Arti kata UP dan contoh penggunaannya

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Maret 20, 2020
  • Post category:Topik : Internet

Banyak istilah atau singkatan-singkatan menjamur yang di gunakan dikalangan warganet, yang sepertinya muncul agar lebih mempermudah dalam komunikasi dan berinteraksi di sosial media.

Contohnya seperti PM, VC, UP, Ping, Japri, wapri dll. Buat yang belum pernah dengar istilah itu, sedikit terdengar aneh bukan. Yang belum tau istilah tersebut next artikel bakal saya tulis lengkap ya.

Artikel kali ini membahas istilah UP.

Mungkin kamu pernah lihat kata “UP” di dalam komentar grup jual beli facebook, atau di chat WhatsApp ataupun di sosial media lainnya.

Secara harfiah, kata “UP” adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya adalah “Naik”. Dan dalam penggunaannya, tidak jauh dari pengertian aslinya. Berikut akan saya berikan contoh penggunaannya di sosial media langsung.

Arti dan penggunaan kata UP di sosmed seperti facebook

Disini kita akan lihat penggunaan kata UP di sosmed seperti facebook ataupun instagram.

1. Penggunaan kata UP di grup jual beli

Pengaruhnya adalah meramaikan postingan serta push postingan tersebut agar naik dan tidak tertimbun dengan postingan anggota lainnya.

Dapat kita tangkap dari penjelasan diatas bahwa UP dalam konteks ini yang bermaksud “naik” atau “naikkan postingan”. Berikut contoh penggunaanya.

2. Penggunaan kata UP di postingan lama.

Dalam hal ini kata UP yang mempunyai maksud “menaikkan” postingan.

Jika kamu ingin postingan kamu muncul di beranda teman fb mu, tulislah UP di kolom komentar postinganmu. Karena alogaritma beranda facebook dapat memunculkan kembali postingan yang memiliki interaksi terbaru.

Saya sudah coba test, tulis UP di kolom komentar di postingan lama dan hasilnya postingan lama muncul di beranda teman fb saya (fb adek).

Tapi perlu di ingat ya, kadang bisa UP/naik langsung, kadang gak. Jadi ya siapa beruntung hehe. Contoh dibawah ini postingan lama muncul di beranda.

3. UP “bisa” diartikan “tidak jadi membeli” atau “nanti dulu”

Seperti biasa, saat melihat proses jual beli di facebook ataupun instagram, kita melihat penggunaan kata UP seperti contoh dibawah ini. Dicontoh ini UP dipakai untuk menghentikan percakapan, paham lah ya.

Apa artinya UP di jual beli online Sosial media

Maksudnya, UP dulu, jadi naikin lagi postingannya karena mungkin harga tidak cocok. Jadi walaupun kita batal negosiasi, tapi setidaknya kita membantu penjual menaikkan lagi postingannya ke posisi atas.

Arti dan penggunaan UP dalam chat

Kata UP juga digunakan saat chatting di whatsapp, messenger ataupun aplikasi chatting lainnya. Sekali lagi, penggunaan kata up tidak jauh dari contoh kita sebelumnya dan dari arti kata UP tersebut secara harfiah.

1. UP untuk menaikkan pesan penting di grup chat

Contoh dibawah ini penggunaan UP untuk menaikkan salah satu pesan agar dilihat oleh pengguna lain di grup chat.

Apa artinya UP di jual beli online Sosial media

Dengan membalas UP, itu artinya kita ingin postingan tersebut muncul kembali dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Banyak kadang postingan penting yang tertimbun, ini adalah salah satu cara menaikkannya.

2. UP untuk menimbun pesan chat dari pengguna lain di grup chat.

Jika kita kirim pesan dengan menulis UP yang banyak, maka pesan lama otomatis tertimbun kan. Jadi pesan baru tersebut tidak terlihat di list utama chatting, dalam hal ini maksud arti UP yakni naik, sehingga pesan lama tidak lagi terlihat.

Apa artinya UP di jual beli online Sosial media

Sebenarnya arti UP tergantung kamu yang mengartikannya seperti apa, dapat di lihat dari konteks penggunaan kalimat dan sikonnya seperti yang sudah di jelaskan di atas

Yang jelas, secara harfiah, kata UP artinya “NAIK”, dan biasanya warganet menggunakannya tidak jauh dari sana.

Sampai di penghujung artikel, apakah ada arti UP yang lain menurut kamu? Tinggalkan jejak dikolom komentar ya. Sekian dulu artikel kali ini, terimakasih.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan