suka sesuatu yang berwarna pink, aku ubah tampilannya jadi warna pink, hehe.

Yang aku suka juga dari aplikasi ini adalah, aku bisa mengaktifkan text selecting yang memungkinkan buat copy-paste status teman, hehe.

Selain itu, friendly juga memungkinkan kamu untuk menyaring status yang tak ingin kamu lihat berdasarkan kata kuncinya.

Wah, friendly ini memang “teman yang baik” ya. Tapi memang dari 5 aplikasi tadi, Friendly inilah yang paling berat karena ukurannya 17 MB, walaupun sebenarnya angka sebesar itu masih relatif ringan.

Aplikasi facebook favoritku

Jika disuruh memilih mana yang paling enak dipake menurut versi aku adalah Friendly, karena selain aplikasinya yang relatif ringan, Friendly juga gak pelit fitur ke penggunanya.

Selain itu selama penggunaan aplikasi ini, jarang banget ngelag-ngelag walaupun aku pindah-pindah akun.

Ya, semua orang punya pendapatnya masing-masing kan? Menurutku, 17 MB masih lumayan ringan ketimbang harus install banyak aplikasi sosmed satu persatu. Aku juga suka memfilter status yang mungkin gak pengen aku lihat, dan ini bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi ini.

Selain itu aku juga suka mengubah tema atau tampilan facebook di handphone, dan tidak semua aplikasi facebook support hal ini.

Aku yakin pembaca Bukugue disini pasti juga punya pendapatnya masing-masing, mana aplikasi yang terbaik menurut penjabaran aku tadi.

Sekian itu tadi guys, rekomendasi aplikasi alternatif Facebook yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di Bukugue dot com, karena masih banyak lagi tips dan tutorial medsos yang bisa kamu baca.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan