Whatsapp sering pending? Coba atasi dengan #3 cara ini

Whatsapp menjadi inovasi baru dalam berkirim pesan. Dulu kita mengenal sms dan mms, keduanya kini pun masih tersedia sebagai fitur bawaan ponsel, baik yang android maupun ponsel biasa. Sms digunakan untuk mengirim pesan berupa teks, sedangkan mms berupa gambar. Dari sms dan mms, kemudian beralih trend menggunakan blackberry. Kenal ponsel blackberry kan? Nah, meskipun ponsel ini juga memiliki fitur sms dan mms sama seperti ponsel yang lain, blackberry memiliki fitur bernama blackberry messenger yang memungkinkan sesama pengguna blackberry untuk saling berkirim pesan dengan fitur ciamik yang konsepnya menggabungkan sms dan mms.

Pengguna blackberry messenger bisa berkirim pesan teks sekaligus gambar dalam satu pesan. Yang kemudian di era android, blackberry messenger bisa diunduh gratis dan dipasang di berbagai jenis android melalui playstore. Dan masyarakat banyak yang memilih menggunakan blackberry messenger untuk berkirim pesan, meski sebenarnya untuk bisa melakukan chat menggunakan blackberry messenger ini kita harus menambah atau memindai pin bbm pengguna blackberry messenger yang lain.

Tidak lama kemudian, whatsapp muncul dan menawarkan teknologi berkirim pesan yang lebih cepat dan modern. Hingga saat ini, blackberry messenger dan whatsapp tetap menjadi aplikasi yang banyak di download oleh pengguna ponsel pintar.

Sekarang ini, mungkin sudah tidak ada orang yang tidak mengenal aplikasi whatsapp. Aplikasi yang tak sekedar berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan ini, bisa didownload secara gratis melalui internet (whatsapp untuk versi pc) maupun playstore (untuk android). Fitur canggih yang disupport dengan tampilan yang apik dan setting yang rapi membuat banyak orang tertarik untuk menjadi salah satu diantara jutaan pengguna whatsapp.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah unduhan yang ada di informasi aplikasi whatsapp yang ada di playstore. Pada dasarnya, fitur-fitur yang ada pada whatsapp hampir sama dengan yang ada pada blackberry messenger. Whatsapp bisa digunakan untuk mengirim pesan teks, pesan gambar, maupun pesan suara melalui pesan pribadi antar individu maupun melalui grup. Selain itu, whatsapp juga lancar jika digunakan untuk call dan video call. Beberapa waktu yang lalu, whatsapp pun menambahkan fitur untuk menulis status.

Dan baru-baru ini, whatsapp juga merilis fitur baru yang bisa digunakan untuk menarik pesan yang sudah terkirim. Bedanya dengan blackberry messenger proses pengiriman pesan melalui whatsapp bisa dibilang lebih cepat dibanding blackberry messenger.

Tapi, menggunakan aplikasi atau sosial media apapun, hal yang paling membuat kita jengkel adalah ketika pesan yang kita kirim tak kunjung sampai. Begitu juga dengan whatsapp. Aku yakin kamu juga sering mengalami pesan yang pending. Baik pesan yang kamu kirim ke orang lain, maupun pesan yang seharusnya masuk ke ponsel pintar kamu. Pesan yang pending biasanya ditandai dengan ikon jam bulat atau centang satu. Pesan yang pending tentu saja bisa merugikan kamu. Apalagi jika ada kebutuhan mendesak yang memerlukan bantuan teman sedangkan kamu tidak memiliki pulsa reguler untuk sms atau telepon, maupun saat kamu membutuhkan informasi penting yang biasanya dibagikan melalui grup whatsapp.

Beberapa hal yang menyebabkan whatsapp sering pending

1. Memori whatsapp hampir penuh
Seringkali kita berkirim pesan menggunakan whatsapp sampai tidak mengenal waktu. Pesan yang banyak baik dari chat pribadi maupun grup whatsapp bisa membuat kinerja whatsapp menjadi lebih berat, dan data/ cache semakin menumpuk di memori, sehingga pesan yang dikirim atau diterima bisa menjadi tertunda karena kapasitas memori yang semakin kecil. Kamu bisa mengecheknya di menu penggunaan jaringan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghapus chat satu-persatu dan membersihkan chat grup. Selain itu, kamu juga bisa membersihkannya melalui pengaturan aplikasi. Satu cara yang lain adalah dengan membersihkan penggunaan jaringan. Nanti akan aku jelaskan di bawah.

2. Kuota internet tinggal sedikit
Pesan whatsapp yang pending juga bisa disebabkan oleh kuota internet yang sisa puluhan Mega Bytes (MB). Meski sejatinya kuota internet belum benar-benar habis, terkadang kuota yang tinggal sedikit membuat kecepatan internet ikut menurun. Sehingga proses pengiriman pesan melalui sosial media maupun aktivitas lain yang membutuhkan koneksi internet menjadi lebih lamban. Untuk mengatasinya, tentu saja yang paling utama kamu harus membeli kuota internet. Disamping itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan mengaktifkan menu penghemat data yang ada di dalam aplikasi whatsapp.

3. Koneksi internet tidak stabil
Hal ketiga yang bisa membuat pesan whatsapp kamu menjadi lambat terkirim maupun lambat masuk adalah koneksi internet yang tidak stabil. Hal ini bisa terjadi karena jaringan dari provider seluler (kartu perdana yang kamu daftarkan untuk paketan internet) tidak memiliki sinyal atau koneksi internet yang bagus di lokasi tempat kamu mengirimkan pesan. Bisa jadi karena tempat kamu jauh dari tower provider seluler yang kamu gunakan, bisa jadi karena memang sedang ada trouble pada provider seluler (untuk alasan yang satu ini, biasanya terjadi karena adanya perbaikan dan peningkatan layanan atau kualitas jaringan dari provider seluler). Untuk mengatasinya, kamu bisa pindah ke tempat yang sinyalnya lebih bagus. Selain itu, ada dua cara lain yang bisa kamu terapkan. Nanti akan aku jelaskan di bawah.

Nah, ketika pesan whatsapp pending, tidak sedikit orang yang merasa panik karena harus mengirim pesan yang penting atau sedang menunggu informasi penting. Biasanya mereka akan mematikan data seluler dan kemudian menyalakan kembali. Untuk beberapa masalah, cara ini memang bisa digunakan, tapi tidak sedikit juga yang tidak berhasil mengatasi whatsapp pending dengan cara ini. Oke, hal pertama yang benar-benar harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Kedua, kamu bisa mencoba dengan beberapa solusi yang aku tawarkan diatas atau bisa juga dengan mematikan data seluler lalu menyalakannya kembali. Tapi, jika tidak berhasil juga, kamu harus tetap tenang,

#3 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi whatsapp yang sering pending

1. Bersihkan memori whatsapp
Seperti yang aku katakan diatas, kamu bisa membersihkan memori whatsapp melalui pengaturan aplikasi yaitu dengan membersihkan data/ cache whatsapp, dan juga membersihkan memori whatsapp dengan membersihkan data penggunaan jaringan yang sudah ada di whatsapp. Nah, disini aku akan menjelaskan cara yang kedua.
• Buka whatsapp
• Ketuk tanda titik tiga yang ada di pojok kanan
• Pilih setelan


• Ketuk penggunaan data dan penyimpanan
• Pilih penggunaan jaringan 
• Pilih setel ulang statistik

2. Ubah mode jaringan yang digunakan
Cara ini bisa dilakukan melalui setting jaringan seluler yang ada di ponsel. Oleh karena itu, lokasi dan urutan menu mungkin akan berbeda untuk setiap ponsel. Disini aku memakai contoh setting untuk smartphone samsung
• Masuklah ke menu pengaturan yang ada di android
• Pilih jaringan seluler


• Pilih mode jaringan (disini yang aku daftarkan paket internet adalah sim 1)• Ubah menjadi hanya 2G/ hanya 3G, tunggu beberapa saat, lalu kembalikan lagi ke LTE/2G/3G

3. Nyalakan mode terbang atau matikan ponsel sementara
Nah, kalau beberapa cara diatas tidak bisa digunakan, maka coba cara ini
• Buka akses cepat dari smartphone kamu
• Ketuk ikon mode terbang (flight mode)
• Tunggu beberapa saat, lalu matikan
Atau
• Matikan ponsel
• Tunggu beberapa saat, nyalakan kembali

Jadi, jika pesan whatsapp kamu tak kunjung terkirim atau sulit menerima pesan, kamu tidak perlu khawatir dan keburu panik menghadapi situasi yang terjadi. Kamu bisa mencoba beberapa cara diatas untuk mengatasinya. Karena setiap hal ada penyebabnya, maka pastikan kamu tahu apa yang menyebabkan pesan whatsapp kamu pending. Sehingga kamu tahu apa yang harus kamu lakukan dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

Aku rasa ini dulu cara untuk mengatasi pesan whatsapp yang sering pending yang bisa aku tulis di artikel ini. Semua cara dan penyebab whatsapp sering pending yang aku tulis disini merupakan pengalaman pribadi.

Kalau kamu punya cara lain yang bisa membantu mengatasi masalah pesan whatsapp yang sering pending maupun solusi yang lebih cepat dan efektif, atau tambahan, kritik, saran, sanggahan, dan pertanyaan yang lain, kamu bisa menulisnya di kolom komentar. Sekian dulu, semoga sedikit pengetahuan yang aku bagi bisa menjadi manfaat yang besar untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini, selamat mencoba ☺

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar