Cara unblock akun instagram orang yang pernah kita blokir

Biasanya, saat kesal dengan seseorang pikiran kamu menjadi tak lagi jernih. Kamu seringkali bertindak sesuatu yang sebenarnya tidak perlu. Selain itu juga, terkadang hal tersebut kurang baik.

Bermusuhan seperti sudah menjadi sesuatu yang wajar. Permusuhan di dunia nyata juga seringkali terbawa hingga ke sosial media. Tanpa pertimbangan yang matang, kamu terkadang sampai memblokir akun seseorang di media sosial. Termasuk diantaranya instagram.

Namun terkadang, sampai di suatu waktu, kamu ingin membatalkan blokir akun tersebut (unblock). Jika kamu masih bisa menemukan profilnya di instagram, itu tak akan menjadi masalah yang besar. Namun, bagaimana jadinya jika profilnya tak kamu temukan (user not found) di instagram?

Jangankan untuk melakukan unblock, menemukan profilnya di instagram saja tidak bisa. Ditambah lagi jika kamu banyak melakukan blokir akun sebelumnya. Sampai-sampai kamu lupa siapa saja yang pernah kamu blokir.

Lalu bagaimana dong? Kira-kira ada gak sih, trik untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Berikut ini akan dijelaskan, bagaimana caranya membatalkan blokir pada seseorang. Baik itu saat profilnya masih dapat kamu temukan, maupun tidak. Namun sebelum itu, kita simak dulu yuk penjelasan berikut ini.

 

Cara melihat daftar pengguna yang diblokir di instagram

Terkadang mungkin kamu melakukan blokir akun pada beberapa orang di instagram, atau bahkan kamu melakukannya dalam jumlah yang cukup banyak. Ketika kamu ingin membuka blokirnya, kamu tak ingat lagi tepatnya siapa saja orang yang pernah (dan masih) kamu blokir.

Jika kamu pernah melakukan blokir akun kepada beberapa orang namun tak ingat siapa saja tepatnya, kamu dapat mengeceknya melalui daftar blocked accounts. Lalu bagaimana sih caranya untuk melihat daftar blokir di instagram? Ini caranya aku jelasin dibawah.

  1. Kunjungi halaman profilmu sendiri. Tap icon garis tiga seperti pada gambar berikut. Setelah itu tap settings.
  2. Dari beberapa opsi pengaturan yang ada, pilih privacy and security.

    tap “privacy and security”

  3. Kemudian setelah itu, tap blocked accounts seperti pada contoh berikut.

    tap “blocked accounts”

  4. Instagram akan menampilkan siapa-siapa saja pengguna instagram yang pernah (dan masih) kamu blokir akunnya. Dengan demikian kamu dapat mengetahui daftar orang yang telah kamu blokir.

    akan ditampilkan akun-akun yang kamu blokir

Aku lihat ada yang mencari bagaimana cara menghapus daftar blokir di instagram, dari yang aku pahami, fitur daftar blokir ini berfungsi untuk memberikan list atau catatan mengenai orang-orang yang pernah kita blokir. Fiturnya tidak mungkin bisa di hapus dong. Yang bisa dihapus adalah pengguna yang diblokirnya. Untuk menghilangkan orang-orang tersebut dari daftar blokir, kamu cukup membatalkan blokirnya (unblock).

 

Cara unblock (membatalkan) blokir pengguna lain di instagram

Lalu jika kita sudah mengetahui siapa-siapa saja orang yang kamu blokir, langkah yang selanjutnya dilakukan adalah membatalkan blokir akun. Bagaimana caranya? Kamu dapat membatalkan blokir (unblock) seseorang dengan beberapa pilihan cara.

Yang pertama kamu dapat melakukan pencarian terlebih dahulu untuk kemudian kamu buka profilnya. Yang ke-dua kamu dapat mengirimkan pesan kepada orang tersebut melalui direct messages. Kemudian yang ke-tiga kamu dapat melakukan pencarian profilnya melalui browser. Kemudian yang ke-empat, kamu dapat membuka profil orang tersebut melalui daftar orang yang diblokir (blocked account).

Untuk melihat bagaimana langkah-langkahnya, silahkan simak penjelasan-penjelasan berikut ini.

 

A. Buka blokir lewat kolom pencarian di instagram

  1. Pertama-tama tap icon pencarian pada aplikasi instagrammu. Ketikkan username atau nama profil orang yang ingin kamu unblock pada kolom pencarian. Jika memang dapat ditemukan, lanjut ke step kedua. Namun jika tidak, kamu dapat mencobanya dengan cara lain.

    tuliskan username dan tap profil yang akan di-unblock pada kolom pencarian

  2. Jika memang kamu masih bisa menemukan orang tersebut melalui pencarian, kamu dapat langsung membuka profilnya. Setelah profilnya terbuka, akan ada unblock button untuk membatalkan pemblokiran akun. Silahkan tap unblock. Setelah dialog box muncul, tap unblock.

 

B. Buka blokir lewat direct messages

Aku lihat ada teman-teman yang mencari cara, bagaimana melakukan unlock untuk “user not found”, artinya ketika di cari dipencarian, kita tidak menemukan akun instagram tersebut.

Ketika dilakukan pencarian dan kamu mendapatkan info “User not found” atau “Pengguna tidak ditemukan”, ada beberapa kemungkinan sebenarnya, misalnya akun dia juga sama-sama memblokir kamu, atau mungkin dia sudah mengganti username, atau bahkan menutup akunnya.

Untuk kasus akun yang sama-sama mem-blokir, bisa diselesaikan dengan cara B ini atau di cara D.  Sedangkan untuk kasus penggantian username, mungkin bisa dicoba cara D dibawah.

  1. Buka direct messages, kemudian setelah itu tap icon plus di ujung kanan atas untuk membuat pesan baru.

    tap icon plus untuk membuat pesan baru

  2. Tuliskan username-nya pada penerima pesan. Setelah itu tuliskan pesan yang ingin disampaikan, lalu kirimkan pesan.
  3. Akan terlihat foto profil dan username orang tersebut, silahkan tap fotonya untuk dapat membuka profilnya.

    tap foto profil pada percakapan

  4. Sama seperti cara tadi, tap tombol unblock. Kemudian setelah dialog box muncul, tap unblock.

 

C. Buka blokir lewat browser

  1. Jika profil instagram orang tersebut tak dapat ditemukan, kamu dapat mencoba membukanya melalui browser. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara melakukan login terlebih dahulu di instagram.com melalui browser ponselmu.

    tuliskan username atau email serta password, lalu log in

  2. Pastikan kamu menggunakan browser yang sama tempat kamu melakukan login tadi. Kemudian setelah kamu berhasil melakukan login, kamu dapat menuliskan pada kolom URL dengan alamat sebagai berikut: https/instagram.com/(username). Adapun username yang dituliskan adalah tanpa tanda “@”, sehingga disini dapat dituliskan dengan https://instagram.com/syifazaed, buka alamat tersebut.

    setelah berhasil masuk ke instagram, tuliskan pada kolom URL instagram.com/(username)

  3. Dengan cara ini, kamu bisa membuka halaman profil dari orang yang sudah kamu blokir. Silahkan tap unblock, kemudian setelah dialog box muncul tap lagi unblock.

 

D. Buka blokir melalui daftar “blocked account”

Cara ini dapat dilakukan jika kamu memblokir cukup banyak orang dan sudah lupa siapa saja tepatnya orang atau pengguna instagram yang kamu blokir akunnya.

Seperti yang sempat aku singgung sebelumnya, untuk “User not found” bisa dilakukan unblock lewat sini. Ini karena list blocked account memberikan full list atau seluruh pengguna yang pernah kita block, tidak peduli mereka ganti username ataupun juga memblock akun kamu, seharusnya semua pengguna tersebut tetap bisa ditemukan disini.

  1. Pertama-tama, masuk ke daftar blokir kamu seperti yang sudah dijelaskan dipaling awal di sub bagian “Cara melihat daftar pengguna yang diblokir di instagram” diatas.
  2. Pada daftar pengguna instagram yang diblokir tersebut, silahkan tap foto profil orang yang ingin kamu batalkan blokirnya.

    akan ditampilkan akun-akun yang kamu blokir

  3. Halaman profil akan dapat terbuka. Setelah itu tap tombol unblock, dan dialog box akan muncul, lalu pilih unblock lagi.
  4. Meskipun kamu harus membuka profilnya satu-persatu, akan tetapi cara ini masih lebih cepat jika dibandingkan cara-cara sebelumnya. Belum lagi, jika kamu sudah lupa siapa saja yang sudah kamu blokir akunnya, akan lebih baik jika menggunakan cara ini.

 

Kegiatan blokir-memblokir di instagram maupun media sosial lain memang sudah menjadi hal yang wajar. Akan tetapi kegiatan memblokir akun di instagram dapat diketahui (oleh pengguna yang diblokir) dengan berbagai macam cara atau trik. Sehingga jika orang yang kamu blokir mengetahui hal ini (kalau dia diblokir), bukankah itu semakin menambah permasalahan yang ada?

Akan lebih baik lagi jika kamu me-mute story, atau mute post saja, atau pilihan lainnya dengan tidak membuka media sosial untuk sementara waktu demi menjernihkan pikiran. Kamu juga bisa rehat sejenak dengan cara menonaktifkan akun instagram untuk sementara waktu. Daripada tanganmu gatal untuk menuliskan kemarahanmu kan?

Sekian itu tadi informasi mengenai cara-cara membatalkan blokir pada seseorang. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mengikuti informasi menarik lainnya di Bukugue.com.

Selamat mencobanya, dan sampai jumpa lagi!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan