Cara mem-blokir akun orang di Instagram

  • Post Author:
  • Post Category:Instagram
  • Post last modified:Februari 21, 2020

Sebagai media sosial yang sangat banyak sekali penggunanya, Instagram merupakan tempat yang diisi oleh berbagai macam orang, yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Terkadang perbedaan ini bisa membuat suasana menjadi positif. Tapi tidak sedikit orang-orang dengan kepribadian buruk, yang dengan mudahnya merusak suasana atau melakukan cyberbullying.

Tidak sedikit pengguna lain yang entah sengaja ataupun tidak, dengan mudahnya mencaci maki di dunia internet.

Jika kalian menemukan hal seperti ini di instagram, maka langkah yang paling efektif adalah memblokir akun-akun tsbt sehingga bisa meminimalisir interaksi dengan manusia-manusia seperti ini.

Pada tulisan kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara memblokir pengguna lain di Instagram, namun sebelum masuk ke materi, ada baiknya kalian tahu apa efeknya ketika menggunakan fitur blokir ini.

Berikut adalah hal yang akan terjadi ketika kalian memblokir seseorang.

  1. Kalian tidak bisa lagi menemukan profil akun orang yang di blokir tadi. Ini wajar, karena itulah tujuan blokir. Walaupun begitu, untuk membatalkan blokir tidak lah sulit, jadi jangan takut untuk blokir orang yang mengganggu kalian.
  2. Like dan komentar masih ada. Setelah memblokir seseorang, suka dan komentar mereka yang “menandai” kalian tidak akan terhapus. Namun jika memang diperlukan kalian bisa menghapus secara manual.
  3. Masih bisa men-tag kalian. Orang yang kalian blokir ternyata masih bisa menandai kalian, baik di status, foto, maupun di story Instagram. Namun kalian tidak akan bisa melihat penyebutan itu di aktivitas kalian karena orang tersebut sudah kalian blokir.
  4. Tidak bisa DM (Direct Message). Kalian tidak akan bisa mengirimkan pesan kepada orang yang kalian blokir. Kalian baru akan bisa mengirim pesan setelah blokir orang tersebut kalian buka kembali. Namun orang yang kalian blokir masih bisa mengirim kalian pesan. Ketika orang yang kalian blokir mengirim pesan, pesan tersebut tetap terkirim namun kalian tidak akan bisa melihat pesan tersebut.

Orang yang kalian blokir tidak akan bisa menemukan notifikasi apapun tentang kalian seperti profil, postingan, atau story di Instagram kalian. Hal ini berlangsung hingga kalian membuka blokir untuk orang tersebut. Jika kalian menggunakan grup chat, maka hanya orang orang yang belum kalian blokir saja yang pesannya bisa kalian baca.

Jika kalian sudah mengerti dampak dari memblokir seseorang, maka selanjutnya kalian bisa ikuti cara dibawah ini untuk memblokir seseorang di Instagram.

A. Memblokir orang lain di Instagram lewat HP

Jika kalian biasa mengakses Instagram lewat smartphone, kalian bisa menggunakan cara dibawah ini.

1 Masuk ke Instagram seperti biasa. Tekan ikon pencarian untuk masuk kehalaman pencarian.

Tap pencarian

2. Dihalaman pencarian, cari nama pengguna yang ingin di blokir. Pilih akun pengguna tersebut.

Cari akun yang ingin di blokir

3. Ketika sudah masuk ke halaman profil orang tsbt, tekan tombol titik tiga dipojok kanan atas. Lalu pilih “BLOCK” dari menu yang muncul.

4. Akan muncul notice yang meminta konfirmasi seperti dibawah. Tekan “BLOCK” sekali lagi.

Pilih Block

5. Blokir pengguna sudah berhasil dilakukan. Tekan saja tombol “OK”.

Blokir Berhasil

6. Selesai. Kalian bisa surfing di instagram tanpa di ganggu orang yang sudah kalian blokir tadi.

Jika kalian penasaran ingin melihat siapa saja yang sudah kalian blokir, atau kalian ingin membatalkan blokir tadi, kalian bisa baca halaman https://bukugue.com/cara-unblock-instagram-orang/.

B. Memblokir orang lain di Instagram lewat komputer/PC

Jika kalian terbiasa browsing instagram di komputer, kalian tetap bisa blokir orang-orang yang mengganggu kalian langsung di komputer kalian. Caranya hampir sama, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1 Masuk ke akun kalian di Instagram seperti biasa.
2 Di kolom pencarian, masukkan nama akun yang ingin kalian blokir. Nanti akan muncul drop down akun-akun dengan nama yang mirip, pilih akun yang ingin kalian blokir.

Cari Akun yang ingin di blokir

3. Setelah memilih salah satu akun tadi, kalian akan dibawa kehalaman profil akun yang kalian pilih tadi seperti dibawah. Disini klik “ikon titik tiga” seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

Klik Lambang Titik 3

4. Pilih “Block this user” untuk memblokir akun pengguna tsbt

Kik blok this user

5. Setelah itu akan muncul notice permintaan konfirmasi seperti dibawah. Klik “Block” untuk mengkonfirmasi pemblokiran.

Konfirmasi Blokir User

6. Jika muncul notice seperti dibawah, itu artinya akun sudah berhasil diblokir.

Blokir Berhasil

7. Selesai. Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, kalian bisa dengan mudah membatalkan blokir jika kalian berubah pikiran. Untuk cara membatalkannya, sudah dijelaskan di halaman https://bukugue.com/cara-unblock-instagram-orang/.


Itulah bagaimana cara memblokir akun pengguna lain di Instagram (termasuk akun teman kalian jika mereka rese’).

Mungkin sampai disini pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan dikolom komentar. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan