Ingin blokir kontak whatsapp? atau pengen tau apakah kamu di blokir ?

Pernah ada gak sih teman kalian yang rame dan rese gitu di WhatsApp? Atau ada nomor tidak dikenal yang sering atau walaupun cuma sekali ngirimin pesan ke kalian? Yang biasanya pesan tersebut berisi iklan atau konten-konten tidak jelas dan tidak penting dan pastinya mengganggu? Nah kalau ada yang seperti itu, kalian wajib banget tahu fitur blokir yang disediakan sebagai salah satu fitur WhatsApp.

Sesuai namanya, fitur blokir pada WhatsApp ini fungsinya adalah untuk menghindari atau melarang orang atau nomor tertentu untuk menghubungi kita. Dengan kata lain, fitur blokir ini merupakan fitur yang bisa digunakan agar orang lain tidak bisa menghubungi kita dengan mengirimi kita pesan yang tidak penting.

Lalu siapa saja yang bisa kita blokir dari akun WhatsApp kita? Yup. Semua orang bisa kita blokir dari akun WhatsApp kita asalkan kita memiliki nomor mereka. Untuk memudahkan, kita bisa menyimpan nomor mereka pada daftar kontak kita dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar kita mempunyai list atau daftar yang jelas siapa saja yang ingin kita blokir. Atau apabila kita tidak ingin menyimpan nomornya, kita bisa menunggu mereka mengirimi kita pesan dan langsung kita blokir pada menu percakapan tersebut.

Lalu bagaimana cara memblokir kontak WhatsApp pada akun kita? Caranya sangat mudah kok, ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

Cara memblokir kontak WhatsApp yang mengganggu dan rese

Cara memblokir kontak di WhatsApp sangat mudah dilakukan dan ada beberapa metode yang bisa dipakai. Yang akan kita bahas disini adalah cara memblokir kontak WhatsApp pada smartphone Android yang notabene merupakan jenis smartphone yang banyak digunakan oleh semua kalangan.

1. Buka WhatsApp dan klik ikon titik tiga

laman awal aplikasi whatsapp android

Saat pertama kita membuka WhatsApp di smartphone android kita, pasti akan muncul ikon titik tiga vertikal yang berada di pojok kanan atas. Klik ikon tersebut untuk memulai proses pemblokiran kontak.

2. Pilih Settings / Setelancari setelan atau setting di aplikasi whatsapp

Setelah kita klik ikon titik tiga, maka akan muncul beberapa pilihan disana. Pilih settings atau setelan yang berada di paling bawah. Kata settings atau setelan akan muncul sesuai dengan bahasa yang kita gunakan.

3. Klik Akuncari setelan akun whatsapp

Pada menu setelan akan muncul beberapa pilihan, kalian klik akun yang berada di paling atas.

4. Klik Privasicari setelan privasi di dalam setelan akun whatsapp

Setelah kalian klik pada pilvhan akun di atas, selanjutnya klik privasi.

5. Klik Kontak Terblokirmasuk ke setelan blokir (kontak blokir) whatsapp

Pada menu privasi akan muncul beberapa pilihan lagi. Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan kontak terblokir dan klik pilihan tersebut. Apabila sudah ada kontak yang kalian blokir, maka disana akan muncul daftarnya, namun jika belum maka halaman tersebut kosong.

6. Tap ikon berbentuk orang di pojok kanan atasdaftar kontak terblokir di akun whatsapp

Untuk mulai memblokir kontak kalian, klik ikon berbentuk orang dan tambah pada pojok kanan atas halaman tersebut.

7. Klik nama kontak yang ingin kalian blokirpilih kontak di whatsapp

Setelah kalian klik ikon yang dimaksud di atas, akan muncul daftar kontak WhatsApp kalian. Untuk memblokir kontak yang kalian inginkan, kalian hanya perlu klik nama kontak yang ada di daftar kontak tersebut dan otomatis kontak sudah terblokir.kontak yang sudah terblokir di whatsapp kamu

Di atas merupakan cara untuk memblokir kontak WhatsApp. Orang yang sudah kita blokir tidak akan bisa mengirimi kita pesan sehingga kita tidak akan terganggu lagi. Orang yang kita blokir juga tidak bisa melihat profil WhatsApp kita maupun aktivitas lain kita seperti status yang kita update maupun status kita sedang online atau tidak.

Untuk nomor yang tidak kita simpan, kita bisa memblokirnya dengan cara membuka percakapan kita dengan nomor tersebut. Pada halaman atas yang berada di bawah nomor dan sebelum pesan pertama akan ada pilihan blokir. Klik pada kata blokir tersebut dan otomatis nomor tersebut akan terblokir.

Sebenarnya ada cara yang lebih cepat apabila kita tidak mau melewati cara di atas. Yaitu dengan cara langsung memblokir seseorang dari percakapan. Kita hanya harus memilih kontak mana yang ingin kita blokir, klik lama pada nomor atau kontak tersebut kemudian klik lihat kontak. Disana kalian akan melihat rincian profil kontak tersebut. Scroll ke bawah dan kalian akan menemukan pilihan blokir. Klik blokir dan otomatis kontak tersebut akan masuk dalam daftar nomor yang kita blokir.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui siapa saja yang sudah kita blokir pada WhatsApp kita? Gampang. Kalian cukup mengikuti tahapan untuk memblokir nomor di atas sampai tahap nomor 5. Pada ‘Kontak Terblokir’ akan muncul daftar nomor atau kontak yang sudah kalian blokir.

Apakan kita bisa membatalkan blokir pada orang orang yang sudah kita blokir? Tentu saja bisa. Caranya adalah dengan klik orang yang berada dalam daftar orang yang kalian blokir tersebut kemudian akan muncul pilihan ‘Buka blokir’. Dengan memilih pilihan tersebut, maka blokir pada orang yang dipilih akan terbuka. Orang tersebut akan dengan bebas lagi menghubungi kita dan melihat aktivitas kita.

Sebaliknya, apabila kita termasuk dalam daftar orang yang diblokir dari WhatsApp orang lain, maka kita juga tidak akan bisa menghubungi mereka. Bagaimana kita tahu apakah kita diblokir oleh orang yang kita kenal? Berikut beberapa ciri-ciri agar kita mengetahui apakah kita diblokir oleh seseorang.

Cara mengetahui apakah kita diblokir oleh orang lain

Kalian pernah mengalami masalah dengan teman dan tiba-tiba kalian jadi tidak bisa mengirim pesan kepada orang tersebut? Bisa jadi kalian diblokir. Bagaimana kita bisa tahu kita diblokir atau tidak?

1. Foto profil kosong

Foto profil orang tersebut tiba-tiba hilang atau kosong atau sudah tidak mempunya foto profil lagi. Hal tersebut bukan berarti kita diblokir, namun kita sudah pasti tidak bisa melihat foto profil orang yang memblokir kita. Jadi apabila biasanya kita bisa melihat foto profil orang tersebut dan tiba-tiba foto profilnya hilang, maka itu merupakan salah satu tanda bahwa kita telah diblokir.

2. Status tidak muncul

Biasanya sering buat status di WhatsApp tapi beberapa hari belakangan tidak ada. Bisa jadi kita diblokir. Karena apabila kita diblokir orang lain, kita tidak bisa melihat update statusnya.

Hal tersebut juga bisa kita konfirmasi dengan melihat melalui smartphone orang lain yang biasanya juga bisa melihat status orang tersebut. Jika statusnya masih muncul di WhatsApp orang lain tersebut, maka bisa jadi kita memang diblokir. Atau ada kemungkinan lain bahwa kita hanya disembunyikan dari statusnya.

3. Centang satu atau pending saat dikirimi pesan

Tujuan pemblokiran adalah agar orang yang kita blokir tidak bisa menghubungi kita. Jadi apabila kita mengiriminya pesan dan tidak terkirim atau pending atau hanya centang satu, maka bisa jadi kita diblokir.

Untuk lebih memastikannya, kita bisa menghubungi nomor tersebut dengan nomor yang berbeda. Jika dihubungi dengan nomor lain juga pending, maka mungkin orang tersebut hanya sedang tidak memiliki kuota internet. Namun jikaa dengan nomor yang berbeda tersebut bisa terkirim, maka fix, sudah pasti kita diblokir.

Nah, cukup sekian yang bisa penulis bahas disini. Semoga kalian merasa terbantu dengan tulisan tersebut.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar